Fear is a Choice!

18.36.00

Pernah nggak sih kamu punya perasaan takut yang nggak jelas apa penyebabnya?


Hmm, belum lama ini saya merasa takut yang nggak logis. Jadi, beberapa hari menjelang keberangkatan ke Macau beberapa waktu lalu saya merasa gelisah. Satu hari menjelang hari H saya cek tekanan darah saya 140 per nya lupa. Sempet kaget karena biasanya tensi saya termasuk rendah, 100 per 60. Saya ditanya perawat apa ada yang saya pikirkan karena saya tidak punya riwayat tensi tinggi. Saya jawab iya, besok saya akan pergi ke Hong Kong. Saya sangat khawatir.


Takut pesawatnya jatuhlah, takut maagnya kumat, takut keseleonya kambuh. Pokoknya semua hal buruk berseliweran di kepala. Padahal setelah dijalanin semua baik-baik saja tuh. Malah pinggang saya yang beberapa bulan ini terasa nggak enak karena keseleo sembuh setelah pulang dari jalan-jalan!


Kali ini saya nggak pengen ngomongin soal parno akut. Pengen mereview film After Earth yang nolong banget ngilangin ketakutan saya. Film ini sebenernya bukan film baru, sudah beredar tahun 2013 lalu. Saya nya aja yang telat nontonnya :D


After-Earth-1


Sesuai dengan namanya, After Earth bercerita tentang kehidupan manusia setelah pergi meninggalkan bumi. Efek rumah kaca yang disebabkan oleh polusi, pembakaran hutan dan lain sebagainya membuat bumi tak layak dihuni manusia. Manusia pun diungsikan ke planet lain bernama Nova Prime.


Nova Prime ternyata tidak steril untuk dihuni manusia. Planet tersebut telah dihuni maklhuk lain. Celakanya mereka tak ramah dengan manusia. Untuk mempertahankan eksistensinya, makhluk tersebut menyebar Ursa untuk membunuh manusia.


Ursa sebenarnya merupakan makhluk buta. Ursa hanya bisa mengetahui keberadaan manusia melalui indra penciumannya, yaitu melalui bau feromon yang dikeluarkan manusia saat merasa takut. Jenderal Cypher Raige (Will Smith) adalah satu-satunya manusia yang dapat melawan Ursa. Keberadaannya tak bisa dideteksi oleh Ursa sehingga ia dapat membunuh Ursa dengan mudah. Fenomena ini disebut "Ghosting".


Berkebalikan dengan Raige yang bisa menebas Ursa dengan mudah, Kitai anaknya memiliki rasa takut yang berlebihan akibat trauma masa lalu. Sanshei, kakak Kitai mati dibunuh Ursa di depan matanya.


Singkat cerita, Raige memutuskan untuk pensiun dini karena alasan keluarga. Dalam lawatan terakhir Raige menuju planet Iphitos untuk melatih kemampuan Ghosting pasukannya, Raige mengajak Kitai untuk turut serta. Malangnya perjalanan menuju Iphitos tak berjalan mulus. Pesawat mengalami kerusakan akibat menabrak hujan meteor dan terpaksa melakukan pendaratan darurat di planet terdekat yaitu Bumi.


Saat memasuki bumi pesawat terbelah menjadi dua. Ekor pesawat yang berisi Ursa dan suar yang akan menembakkan signal bahaya ke ruang angkasa terpental sejauh kurang lebih 100km dari badan pesawat. Semua awak pesawat mati kecuali Raige dan Kitai. Jika mereka ingin selamat, salah satu diantara mereka harus mengambil suar yang ada di ekor pesawat. Raige mengalami patah kaki yang tak memungkinkannya mengambil suar di ekor pesawat. Hanya Kitai satu-satunya harapan untuk mengambil suar.


Saat melakukan perjalanan menuju ekor pesawat, Kitai dibekali 6 inheler yang harus dihirup setiap 24 jam sekali (karena udara bumi tak memungkinkan untuk hidup manusia), persediaan makanan, obat-obatan juga pedang pendek milik Raige yang bisa berubah menjadi 22 bentuk serta selalu dalam pantauan Raige melalui CCTV canggih yang disebar Raige. Akankah Kitai mampu mengambil suar yang ada di ekor pesawat sementara Ursa bisa membunuhnya kapan saja?


