Do Your Best

18.15.00


Spageti Lokal resto


Trying hard is not about being the best, but it's about doing your best ~ Tika Nilmada



Sudah hampir 2 tahun saya mengenal fotografi makanan. Dari yang awalnya hanya untuk mempercantik blog dengan foto-foto indah, sampai akhirnya saya benar-benar jatuh cinta dengan food photography. Awalnya saya menggunakan kamera mirrorless merk Samsung selama hampir satu tahun.


Selama menggunakan kamera mirrorles tersebut, sayangnya mode yang saya gunakan hanya mode auto. Waktu itu saya bener-benar buta tentang kamera. Eforia bisa memotret menggunakan kamera dengan hasil yang luar biasa (menurut saya waktu itu) melupakan saya untuk mempelajari apa saja isi kamera yang saya gunakan.


Entah mulai kapan saya berkeinginan kuat untuk memiliki kamera SLR. Yang jelas, waktu itu saya beranggapan, memotret menggunakan SLR lebih keren hasilnya dibandingkan menggunakan kamera mirrorless. Selain itu, kendala lainnya yakni harga lensa kamera mirrorless yang sangat mahal. Waktu itu, harga lensa makronya harganya dua kali harga kamera yang saya miliki. Padahal sekarang kembali menggunakan kamera mirrorless lagi :D


Menggunakan kamera SLR ternyata lebih rumit ketimbang kamera mirrorless. Banyak tombol-tombol yang harus diketahuo fungsinya. Saya sempat mutus asa dan memutuskan untuk berhenti memotret karena kualitas foto yang saya hasilkan sama saja dengan saat saya menggunakan kamera mirrorless. Selama hampir satu bulan saya sempat tak mau menggunakan kamera SLR karena hal tersebut.


Lama kamera dianggurkan karena masalah ketidakmampuan saya memahami kamera yang saya gunakan, suami memotivasi saya untuk belajar dan bertanya pada orang-orang yang telah menggunakan SLR. Waktu demi waktu berjalan, saya belajar kamera secara mandiri dengan membaca berbagai ulasa menggenai kamera SLR. Apa sih shutter speed, ISO dan Aperture dan lain sebagainya, hingga suatu ketika saya menemukan sebait kalimat indah di IG-nya Tika Nilmada yang menjadi penyulut semangat saya untuk tak berhenti belajar dengan usaha yang terbaik yang saya miliki.


Yap, trying hard is not about being the best, but it's about doing your best! Dan, saya percaya, belajar untuk menjadi yang terbaik akan membuat kita menjadi yang terbaik. Entah itu hasil dari seribu kali memotret. Maka, saya pun semakin semangat mengasah ilmu fotografi walaupun sampai saat ini foto-foto yang saya hasilkan belum bisa disebut yang terbaik.

You Might Also Like

3 komentar

  1. Itu hasil jepretan pakai SLR atau mirrorless mbak? Sudah bagus itu mbak :)

    BalasHapus
  2. Siap mbak, saya juga ikut semangat untuk tetap dan terus belajar..

    BalasHapus
  3. Semangat mbak, makasih sudah sharing :)

    BalasHapus