Nasi Goreng Makanan Sejuta Umat

14.36.00

Nasi goreng


Nasi goreng? Siapa sih orang Indonesia yang nggak kenal dengan makanan yang satu ini.


Sebagai orang Indonesia, kita wajib berbangga karena di tahun 2011 lalu, sebuah polling Internet yang diadakan oleh CNN International yang diikuti oleh 35.000 orang menempatkan Nasi Goreng pada peringkat dua dalam daftar '50 Makanan Terlezat di Dunia' setelah rendang.


Ngomongin nasi goreng, beberapa waktu lalu sempet ramai di lini massa yang berkaitan dengan si nasi goreng. Pasalnya, ada sebuah brand yang ngadain lomba blog dengan tema makanan khas Indonesia yang menjadikan tulisan tentang nasi goreng sebagai pemenangnya. Mana ada lebih dari 1 tulisan tentang nasi goreng yang menang. Dan disinyalir yang nulis itu buzzer-nya yang punya hajat. Entah itu hanya rumor atau beneran saya nggak terlalu mengikuti beritanya.


Cuman, kalau dibilang nasi goreng itu makanan asli Indonesia kayaknya nggak tepat juga sih. Karena daerah asal nasi goreng pun nggak jelas. Dari Sumatera kah, Jawa atau daerah lain. Pas coba ngulik wikipedia buat cari tahu sejarah nasi goreng, ternyata hasilnya cukup mengejutkan saya. Disebutkan kalau nasi goreng itu bagian penting dari masakan tradisional Tionghoa. Konon katanya sudah mulai ada sejak 4000 SM. Nasi goreng sebenarnya muncul dari beberapa sifat dalam kebudayaan Tionghoa, yang tidak suka mencicipi makanan dingin dan juga membuang sisa makanan beberapa hari sebelumnya. Makanya, nasi yang dingin itu kemudian digoreng untuk dihidangkan kembali di meja makan.


Nasi goreng kemudian tersebar ke Asia Tenggara dibawa oleh perantau-perantau Tionghoa yang menetap di sana. Uniknya, para perantau tadi juga menciptakan nasi goreng khas lokal yang didasarkan atas perbedaan bumbu-bumbu dan cara menggoreng. Makanya nasi goreng punya banyak varian. Ada nadi goreng terasi, nasi goreng pete, nasi goreng teri, nasi goreng telur dan banyak lagi.


Nah, kan bener. Nasi goreng itu sebetulnya bukan asli Indonesia. Cuman mungkin karena bnyak ditemukan di Indonesia, jadi identik dengan makanan asal Indonesia.


Buat saya, nasi goreng itu penyelamat saat perut terasa lapar tapi nggak nemu kuliner yang pas di lidah. Misalnya nih, saat saya pergi ke suatu daerah trus mampir di sebuah resto. Nah, pas lihat -lihat menu dan sekiranya nggak ada yang cocok, nasi goreng selalu jadi pilihan. Mulai dari nasi goreng tante alias tanpa telur, sampai nasi goreng dengan aneka jenisnya.


Nasi goreng yang puedes juga bisa jadi mood booster saat bete melanda. Sensasi gobyosnya bikin semangat. Apalagi kalau disandingin sama teh nasgithel (panas, legi, kenthel). Wis, jos gandos lah.


You Might Also Like

17 komentar

  1. Nasi goreng Tulip Purworejo ya Mbak ?

    BalasHapus
  2. enaknya nasi gorengnya... saya juga sering buat nasi goreng bun... namanya nasi goreng ala jogja hehehe... sukses terus ya bun....

    BalasHapus
  3. nasi goreng itu makanan favorit zaman kuliah dulu... :v

    BalasHapus
  4. Terimakasih untuk informasinya semoga bermanfaat,emang nasi goreng tuhhh pas di lidah semua orang

    BalasHapus
  5. makasih gan infonya.
    sangat membantu di tunggu postingan nya yang baru.

    BalasHapus
  6. paling demen nasgor masakan istri hehehe

    BalasHapus
  7. Ternyata nasi goreng bukan asal indonesia ya? saya pikir.. tapi ya sudahlah yang penting masih ada rendang yang mewakili negara kita.
    Ok trims infonya mbak, met pagi n selamat makan nasgor :D

    BalasHapus
  8. waww ... enaknya ... boleh order ni mbak....

    BalasHapus
  9. BUAT NYA MUDAH MAKANYA JADI MAKANAN SEJUTA UMAT AHAHAH
    BAHKAN DI DAERAH SAYA Rp 5000 BS DAPAT 1 BUNGKUS NASI GORENG,,,MURAHKAN :D

    BalasHapus
  10. Wah,makanan kesukaan saya nih :)
    Sukses selalu deh untuk Mba Ika Koentjoro..semoga makin sukses dan selalu mendapat limpahan berkah dan rahmat dari Alloh SWT..

    BalasHapus
  11. pingin nyobain nasi goreng sejuta umat rasanya gmana

    BalasHapus
  12. ehhh enak nihh tapi inget puasa buat nanati sore dehhh heheheh

    BalasHapus
  13. makanan andalan saya watu kuliah nih..

    BalasHapus
  14. nasi goreng kornet is my favorite one

    BalasHapus
  15. nasi goreng memang paling praktis untuk sarapan mbak, enak lagi..

    BalasHapus