Segarnya Manisan Carica Khas Dieng Wonosobo

18.52.00

carica

Siapa yang tak kenal sedapnya manisan Carica. Manisan Carica yang banyak ditemukan di daerah Wonosobo ini terbuat dari buah Karika, pepaya gunung atau karika (sering ditulis carica, Vasconcellea cundinamarcensis) yang merupakan kerabat pepaya yang tumbuh di dataran tinggi basah, 1.500–3.000 m di atas permukaan laut.


Tanaman ini memiliki nama yang berbeda ditiap daerah. Di wilayah Wonosobo tanaman ini biasa disebut Carica, sementara di Bali tanaman ini disebut Gedang Memedi. Karika sebetulnya bukan buah asli Indonesia, melainkan berasal dari dataran tinggi Andes, Amerika Selatan yang dibawa oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda saat Perang Dunia ke II.


Meski memiliki bentuk buah yang mirip dengan buah pepaya, Carica memiliki rasa yang asam serta memiliki getah yang cukup banyak sehingga harus dicuci minimal sebanyak tiga kali terlebih sebelum dikonsumsi maupun diolah. Buah Carica lebih sering diolah menjadi manisan Carica sebagai oleh-oleh khas Wonosobo.


Selain nikmat dikonsumsi sebagai minuman, buah Carica juga memiliki beberapa manfaat bagi tubuh, diantaranya;




  • Melancarkan pencernaan. Buah Carica yang mengandung Vitamin C dan serat yang tinggi yang memiliki khasiat untuk melancarkan pencernaan dalam tubuh. Konon kabarnya, warga Wonosobo memakan buah ini secara mentah dengan rutin sebagai asupan untuk melancarkan pencernaan mereka. Tak hanya dapat melancarkan pencernaan, kandungan papain dalam buah carica juga dapat berguna untuk menetralkan pH dan membunuh bakteri jahat dalam usus.

  • Menyehatkan mata. Buah Carica juga dapat menyehatkan mata karena mengandung Vitamin A. Banyak yang berpikir kalau Vitamin A hanya ada dalam wortel bukan? Buah Carica dapat menjadi asupan lain untuk menggantikan wortel agar mata tetap sehat. Khususnya bagi anda yang tidak menyenangi sayuran wortel.

  • Membantu metabolisme tubuh. Buah Carica juga memiliki khasiat melancarkan metabolisme dalam tubuh karena kaya akan nutrisi, serat, Vitamin, juga Kalsium yang membantu tubuh untuk selalu prima dan terhindar dari virus juga bakteri. Khususnya karena keberadaan Vitamin B Kompleks yang ada didalamnya. Selain itu, kandungan zat agrinin dalam buah Carica dapat menghambat tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

  • Menjadi kosmetik dan skin care. Tidak hanya nikmat dikonsumsi, buah Carica juga dapat dijadikan sebagai bahan kosmetik dan skin care karena senyawa didalamnya dapat membentuk kolagen dalam tubuh. Kolagen yang dihasilkan dapat membuat kulit menjadi mulus dan terhindar dari penuaan dini seperti menghindari kerutan pada wajah maupun tubuh. Mengkonsumsi secara rutin pastinya akan berefek besar pada kulit.

You Might Also Like

7 komentar

  1. Eh ternyata ada kandungan kolagen nya.
    Gedang memedi kalo bahasa jawa berarti pisang yg menakutkan alias horror

    BalasHapus
  2. ini salah satu oleh oleh favorit saya jika berkunjung ke dieng, wonosobo

    BalasHapus
  3. Selamat Datang Di SENANGTOTO
    Dan dapat kan bonus yang terbaru dan menarik hanya ada disini AGEN TOGEL TERPERCAYA

    Selamat Datang Di TWINPOKER88
    Dan dapat kan bonus yang terbaru dan menarik hanya ada disini AGEN POKER ONLINE

    BalasHapus
  4. wah Saya pernah cicip cicip nih Carica, jan rasanya tuh segar dan mantap
    salam kenal www.sixsenproduction.com

    BalasHapus
  5. bisa buat kulit juga po mbak,,, baru tau nih,, ibu ane baru dari sana dan beli carica ,, emang enak makanan favorite wkwkw

    BalasHapus
  6. bisa di jadiin cream malam tuh kalo bisa buat mutihin wkwkwkwk,,, ane produsennya bbesok wkwkw

    BalasHapus