***


Ide film After Earth yang dibintangi Will Smith dan putranya, Jaden Smith ini terinspirasi dari sebuah kisah nyata selamatnya ayah dan anak dari kecelakaan pesawat trus dikembangkan sedemikian rupa. Karena masuk kategori film science fiction, maka tak heran jika film ini penuh imaginasi kemajuan teknologi yang memukau. Mulai dari pakaian yang memiliki sensor, tablet yang bisa digulung, layar monitor invisible serta masih banyak lagi.



Danger is real, but fear is a choice.

Salah satu adegan dalam film After Earth yang membuat saya tersadar, terkadang ketakutan begitu menghantui kita hingga kita terus berlari menghindarinya, padahal apa yang kita takutkan sudah tak ada yakni saat Kitai dikejar binatang buas di dalam hutan rimba. Kitai terus berlari ketakutan padahal hewan yang mengejarnya sudah tidak mampu mengejar Kitai lagi. Ia terus berlari terbirit-birit hingga berkali-kali ayahnya berteriak,"You not being follow! Kitai, you are runing from nothing!"


Dialog ayah-anak tentang bagaimana mengatasi rasa takut yang menghantui juga sangat menarik.


"Ketakutan itu tidaklah nyata. Tempat yang bisa didiami ketakutan adalah pikiran kita akan masa depan. Itu ciptaan khayalan kita. Menyebabkan kita takut akan hal-hal yang tidak ada dan mungkin tidak pernah ada. Ini mendekati kegilaan, Kitai. Jangan salah paham. Bahaya itu sangat nyata. Tapi takut adalah pilihan!


Pesan dalam film ini sebenernya simple, nggak serumit teknologi yang digunakan. Sesungguhnya bahaya atau sesuatu yang mengancam itu akan selalu ada dalam kehidupan kita (kehilangan salah satu anggota keluarga, ketakutan kehilangan pekerjaan dll) tapi bagaimana cara kita mengatasinya itulah yang membedakan seorang pemenang dengan pecundang. Film ini juga mengajarkan kita apa yang harus dilakukan untuk mengikis ketakutan yaitu dengan memahami kekuatan diri kita untuk melawannya.


Nah, buat yang belum menonton film ini, (meski film ini tergolong bukan film baru) sayang banget untuk dilewatkan karena dialog-dialog pemain dalam film ini sangat berbobot dan syarat pelajaran berharga. Film ini nggak hanya bisa ditonton untuk orang dewasa. Aman di tontong anak-anak juga. Jujur, film ini sangat berkesan buat saya dan kedua anak saya.

You Might Also Like

40 komentar

  1. Saya sudah nonton tapi lewat saja tidak tahu pesan, maklum nonton sambil lalu

    BalasHapus
  2. nanti aku cari deh mbak filmnya, dari reveownya bagus juga. Jadi sekarang gak takut lagi kan mbak :)

    BalasHapus
  3. Udah lama juga nonton ini, yang paling ngena sih waktu Kitai ketakutan sama burung raksasa yang mana ternyata si burung ini malah ngelindungi waktu ada badai dingin yah klo ga salah. Intinya (menurutku) sesuatu yang menyeramkan itu belom tentu bermaksud buruk, sapa tau macam si burung yang pengen ngejagai :)

    BalasHapus
  4. Iya bener banget mbak

    BalasHapus
  5. Yuk, kapan nonton sama Aa dan dedek mbak

    BalasHapus
  6. Film ini nggak butuh kerutan kening untuk menangkap pesannya. Di tonton sambil lalu juga asyik2 aja mas

    BalasHapus
  7. thank's for visiting my blog :D

    BalasHapus
  8. Nice review Mbak. Jadi pengen nonton filmnya :)

    BalasHapus
  9. ini filem yang menurut saya sangat keren ..dari mulai cerita sampai efek animasi yang ditampilkan sangat dasyaht hampir tidak ada celah sedikit pun seperti benar benar real

    BalasHapus
  10. Tosh... menurutku juga gitu, beneran keren emang

    BalasHapus
  11. Biar jadul tapi oke kok :)

    BalasHapus
  12. Blog dan artikelnya menarik sekali untuk disimak gan...

