Indahnya Pemandangan Bawah Air Pantai Nglambor

20.51.00

Memanfaatkan momen libur Pilkada serentak tanggal 09 Desember lalu, saya dan keluarga mengunjungi pantai Nglambor. Kebetulan daerah tempat tinggal saya sedang tidak mengadakan pesta demokrasi tersebut.


Konon katanya pantai ini memiliki keindahan pemandangan bawah air yang sayang untuk dilewatkan. Penasaran seperti apa, pantai Nglambor menjadi pantai yan ingin kami sambangi secepatnya! Selain ingin ber-snorkeling ria, saya juga ingin menyaksikan keindahan sunrise disana, kami pun berangkat pagi-pagi buta dari rumah. Sayang, hari itu cuaca sedang tidak bersahabat. Setelah semalaman diguyur hujan lebat, jalan menuju pantai berkabut tebal hingga menyulitkan suami saat mengendarai mobil. Takut terjadi hal-hal yang tak diinginkan, saya meminta suami untuk mengendarai mobil pelan-pelan saja. Alon-alon waton slamet :D


12366584_929567787132410_116711337_n


Pantai Nglambor yang tergolong masih "perawan" ini berada di deretan timur jajaran pantai selatan Gunung Kidul, Jogjakarta. Letaknya di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, dan berjarak sekitar 70 km dari Kota Yogyakarta. Pantai yang diapit oleh Pantai Siung dan Pantai Jogan ini masih minim fasilitas. Jalan menuju lokasi juga sulit dijangkau.


Setelah sampai di tempat parkir mobil, kami masih harus menyusuri jalan berbatu dan tanah liat sekitar 1 km menuju lokasi. Jika malas berjalan kaki, ada ojek yang siap mengantar menuju lokasi yang mangkal disekitaran tempat parkir mobil. Ongkosnya 5.000 untuk sekali jalan. Jika menggunakan motor sendiri, parkir bisa lebih dekat dengan pantai ketimbang menggunakan mobil. Yang perlu diingat, kendarakan motor dengan sangat hati-hati karena kondisi jalan yang sangat licin jika sebelumnya diguyur hujan.


Sulitnya perjuangan menuju lokasi terbayar dengan keindahan pantainya. Pasir putihnya, biru lautnya serta jernihnya air pantai Nglambor langsung melupakan semua yang tak menyenagkan selama perjalanan. Tak perlu dikomando, anak-anak langsung menuju toilet untuk berganti pakaian dengan pakaian renang.


Pantai Nglambor memiliki garis pantai yang pendek. Tak lebih dari 1.5 km saja. Jika pantai ini dibanjiri pengunjung hingga ratusan, sepertinya akan penuh sesak. Ombaknya yang tak terlalu kencang membuat saya tak khawatir membiarkan anak-anak bermain dan berenang sendirian di bibir pantai.

You Might Also Like

9 komentar

  1. Snorkeling sedang jadi atraksi wisata yg trending ya. Memang asik sih

    BalasHapus
  2. Mau dong nyoba snorkeling belum pernah nyobaaa ....

    BalasHapus
  3. walaupun wanita tapi jiwa petualangnya sangat besar ya mbak.. hehe.. boleh dicoba nih kawasan pantai nglambornya... pasti seru nampaknya..

    BalasHapus
  4. wah kok jadi pengen coba in nih saya haha

    BalasHapus
  5. Ini pantai favorit emang, sayang sudah ada beberapa kerusakan terumbunya.
    mudah2an bisa dikelola lebih baik lagi

    BalasHapus
  6. pantai yang masih "perawan" memang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi

    BalasHapus
  7. luar biasa mbak pengalamannya :)

    BalasHapus
  8. Jogja memang banyak pantai yang menarik, bisa dijadikan rencana liburan selanjutnya..

    BalasHapus