Tips Menabung a la Mompreneur

02.21.00

Konon katanya keuangan pengusaha itu grafiknya fluktuatif alias nggak menentu. Iyes.. bener banget! Sekian tahun malang melintang menjadi bakul kelas teri, saya tahu betul bagaimana pahit, getir dan manisnya menjadi pengusaha. Beda dengan pegawai yang gajinya lempeng tiap bulannya, kadang rejeki yang saya dapat datangnya berombongan. Tiba-tiba aja semua barang dagangan ludes. Tapi... di lain waktu kalau lagi masa paceklik tiba, rasanya lalat pun nggak mau mendekat *lebay tingkat akut :D


Berhubung tiap bulan nominal yang saya dapat nggak menentu dan nggak ada yang kasih tunjangan hari tua juga, makanya saya harus bijak mengatur keuangan. Harus rajin-rajin menabung seperti nenek bilang. Jenis tabungan yang saya pilih bermacam-macam. Tergantung kebutuhan dan kemampuan kantong :D


Nah, tabungan berikut saya pilih untuk jaga-jaga agar kelangsungan hidup tetap berjalan pada rel yang benar dikemudian hari saya tidak kelabakan. Beberapa jenis tabungan yang saya miliki diantaranya:




  • Pertama, tabungan investasi. Meski usaha saya termasuk usaha kelas teri, sejak awal saya selalu membukukan keluar masuknya uang. Tujuannya untuk menghitung berapa keuntungan yang saya dapat. Nah, dari keuntungan bersih yang saya peroleh, saya biasa menyisihkan kurang lebih 10% untuk berinvestasi. Investasinya sih macam-macam, tergantung kebutuhan. Tabungan untuk investasi ini juga fleksibel. Nggak melulu saya menyetorkan uang ke bank untuk ditabungkan. Yang jelas saya harus menyisihkan 10% keuntungan tersebut. Kadang tabungan ini berupa cicilan tertentu, misalnya cicilan atas pembelian kendaraan yang digunakan untuk usaha ataupun renovasi ruko. Jika berupa cicilan, saya selalu berhitung cermat agar cicilan tidak melebihi kemampuan saya, yakni 10% dari keuntungan tiap bulannya.

  • Kedua, tabungan jangka panjang. Tabungan ini biasanya saya gunakan untuk keperluan yang mungkin harus saya keluarkan dikemudian hari. Misalnya untuk tambahan biaya kuliah anak-anak. Saya sebetulnya sudah ikut asuransi pendidikan untuk anak-anak, cuman saya takut kalau biaya yang diperlukan melebihi dari yang bisa dikaver asuransi. Kalau pun nanti sekolahnya anak-anak sudah terkaver asuransi, uang hasil tabungan bisa digunakan buat yang lain. Misal untuk umroh atau traveling bareng keluarga. Untuk tabungan ini saya ambilkan dari gaji saya. Gaji?!! Katanya pengusaha kok masih ngomongin gaji. Iya, walaupun saya mengelola usaha saya sendiri, saya selalu menghargai diri saya sendiri dengan mengaji diri sendiri sesuai dengan kepantasan. Yah, walaupun kadang melebihi kepantasan juga sih. Hehehe.. Untuk tabungan jangka panjang saya ambil tabungan berjangka yang jatuh temponya disesuaikan dengan kebutuhan saya nantinya.

  • Ketiga, tabungan insidental. Tabungan ini juga saya ambil dari gaji. Tabungan ini sih suka-suka aja ngisinya. Nggak ada target harus diisi berapa tiap bulannya yang penting ada setoran. Biasanya dipakai buat keperluan insidental yang nggak bisa ditunda. Misalnya, saat tiba-tiba saya pengen ganti mobil. Tiba-tiba ganti mobil?!! Emang loe kira mobil itu kayak baju yang bisa dibeli kapan aja!!! Langsung digetok ulekan sama bapak suami. Hahaha... bukan itu maksud saya. Misal anak sakit dan harus memerlukan biaya yang lumayan gede, tabungan ini yang pertama saya bobol.