    BalasHapus
  13. Aku belom nonton film ini, Mbak.. Boleh jugak nih :D

    BalasHapus
  14. akan kh film ini dibikin sekuel nya ? soalnya filem ini menurut saya sebuah karya yang sangat luar biasa karena mengabungkan efek animasi dan nyata dengan begitu sempurnanya

    BalasHapus
  15. baca reviewnya seruu banget kayanya ya Filmnya

    BalasHapus
  16. saya udah nonton film ini jg mak... lumayan bikin deg2an hihihi...

    BalasHapus
  17. Mudah-mudahan :)

    BalasHapus
  18. saya belum sempat melihat filem ini,katanya sangat seru sekali,apa kah ada yang tau dmna tempat link mendonload film ini ?

    BalasHapus
  19. belum lihat,jadi penaasaran..makasih mbak reviewnya^^

    BalasHapus
  20. ini filem berjenis action movie yang menurut sayah sangat keren ,karena diisi oleh pemain pemain yang sangat hebat,terutama pemeran utama nya ayah dan anak yang membuat filem ini mempunyai nilai plus

    BalasHapus
  21. Kebetulan kemarin saya minta di download kan petugas warnet. Nggak memperhatikan via web apa

    BalasHapus
  22. Belum nonton, nyicil menikmati resensi dan review Jeng Ika
    Fear is a choice.....saatnya dipilih ada saatnya dilepas
    Trima kasih Jeng Ika

    BalasHapus
  23. Waw..jadi pengen nonton. Will n Jaden Smith memang bapak-anak yg keren bingits ya mak. Film2nya berbobot semua

    BalasHapus
  24. seperti nya saya harus cepat cepat membeli kasetnya ,penasaran banget ini mah bener
    tapi kalo ada yang tau tempat link untuk mendonloadnya bisa tolong saya untuk minta yah

    BalasHapus
  25. You really make it seem so easy with your presentation but I find this matter to be actually something which I think I would never understand. It seems too complicated and very broad for me. I am looking forward for your next post, I’ll try to get the hang of it!

    BalasHapus
  26. ini baru yang namaya filem , sangat keren sekali filem nya mengagumkan akting dari ayah dan anak ini

    BalasHapus
  27. filem yang dibintangi sama keluarga smith memang selalu keren dan bagus 10 jempol untuk filem ini

    BalasHapus
  28. Jadi inget aku nonton ini waktu sama suami. Ketakutan itu sebnarnya apa yang kita ciptakan sendiri ya Mak. Kalau kita udah menghadapi kenyataan ketakutan itu sering nggak terbukti. Suka banget sama anak bapak ini :D

    BalasHapus
  29. thanks to admin who has been providing the latest information that makes us be increased insight and new knowledge that is wide enough, of course, this makes us become more knowledgeable

    BalasHapus
  30. Loh Mbak, itu Ursanya kenapa bisa ada di ekor pesawat yg dibawa Reight?
    Ketoke apik ki, aku ya belum nonton nih. Cari blue ray nya aaahhh

    BalasHapus
  31. dari sinopsisnya mantap banget filmnya nih..

    BalasHapus
  32. kunjungan perdana ..salam kenal ikakoentjoro..semoga bisa sling berbagi..salam

    BalasHapus
  33. ini sih aku punya filem nya .. dan memang ini keren sekali bapak dan anak ini memerankannya

    BalasHapus
  34. saya belum nonton seru ga nih filmnya

    BalasHapus
  35. Sama, dulu saya pernah mikir yang gak pernah saya pikirkan sebelumnya pada saat mau pergi jauh. Kalau film itu baru - baru ini diputar di televisi, cuman saya nonton bagian akhirnya aja :D.

    BalasHapus