Tips Menghindari Nyeri Pinggang

21.20.00

Beberapa waktu lalu, saya merasakan nyeri pinggang luar biasa. Karena tak kuat lagi, saya pun memeriksakan diri ke dokter ahli syaraf. Menurut dokter syaraf nero restorasi (penyembuhan pada syaraf) yang saya datangi, Low back pain atau nyeri pinggang yang saya derita terjadi akibat kesalahan sikap tubuh saya sehari-hari.


Sikap tubuh yang dimaksud antara lain, berdiri tidak rileks ataupun duduk terlalu lama. Bisa juga karena kesalahan sikap tubuh ketika mengangkat beban berat. Hmm.. jadi inget beberapa waktu lalu saya memang lagi getol-getolnya nulis. Karena keasyikkan, mungkin saya tidak menyadari jika sikap duduk saya salah.


Nah dokter menyarankan beberapa hal yang perlu dihindari selama duduk agar tidak terjadi nyeri pinggang. Hindari duduk tanpa sandaran. Gunakan kursi yang memiliki sandaran. Selain itu, harus duduk menyandar secara rileks. Hindari pula duduk dengan mencondongkan kepala ke depan.


Posisi duduk yang baik adalah lutut tetap setinggi atau sedikit lebih tinggi panggul hindari kaki kita bertahan pada penyangga kaki dan sebaiknya kedua kaki tidak menyilang. Jaga agar kedua kaki tidak menggantung. Hindari duduk dengan posisi yang sama lebih dari 20-30 menit. Jadi, setelah duduk 20-30 menit harus diselingi dengan kegiatan lain misal berjalan-jalan ataupun olahraga ringan.


Sementara posisi berdiri yang benar adalah dengan berdiri secara tegak, dada diangkat, bahu rileks, dagu lurus ke depan. Sikap berdiri harus stabil, seimbang dan rileks. Ketika tidur gunakan kasur yang membuat punggung tetap dalam posisi lurus ketika terlentang untuk menghindari nyeri pinggang. Ketika mengangkat barang jika ingin memutar atau berbelok, gunakan kaki bukan pinggang. Jadi, kakinya yang diputar. Bukan pinggangnya. Catet!


Dokter juga menyarankan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindari nyeri pinggang




  • Berolah raga yang teratur dan cukup. Berenang adalah olah raga yang sangat dianjurkan.

  • Hindari makanan-makanan yang mengandung banyak lemak dan asam urat agar memperlambat pengapuran tulang belakang. Usahakan jangan sampai kelebihan berat badan. Haduh, ini masalah saya. Hiks.

  • Mengetahui sikap dan posisi tubuh ketika duduk, berdiri, tidur ataupun saat mengangkat barang.

  • Hidup dalam lingkungan sehat.


Dengan berolahraga secara teratur dan sikap tubuh yang benar, alhamdulillah sedikit demi sedikit nyeri pinggang saya yang menyiksa berkurang. PR saya tinggal mengurangi berat badan.


Punya pengalaman nyeri pinggang yang sama dengan saya? Yuk, share disini.

You Might Also Like

3 komentar