Ciroll: Cireng Roll Isi Keju

14.24.00

Cireng a ka aci digoreng yang awal mulanya hanya berupa campuran tepung kanji, tepung terigu, air, merica bubuk, garam, bawang putih, kedelai, dan daun bawang ini sekarang sudah banyak banget ragamnya. Saya termasuk yang nggak mengikuti perkembangan si cireng ini. Kebetulan di daerah tempat tinggal saya, makanan ini nggak nge-hit banget. Kalaupun ada yang jual, paling abang-abang yang suka mangkal di sekolahan.


Beberapa tahun lalu, seorang blogger yang cukup akrab dengan saya mengirimi saya cireng. Kebetulan ia memang berjualan cireng di lingkungan sekitar rumahnya. Cireng yang ia kirim waktu itu masih cireng versi lama hanya ditambah dengan saus rujak. Saus rujaknya nendang banget. Sampai sekarang saya masih terbayang renyahnya cireng yang dicocol dengan bumbu rujak. Yummy.. Sayangnya temen saya itu sekarang nggak jualan cireng lagi. Nggak berani kirim keluar kota juga karena ongkirnya mahal.


Ciroll_3

Ceritanya, waktu saya ikutan workshop food photography-nya mbak Ika Rahma yang punya blog Dapur Hangus beberapa waktu lalu, mbak ika ngasih saya cireng sebagai oleh-oleh bermerk Ciroll Pop. Cipop ini konon katanya terbuat dari tapioka yang dicampur dengan ayam yang dicincang dilengkasi dengan isian keju cheddar tebal dan dilapisi tepung panir di luarnya. Jadi saat digigit, si keju bakalan lumer. Pokoknya sedap gitu deh.


Karena ada isian kejunya, harus hati-hati saat menggoreng. Soalnya ciroll yang isiannya tidak tertutup rapat akan meledak saat digoreng hingga memuncratkan minyak panas. Mesti pakai tameng tutup panci saat mengorengnya agar tidak terkena muncratan minyak panas.


Cireng yang satu ini nggak hanya enak dijadikan camilan teman nonton tv ataupun teman ngobrol bareng keluarga lho. Cipop juga bisa dipakai buat lauk. Tinggal ditambahin saos sama nasi anget. Nom..nom..nom... Jadi kayak nugget gitu rasanya.


Hmm.. ngomongin si cireng isi, saya punya contekan resep yang bisa dicoba. Itung-itung pengiritan ya daripada beli terus. Untuk isiannya suka-suka mau diisi apa. Keju ceddar boleh, cacahan ayam berbumbu juga boleh.


Bahan :




  • 300 gr tepung tapioka yang berkualitas baik

  • 150 gr tepung terigu

  • 2 siung bawang putih (haluskan)

  • 1/4 sendok teh merica bubuk

  • 1 sendok teh garam halus

  • gula pasir secukupnya

  • penyedap rasa secukupnya

  • air mendidih secukupnya

  • minyak untuk menggoreng secukupnya


Cara Membuat Cireng Isi Khas Bandung :




  1. siapkan satu wadah untuk membuat adonan

  2. ambil tepung tapioka, tepung terigu, merica bubuk, gula pasir, garam dan bawang putih yang dihaluskan lalu adonan dicampur menjadi satu, aduk rata

  3. tuang air sedikit demi sedikit kedalam campuran tepung

  4. uleni adonan dengan tangan sampai adonan kalis dan dapat dibentuk

  5. ambil adonan lalu dibentuk dengan cetakan (sesuai selera)

  6. setelah adonan dicetak iris pinggirnya lalu masukkan isinya (lakukan sampai selesai)

  7. panaskan minyak diatas api sedang lalu goreng cireng yang sudah diisi tunggu sampai matang sambil dibolak balik supaya tidak gosong, angkat tiriskan

  8. cireng isi khas Bandung siap dihidangkan

You Might Also Like

7 komentar

  1. cireng rol...duh pengen nyobain

    BalasHapus
  2. sepertinya enak. aku mau coba resepnya ya bu

    BalasHapus
  3. cetakannya, pake cetakan apa y mba... pengen nyoba :) pake daun bawang supaya lebih wangi sepertinya bisa ya mba

    BalasHapus
  4. Mau nyoba resepnya kapan2. Terlihat gampang, yaaah. ^_^

    BalasHapus
  5. boleh dicoba nih mbak, makasih ya share nya :)

    BalasHapus
  6. nom nom nom nom..
    makasih mbak resepnya..

    BalasHapus