Eniwe... untuk tabungan insidental saya nggak terlalu memperhatikan berapa bagi hasil yang diberikan pihak bank. Yang penting banknya kredibel. Kalau mau collaps tanggungjawab. Syukur-syukur kasih bunga gedhe :D Lain halnya untuk tabungan jangka panjang dan tabungan investasi. Selain alasan diatas, saya rada ribet ngitung-itung bunga dan fasilitas yang didapat. Biasanya saya muter-muter ke beberapa bank untuk cari info bank mana yang memberikan penawaran oke. Capek juga sih, tapi mau gimana lagi. Daripada nyesel dikemudian hari. Kedua jenis tabungan tersebut kan jangka waktunya panjang, nggak cuma setahun dua tahun. Makanya saya nggak berani asal masukin dana di sembarang bank.


Untungnya sekarang ada web Cermati.com yang bisa membantu saya menemukan produk finansial terbaik. Nggak perlu muter-muter lagi, cukup 1 jari buat tahu semua info keuangan yang kita perlukan. Mau informasi keuangan apa aja ada! Baik tabungan biasa, tabungan berjangka maupun tabungan deposito. Kalau mau bandingin kredit mana yang kasih penawaran kompetitif juga ada. Pengen kredit kendaraan, kredit multi guna, kredit tanpa agunan atau mau pilih-pilih kartu kredit semua infonya ada di Cermati.com. Serunya lagi ada artikel tentang keuangan yang akan menambah wawasan keuangan kita. Wah, pastinya kita jadi makin pinter pilah pilih produk finansial nih.


Yuk, jadi orang Indonesia yang cermat finansial. Temukan produk finansial terbaik di Cermati :)


"Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Share Tips Menabungmu bersama Blog Emak Gaoel dan Cermati"


banner lomba

You Might Also Like

81 komentar

  1. Catetlah tipsnya sapa tau ntar punya usaha hehe

    BalasHapus
  2. nabung sedikit sedikit lama lama membukit..!!

    Terimakasih postingnya.!!

    BalasHapus
  3. tips menabungnya oke punya mbak...boleh nih ditiru...hehehe

    BalasHapus
  4. Pengen nya sih tabungan itu dibagi2 sesuai kebutuhan seperti dirimu mbaaaak...
    Tapi aku mah udah bisa nabung aja udah baguuuus...bhahahaha...

    Aniwei, makasih buat share nya yah mbaaak :)
    Nanti coba diterapkan deh :)

    BalasHapus
  5. wow!! infonya sangat bermamfaat..
    Soalnya saya orang kurang bisa menabung..
    asal dapat duit, pasti lansung main di Bethost24

    BalasHapus
  6. tips nya oke bingit, tak simpen ini di catatan ku,

    BalasHapus
  7. Memang sebagai mompreneur kita harus bisa menyeimbangkan keuangan keduanya, jangan sampai keuntungan dari usaha kita habis karena kebutuhan rumah tangga karena akan membuat usaha susah berkembang, pun sebaliknya jangan sampai demi mengembangkan usaha, kehidupan keluarga dikorbankan, salah satunya ya dengan tips menabung dari mba ini.

    BalasHapus
  8. Waahh menarik banget tipsnya buat aku yang susah banget nabung :)))

    BalasHapus
  9. Artikel yang bagus dan juga menarik, senang bisa berkunjung ke website anda. Kunjungi juga website saya donk!

    BalasHapus
  10. Menarik sekali gan beritanya. . . !!!
    Semoga dapat bermanfaat, salam sehat.

    BalasHapus
  11. dari kemarin baca cermati.com tapi ngak tau apaan, cusss ah buka dulu #NumpangBentar

    BalasHapus
  12. asyik dapet tips dari mbak ika. Good luck ya

    BalasHapus
  13. terima kasih buat artikelnya mbak, sekarang saya lagi mencoba untuk mempraktekkan nya

    BalasHapus
  14. Tentang asuransi pendidikan anak, saya malah berpikirnya; apakah makin ke depan nilai rupiah bisa makin tinggi, ya. Hihihi

    BalasHapus
  15. ikakoentjoro5 Juli 2015 12.13

    Nah, itu dia. Makanya aku jaga-jaga takutnya biayanya nggak terkaver

    BalasHapus
  16. sangat bermanfaat ba buat referensi ibu saya

    BalasHapus
  17. Semoga bisa jalanin nabung ala seperti ini nih

    BalasHapus
  18. Sebenarnya cara menabung itu cukup banyak sekali. Namun cara yang disebutkan di atas menurut saya adalah cara terbaik yang pernah ada.

