Simpan dalam Suhu Ruangan

17.30.00

Ibu-ibu jaman sekarang kegiatannya seabrek. Mulai dari ngurus rumah tangga, aktif di berbagai komunitas, kumpul acara inilah acara itu lah. Belum lagi urusan kerjaan yang rasanya nggak ada habisnya.


Nah, demi alasan kepraktisan biasanya para ibu termasuk saya :D menyimpan sayuran, buah serta bahan makanan didalam kulkas agar tahan lebih lama. Jadi nggak harus setiap hari belanja. Padahal, tidak semua bahan makanan bagus jika disimpan didalam kulkas lho!


Ada beberapa buah-buahan jika disimpan dalam kulkas akan mengurangi kandungan gizinya. Selain itu, tekstur dan rasa buah juga akan berubah. Nah, buah apa saja yang lebih baik disimpan diluar kulkas, yuk, lihat infonya berikut ini:


Semangka


Buah semangka mengandung likopen yang tinggi. Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa likopen dapat mengurangi risiko kanker prostat dan penyakit jantung. Menyantap semangka segar yang didinginkan di siang hari pasti rasanya segar sekali. Walau dapat membuat rasanya semakin segar, memasukkan semangka ke dalam kulkas ternyata akan mengurangi kadar likopennya. Semangka yang dibiarkan dalam suhu ruangan akan memiliki kadar likopen 40 persen lebih tinggi daripada jika disimpan di dalam kulkas.


Tomat


Tomat juga merupakan buah yang lezat dan serbaguna. Tomat segar dan ekstrak tomat terbukti dapat menurunkan total kolesterol, kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida. Kandungan vitamin C dan enzim-enzim lain yang terkandung dalam tomat, paling banyak ada pada tomat yang tidak dimasak.


Tomat sangat tidak tahan suhu dingin. Tomat yang disimpan dalam kulkas akan cepat menjadi layu. Meskipun masih tetap bisa dipakai untuk dimasak, tetapi teksturnya menjadi lebih lembek. Cukup taruh tomat di tempat yang tidak terkena suhu matahari langsung untuk menjaga kesegarannya.


Mangga


Menyimpan mangga didalam kulkas dapat membuat kulit mangga mengkerut dan daging buahnya menipis, sehingga mengurangi kelezatan rasanya. Simpanlah mangga pada suhu ruangan agar tetap terjaga kesegarannya.


Alpukat


Alpukat lebih sering dijual dalam kondisi mengkal atau setengah matang sehingga tidak dapat langsung dikonsumsi. Menaruh alpukat didalam kulkas hanya akan memperlambat proses pematangan buah alpukat. Tapi, jika alpukat yang dibeli sudah matang, menyimpan alpukat di dalam kulkas menjadi pilihan yang baik.

You Might Also Like

0 komentar