Menghabiskan Libur Tahun Baru di Pantai Baru

18.02.00

ikakoentjoro.com - Menghabiskan libur tahun baru di Pantai Baru sebetulnya menyalahi rencana. Awalnya saya dan suami akan mengajak anak-anak berlibur ke area wisata Gunung Merapi. Tapi ternyata anak-anak menginginkan bermain di pantai. Walhasil kami pun berbelok arah menuju pantai Baru.


Pantai Baru terletak di Ngentak, Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Saya memilih melewati jalan Bantul untuk menghindari kemacetan di jalan Parangtritis. Dari jalan Bantul saya berbelok ke arah kanan menuju Srandakan. Persis sebelum jembatan yang menghubungkan antara Bantul dan Kabupaten Kulon Progo saya belok kekiri.




[caption id="attachment_15065" align="aligncenter" width="672"]Pantai Baru Pantai Baru[/caption]

Pantai Baru sebetulnya bukanlah pantai yang baru ditemukan. Dahulu pantai ini bernama pantai Pandansimo. Marka yang menunjukkan arah menuju lokasi juga masih tertuliskan pantai Pandansimo. Dulu pantai ini terkenal dengan daerah lokalisasi. Untuk mengubah image itulah kini nama pantai ini diganti dengan nama pantai Baru.


Tepat pukul 10.00 saya sampai di pantai Baru. Tiket masuk lokasi wisata sangat murah. Cukup membayar 2.750 rupiah per orang. Sementara karcis parkir yang harus dibayarkan sebesar Rp 5.000. Lebih mahal parkirnya ketimbang tiket masuknya Qiqiqiqi


Pantai Baru berpasir hitam dan termasuk pantai yang agak curam dengan ombak yang lumayan besar. Harus ekstra hati-hati dan senantiasa diawasi jika mengajak si kecil bermain-main air. Tak jauh dari pantai terdapat 37 buah kincir angin berbagai ukuran yang berjajar rapi. Kincir ini dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga hybrid.


Meski udara saat itu panas, tapi saya bisa betah berlama-lama menikmati indahnya pantai. Setengah hari penuh saya berada di pantai ini. Pohon cemara yang ditanam di sepanjang pantai menjadi tempat yang nyaman untuk berteduh sambil menikmati deburan ombak pantai. Kebetulan saya membawa beberapa buku sebagai teman perjalanan. Di saat anak-anak dan abinya bermain air di bibir pantai, saya bisa duduk santai di atas tikar sambil membaca buku.




[caption id="attachment_15066" align="aligncenter" width="666"]Baru5 Aktivitas yang bisa dilakukan di pantai Baru[/caption]

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan selama berada di pantai Baru. Selain bermain-main air di bibir pantai, pengunjung bisa bermain layang-layang atau pun berenang di kolam renang yang berada di area wisata. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa menyewa ATV (All-terrain Vechile) untuk berkeliling pantai dengan tarif Rp.30.000 selama 15 menit.


Suasananya nyaman, makanan yang dijual juga bersahabat dengan kantong. Saya hanya mengeluarkan uang tak lebih dari Rp100.000 untuk 1/2kg udang, 1/2kg ikan tengiri, nasi, sambal dan lalapan.


Setelah kenyang dan puas bermain di pantai, kami pun segera beranjak pulang. Sayang saya tak sempat menyaksikan keindahan sunset pantai Baru karena anak-anak mulai rewel karena kecapekkan.

You Might Also Like

42 komentar

  1. Woww.. sepertinya tempatnya nyaman dan menyenangkan, plus murah kulinernya.
    Saya belum pernah ke sini selama di Jogyakarta (rumah mertua). Terimakasih referensinya, mbak Ika.

    BalasHapus
  2. Mbak Ika, cakep banget pohon-pohon di pantainya. Berasa lagi lihat pohon ala musim gugur di Korea, xixiixiii

    BalasHapus
  3. Santaaaiii di Pantaaaiiiii, sedaaaappp :))

    BalasHapus
  4. Wooo...setengah kiloan nggak samapai 100ribu, murah, Mbak. Berarti ada TPInya, ya?

    BalasHapus
  5. pantainya banyak pohon ya mbak,asik bangettt...ada atvnya pula.murah bgtt makannya^^

    BalasHapus
  6. Asyik ya mbak menikmani libur tahun baru di pantai. AKu di rumah aja :)

    BalasHapus
  7. Andaikan ada tempat sejenis di sini. Enak sepertinya di sana Mba Ika.

    BalasHapus
  8. Adu du du, senangnya bisa berlibur ke pantai.
    Tahun ini aku di rumah sajo Mba Ika.

    BalasHapus
  9. Waaaaa, mantaab setengah hari Mbak Ika. Enak banget kalo pantai ada pohon2 nya. Ini jauh dari rumah Simbok.