    BalasHapus
  19. nice info mom,,,
    kalo saya suka mencatat pengeluaran setiap hari,, jadi bisa dibandingkan pengeluaran bulan kemarin dan sekarang,,,
    sebisa mungkin harus nabung.. :D

    BalasHapus
  20. penting banget ini blog, apalagi kita yang punya usaha, usaha yang lumayan besar maupun usaha yang baru anda buka.

    BalasHapus
  21. Tiga jenis atau model cara menabung yang perlu dicontoh ini. Makasih banyak atas shar-nya ya, Mbak :)

    BalasHapus
  22. Assalamu'alaikum, Thanks mba atas sharenya semoga bisa menjadi modal untuk mengelola keuangan menjadi lebih baik

    BalasHapus
  23. artikel yang sangat bagus sekali menarik untukdi simak dan bermanfaat pula,, thanks for share..

    BalasHapus
  24. tips menabungnya patut dicontoh ni, terima kasih ya mbak :D

    BalasHapus
  25. Penjelasan ini memang sangat berguna, terutama dimana orang yang saya lihat ingin memulai usaha tetapi masih tidak dapat menyimpan uang ( boros ) :D..

    penjelasan yang di berikan ini sangat detail sekali dan berguna bukan hanya saya, tetapi untuk semua yang membaca artikel ini, terlebih usaha di Indonesia semakin sudahm yang kaya semakin kaya, dan yang miskin semakin miskin, tergantung bagaimana cara kita memulai bisnis kita dengan isi yang sama tetapi dengan cara yang berbeda..

    Terima kasih untuk berbagi hal ini..

    BalasHapus
  26. boleh juga tuh...nabung sedikit sedikit lama lama jadi mbukit

    BalasHapus
  27. Mbak, tipsnya wokeh nih. Tapi kalau banyak tabungan isi gak seberapa, biayanya gede mbak *curcolll*

    BalasHapus
  28. Diliat memang gampang, tapi ketika dipraktekkan susahnya minta ampun.

    BalasHapus
  29. gak bisa lihat duit nganggur.. semoga bisa menabung untuk hari esok
    terima kasih infonya gan

    BalasHapus
  30. Makasih untuk infonya dan salam sukses

    BalasHapus
  31. tips yang sanggat bermanfaat trik menabung yang sanggat menarik, menabung sanggat oenting sekali buat masa depan kita dan keturunan kita :)

    BalasHapus
  32. tips yang sangat bermanfaat untuk kita terapkan nanti kalau sudah punya usaha sendiri mba :)

    BalasHapus
  33. Emang bener, jd bos hanya nama nya sj yg sangar. Uang nya naik turun kaya roller coaster :D. Btw, trmksh atas tips nya Salam

    BalasHapus
  34. Saya jadi ngeklik cermati dot com. Wah, memang asyik ya, Mbak Ika, ada yg program syariah segala. Makasih banyak ya, Mbak :)

    BalasHapus
  35. mantab gan...biar sdikit sedikit lama lam jadi mbukit

    BalasHapus
  36. Patut di contoh.. Semoga bisa jalanin nabung seperti ini nih

    BalasHapus
  37. Setiap orang punya cara tersendiri untuk menabung , , Jika kalian ingin mengikuti cara di artikel ini juga tidak ada masalah , karena saya lihat caranya juga sayang benar

    BalasHapus
  38. Saya sulit sekali menabung, sekali menabung uang nyeu suka diambiil lagi diambil lagi pusing saya :D

    BalasHapus
  39. Wah, saya mesti nabung nih.. gak bisa2 nabung dari dulu, thanks sharingnya.. sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  40. nice share mba, aku punya 3 rekening dan 1 rekening tidak ada kartu debitnya, jadi untuk menabung saya memakai debit tsb. Agar uangnya tidak terpakai.

    BalasHapus
  41. Boleh dicoba, semoga bisa diterapkan..

