Pumpkin Pancakes

22.59.00

Saya suka keki setiap lihat videonya Sarah Carey kalau lagi nguprek dapur. Eh, pada kenal jeng Sarah nggak sih. Hmm, jeng Sarah ini salah satu Food Editor Martha Stewart Living dan co-host dari seri memasak mingguan yang bertajuk "Everyday Food". Dia itu kalau masak kelihatannya asal cemplang cemplung tapi kok ya selalu sukses. "Tepung 1 cup, gula aren 2 cup bla..bla..", sambil sesekali cerita hal-hal sehari-hari yang dia lakukan. Emang dasarnya si jeng satu ini orangnya rame dan renyah macem peyek kacang. :D Suka cerita dibanding host lain yang kelihatan jaim anteng n kalem.


Nah, waktu saya pengen coba bikin pancake, saya langsung kepo-in videonya jeng Sarah ini. Seperti biasa lah. Dia mah nggak ada yang susah. Semua terlihat mudah. Tapi pas giliran praktek, gatot alias gagal total si pancake buatan saya. Nggak berbentuk sama sekali alias hancur total! Alhamdulillahnya, walaupun bentuknya naúdzubillah, tapi rasanya masih bersahabat dengan lidah. Jadi masih bisa lah dinikmati sambil merem melek. Merem pas lihat bentuknya, melek pas ngerasain rasanya. Haha :D


Pumpkin pancakesEniwe, pancake labu ini saya bikinnya pakai teflon datar yang buat bikin martabak telur biar lebih mudah saat membolak baliknya. Dulu pernah coba pakai teflon yang buat goreng telur biar bentuknya sama dan terlihat cakep. Tapi nyatanya susah pas bolak baliknya. Bukannya bulet malah jadi ancur. Huhu.. Oya, pancake labu kuning ini teksturnya lembut banget. Khas kue-kue berbahan umbi-umbian. Eh, labu termasuk umbi-umbian nggak sih. Qiqiqi..


Pancake


Bahan-bahan :


250 gr labu kuning tanpa kulit, kukus dan haluskan, 200 ml susu cair/air /santan (saya pakai air), 200 gr tepung terigu, 75 gr gula pasir, 2 butir telur, sedikit garam


Pelengkap penyajian :


Pisang ataupun potongan buah apa saja sesuai selera 


Cara Membuat :


Blender labu kuning bersama susu cair/air. Sisihkan. Kocok lepas telur di wadah. Masukkan gula pasir, garam, campuran labu kuning dan susu, aduk rata. Masukkan tepung, aduk kembali hingga rata dan tidak ada gumpalan tepung. Bisa juga dimikser dengan kecepatan rendah sebentar saja, asal rata. Panaskan wajan datar anti lengket, tuang satu sendok sayur adonan. Setelah bagian tepi-tepinya mulai mengeras dan bagian bawahnya berwarna kecoklatan, balikkan. Masak lagi hingga matang. Angkat. Lakukan hingga adonan habis. Sajikan dengan potongan buah-buahan.

You Might Also Like

15 komentar

  1. kayaknya enak, mba Ika. jadi pengin nyicip. hehe

    BalasHapus
  2. terlihat sedap nih,, jadi nak makan saya.. hehehe salam dari indonesia

    BalasHapus
  3. Belum punya teflon martabak. Padahal pengen coba.

    BalasHapus
  4. kereen fotonya mbak Ika
    kuenya juga cantik matengnya, pasti enak

    BalasHapus
  5. Nggak apa - apa kak gatot, asal masih enak. Sini kalau butuh bantuan untuk menyikatnya,,,, hehehe

    BalasHapus
  6. Boleh dicoba nih resepnya mbak.. sepertinya enak mbak..
    makasi ya atas resepnya..

    BalasHapus
  7. Aku ngga suka labu, tapi kalau dibuat kek gini aku kayaknya doyan. Apalagi tampilannya cantiik gini. :D

    BalasHapus
  8. jadi ngiler deh dengan makanannya....heheheee...
    makasih ngan,.,artikelnya sangat membantu,.semoga sukses trus,di tunggu lg artikel selanjutnya yah.......
    Jangan lupa berkunjung balik gan...

    BalasHapus
  9. boleh dicoba nih resepnya mbak :p

    BalasHapus
  10. wow, makasih mbak sharingnya.. sangat menarik :D

    BalasHapus
  11. Terimakasih untuk semua informasinya salam sukses gan tetap semangat yahh

    BalasHapus
  12. Paling suka kalo udah baca tulisan mbak ika tentang resep makanan :)

    BalasHapus