    BalasHapus
  10. Iya... bener banget. Pantai baru ada TPInya. Cuman kemarin lupa mampir. Keasyikan main di pantai :)

    BalasHapus
  11. Cakep dan berasa banget teduhnya :)

    BalasHapus
  12. Jadinya libur ke pantai ya mbak?
    Saya jadi kangen pantai Pelabuhan Ratu. Biasanya kalau liburan begini suka ajak keluarga ke pantai, hanya liburan tahun ini yg praktis tidak kemana-mana.
    Saya habiskan di rumah saja dengan banyak silaturahmi ke keluarga2 dekat saja.
    Pantainya indah, dan makanan disana harganya cukup terjangkau rasanya.
    Ah jadi kangen pantai...

    Salam dari saya di Sukabumi,

    BalasHapus
  13. met tahun baru mbak ika :)

    jadi laper berat nih ngebayangin makan ikannya... (maksn mulu jih yg dpikirin hahahaha

    salam
    /kayka

    BalasHapus
  14. keren pantainya,jadi pengen liburan juga nih kepantai :)

    BalasHapus
  15. Kerasa semilir angin di pantai baru nih Jeng Ika...
    Celingukan cari penampakan deretan kincir angin...catet ah...

    BalasHapus
  16. Keren, Mbak. Kayak di manaaa gitu :D

    BalasHapus
  17. Asyiknya bisa liburan ke pantai.
    Kayaknya nggak terlalu ramai ya mbak, jadi betah kalau mau berlama-lama

    BalasHapus
  18. selatan jawa memang kaya akan wisata pantai, walau baru 1-2 tempat saja yg pernah saya kunjungi. o ya, tentang kincir angin pembangkit tenaga listrik itu, apakah ini daerah bantul yg pernah saya tonton liputannya di tv sebagai desa percontohan yang mandiri listrik dengan listrik tenaga kincir angin? kalau ga salah di daerah bantuul jg. wah akan lebih keren kalau ibu bisa tambahin foto2 penampakan kincir anginnya yang terlihat dari pantai.. :-) salam kenal dari bekasi

    BalasHapus
  19. Kunbal gan http://kata-rifal.blogspot.com

    BalasHapus
  20. wahh pasti jalan-jalannya seruu ya mbak ika mantap abiss dah mbak yg satu ini....

    BalasHapus
  21. asik nya liburan di Pantai baru, jadi pengen tahun baru lagi mbak..haha

    BalasHapus
  22. baru tahu ada pantai itu di jogja gan

    BalasHapus
  23. Ranting-rantingnya bikin romantis itu pantai

    BalasHapus
  24. Oh gitu ceritanya kenapa dinamain Pantai Baru.
    Taunya di sana cuma ada Parangtritis.

    BalasHapus
  25. wah,.. kayaknya enak juga di pantai baru ini,... kapan2 mau coba ah, . . moga2 gak ada sampah yang berserakan, . . he he he

    BalasHapus
  26. keren gan bisa jadi daftar wisata kunjungan berikutnya buat ane dan keluarga

    BalasHapus
  27. Seru banget nih, di tunggu uptade artikelnya :)

    BalasHapus
  28. baru denger ada pantai baru di Bantul, kapan-kapan maenlah...kayaknya suasananya menyenangkan ki...

    BalasHapus
  29. libur tahun baru yang salah rencana...namun bisa menikmati pantai yang semuanya serba murah meriah tak apalah,
    asyik yaaa sumber listriknya menggunakan kincir anging..perlu ditiru nich pengelola wisata pantai di indonesia...
    sepertinya sama dech di makassar biaya parkir cenderung lebih besar daripada biaya masuk ke lokasi...entah kenapa yaa..
    keep happy blogging always...salam dari Makassar - Banjarbaru :-)

    BalasHapus
  30. https://tr.im/nW1HJ
    keren banget pantainya... suka sama pohon2 nya, jadi rasanya adem di pinggir pantai. gak malah panas

    BalasHapus
  31. http://goo.gl/6HnYDA

    saya malah blum pernah ke salah satu pantai di jogja... paling cm d seputaran malioboro sm prambanan aja :(

    BalasHapus
  32. sama gan..
    jadi pngn liat pantai baru di bantul..
    pasti masih bagus pemandangannya karena blm bnyk sampak yang berserakan di pantai., :)

    BalasHapus
  33. jangan sekali-kali berlibur kepantai tanpa pacar. :)

    Ayodeal

    BalasHapus
  34. sangat asik....jika liburan dipantai..tapi lebih naturaldi pegunungan nih....

    BalasHapus
  35. Having read this I thought it was very enlightening.
    I appreciate you spending some time and energy to put this article
    together. I once again find myself spending a significant amount of time both reading and leaving comments.
    But so what, it was still worthwhile!

    BalasHapus
  36. wah asik nih jalan² ke pantai baru...

    padahal jogja masih banyak lho pantai² yang ga kalah kerennya..
    coba cek deh di website JogjaDirectory.com

    siapa tau jadi bahan pertimbangan untuk berlibur kembali ^_^

    BalasHapus
  37. kapan yah bisa datang ke pantai baru...gue paling suka nih kalau liburan pasti pergi ke pantai

    BalasHapus
  38. wah info wisata-nya bermanfaat banget mbak, buat nambah referensi berlibur di pantai

    BalasHapus
  39. semoga wisatawan bisa menjaga kelestarian pantai ini :) salam

    BalasHapus