    BalasHapus
  42. Makasih informasinya mbak, semoga bisa direalisasikan

    BalasHapus
  43. Sejauh ini masih mencoba menabung biasa saja tapi melalui arisan, supaya ada paksaan sedikit untuk membayar hehehe. Mantap infonya mbak..

    BalasHapus
  44. thanks untuk tipsnya..sangat bermanfaat

    BalasHapus
  45. Nice artikel, thanks for share

    BalasHapus
  46. cara nabung nya boleh juga laah..

    BalasHapus
  47. memang menabung itu sebaiknya kewajiban gitu ya, walupun shari sedikit lama-lama jadi bukit,hehehehhhh, keren banget blognya

    BalasHapus
  48. Kalau saya baru bisa ikut tabungan rencananya aja buat anak dan itupun ga besar, alakadarnya :) karena tujuannya si supaya nanti pas anak udah masuk usia sekolah ga bingung lagi udah ada danannya

    BalasHapus
  49. memang menabung itu sangat penting, tapi saya termasuk orang yang susah menabung, ga tau kenapa tapi selalu saja ada yang mau saya beli.

    BalasHapus
  50. Mantab gan artikelnya segera eksekusi mencoba nih.... thankQ

    BalasHapus
  51. Informasi Yang Sangat Bermanfaat. Terima Kasih.

    BalasHapus
  52. memang kalau tidak menerapkan pembukuan kita tidak tau uang masuk dan uang keluar setiap bulannya... makasih infonya sis.. bs saya terapkan di usaha saya semoga bermanfaat dan sukses seperti sista

    BalasHapus
  53. terima kasih informasinya. jadi semangat menabung ini jadinya. sukses selalu buat adminnya.

    BalasHapus
  54. Mantep Mba .....itung itunganya .....kayanya harus di ikuti ide nya ....makasih postinganya ..

    BalasHapus
  55. Ya..bener mbak..kalo nabung itu perlu. Tapi perlu diimbangi dengan kemampuan memanage keuangan kita. Jangan sprti saya tekor mulu jadi blm smpet nabung he..he..Makasih mbak tipsnya..

    BalasHapus
  56. suka bgt Mbak membaca artikel ini ... makin nambah sumanget ... salam kenal, makasi ...

    BalasHapus
  57. terimakasih banyak atas ilmu dan pengalaman yang telah mba berikan, semmoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

    BalasHapus
  58. sepertinya artikel ini harus saya bookmark untuk istri.. hehe
    terima kasih banyak udah share artikel ini..

    BalasHapus
  59. makasi atas artikelnya ya.. sangat bermanfaat...salam semangat menabung..

    BalasHapus
  60. terimakasih informasi yang sudah di berikan, sukses selalu ya

    BalasHapus
  61. terimakasih sudah berbagi, sukses selalu ya

    BalasHapus
  62. Oh jadi begitu ya tips nya :D makasih infonya

    BalasHapus
  63. Tabungan jangka panjang dan tabungan lainnya bisa menjadi referensi untuk orang-orang yang ingin menabung lebih giat lagi :)

    BalasHapus
  64. terimakasih infonya sob sangat bermanfaat sekali ....
    salam sukses

    BalasHapus
  65. Mantap Ilmunya. Tapi Sulit juga Kalo Menabung Pengennya Ingin Di Ambil Trus Uang nya buat Kebutuhan

    BalasHapus
  66. terimakasih banyak atas ilmu dan pengalaman yang telah mba berikan, semmoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

    BalasHapus
  67. Makasih tipsnya, sangat membantu... Jadi pengen nabung nih

    BalasHapus
  68. Hmm bisa lah saya jadikan acuan untk menabung .. maau nabung nih untuk renov rumah hehe. Moga menang mbak Ika.

    BalasHapus
  69. wah keren nih tips ala momprenurnya, buat istri saya cucok

    BalasHapus
  70. informasinya okey,bisa untuk inspirasi saya dalam menabung masa depan

    BalasHapus
  71. menabung memang sangat penting,maka dari sebelum menabung kita cari informasi supaya kita bisa pilih pilih tabungan,informasi dari mbak sangat membantu saya,makasiih ya mbak

    BalasHapus
  72. waaahh keren nih patut di praktekin

    BalasHapus