Avocado Sauce

20.09.00

Hello Monday...


Senin selalu menjadi hari sibuk, termasuk buat IRT plus plus seperti saya. Nggak sesibuk mereka yang bekerja dikantor sih. Saya sibuk ngoprek-oprek anak-anak buat siap-siap sekolah. Dan ini yang sering kali butuh kesabaran lebih! Huft..


Setelah sabtu dan minggu libur, biasanya anak-anak suka males-malesan kalau disuruh mandi dan siap-siap ke sekolah. Resiko sekolah yang menerapkan libur sabtu dan minggu itu gini. Kelamaan liburnya.


Ngomongin aktivitas apa untuk mengisi akhir pekan lalu, saya dan keluarga nggak kemana-mana. Hari sabtu saya bereksperimen di dapur dengan membuat saus alpokat. Bikin saus ini karena tema #52WFPP minggu lalu adalah saus. Coba bikin saus yang berbeda karena saus tomat ataupun saus sambal sudah terlalu mainstream :D


Awalnya saya mau membuat Guacamole, saus cocol kental berbahan utama alpukat yang berasal dari Meksiko. Di tempat asalnya, guacamole dibuat dengan molcajete yang mirip cobek dan ulekan. Tapi pas lihat bumbunya, jadi nggak sreg di hati. Kalau dilihat dari bumbu yang diperlukan, si Guacamole memiliki rasa gurih yang dominan. Takut nggak ada yang mau makan selain saya, akhirnya saya pilih saus alpokat untuk topping salad yang memiliki rasa manis dan segar.


Ngulik dari google cari-cari saus alpokat untuk salad yang pas dihati, saya nemu resepnya di web sajian sedap. Bikinnya gampang, bahan-bahannya pun mudah didapat. Kemarin sempet saya pakai buat saos burger ternyata rasanya juga yummy... Oya, untuk resep ini saya mengganti air perasan sunkis dengan yogurt karena kebetulan nggak ada sunkis di rumah.


Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat saus avocado diantaranya, pilih alpokat yang berdaging tebal dan benar-benar matang. Untuk mengetahui kematangan buah alpokat yaitu dengan mengocok-ocok buahnya. Jika berbunyi (karena bijinya terlepas dari dagingnya), tandanya alpukat sudah matang.


sauce avocado


Bahan Saus:
50 ml minyak zaitun
100 ml air jeruk sunkis (saya pakai yogurt)
2 sendok makan air jeruk lemon
1/4 sendok teh garam
1 sendok makan gula pasir


Cara membuat:




  1. Saus, aduk rata minyak zaitun, air jeruk sunkis, air jeruk lemon, garam, dan gula pasir.

  2. Tata letus, paprika merah, avokad, jeruk bali, dan jagung manis pipil dalam mangkuk. Siramkan saus. Sajikan.

You Might Also Like

14 komentar

  1. membayangkan lezatnya kalo dimakan.Ngileerr..
    Eh iya, Mbak Ika ini pakai domain TLD lagi? waktu itu sempet balik kan ya Mbak?

    BalasHapus
  2. looks yuum mba..dan segar ya pastinya :)

    BalasHapus
  3. alpukat diapa-apain kayaknya enak ya mbak..

    BalasHapus
  4. mbaaaaak... saus ini bisa dijadikan selai nggak?

    BalasHapus
  5. Waaaah, mesti dicoba nih, nyontek resepnya ya mak Ika :D

    BalasHapus
  6. Bisa buat saus salad ya mb Ika..

    BalasHapus
  7. kelihatannya enak banget nih :3

    BalasHapus
  8. Maaaak, aku ngga suka kalau masak, aku ajarin food fotografinya aja. Keren-keren fotonya..

    BalasHapus
  9. Terima kasih untuk informasinya gan salam sukses dan selamat siang

    BalasHapus
  10. Thanks untuk semua informasinya gan tetap semangat yahh

    BalasHapus
  11. enak mbak tuh kayaknya, boleh dicoba nih

    BalasHapus
  12. makasih mbak sharing resepnya :)

    BalasHapus