Kunci Agar Ibu Selalu Bahagia

08.32.00

Bahagia


Judul : Bahagia Ketika Ikhlas


Penulis : Rena Puspa


Penerbit : PT Elex Media Computindo


Terbit Pertama : 2014


Tebal : 182 halaman


ISBN : 978-602-02-4557-7


Harga : Rp 49.800




***


Semua wanita pasti menginginkan bisa menjadi ibu yang terbaik untuk anak-anaknya. "Namun, di balik sifat lembut dan rasa ingin menyayangi yang ada dalam naluri keibuan seorang wanita, ternyata kebanyakan kaum ibu cenderung berpotensi sering didera stres." (hal. 3) Beban pekerjaan yang tak hanya terbatas pada satu bidang dalam 24 jam setiap hari dan cenderung monoton tanpa gaji pun tak pernah ada kata libur terkadang membuat ibu merasa jenuh dan bisa menjadi pemicu stres pada ibu.


Kondisi stres yang berkepanjangan akan mengakibatkan frustasi yang bisa berujung pada tindakan agresif yang mengerikan. Beberapa tahun lalu ada sebuah kasus yang menggemparkan yaitu kasus pembunuhan yang dilakukan oleh ibu Anik Koriah terhadap ketiga anaknya. Latar belakang pendidikan si ibu yang pernah mengenyam pendidikan di salah satu universitas terbaik di Indonesia, ITB serta pemahaman agamanya yang cukup tinggi dengan berbagai organisasi keagamaan yang diikutinya membuat orang bertanya-tanya, mengapa ia tega membunuh anaknya sendiri.


Buku Bahagia Ketika Ikhlas memuat 6 bab yang berisi permasalahan mengapa ibu bisa didera stres dan solusinya agar ibu senantiasa bahagia. Pada bab 1 dan 2 penulis memaparkan hal-hal apa saja yang akan memicu stres pada ibu, baik secara hormonal maupun secara eksternal seperti saat ibu menjalani proses hamil, menyusui dan melahirkan serta hubungan ibu dengan anak dan suaminya.


"Yang harus dilakukan saat menghadapi seorang ibu yang depresi adalah dengan memahami bukan menghujaninya dengan berbagai doktrin agama apalagi nasehat yang berlebihan." (hal. 11)


Di bab 3 penulis memaparkan bahwa seorang ibu tak harus menjadi supermom. Seorang ibu haruslah menjadi ibu apa adanya yang memiliki pemahaman menyeluruh atas pilihan yang telah dipilih, apakah menjadi full time mother, working mom ataupun working at home mom dan memahami bahwasannya konsep bahagia itu seharusnya berasal dari kaca mata dirinya, bukan kaca mata orang lain.


"Kalau kita tidak bisa mengubah suatu keadaan, maka sesungguhnya kita bisa mengubah cara pandang kita terhadap keadaan itu, maka fokus saja lah dengan pilihan bahagia yang kita pikir dapat kita raih melalui anggapan dari cara pandang kita atas keadaan kita." (hal. 89)


Sementara pada bab 5 dan 6 penulis memaparkan bagaimana cara meraih bahagia dan cara meraih sukses dengan hati bahagia melalui konsep ikhlas yang benar. Penulis secara gamblang memaparkan apa sesungguhnya ikhlas mulai dari konsep ikhlas yang benar dengan tidak menafikan sejuta rasa kecewa di dalam hati, alasan mengapa keikhlasan itu harus ada, definisi ikhlas, manfaat ikhlas serta berbagai tip dan trik sederhana yang mudah diterapkan.


"Jalan bahagia dapat kita wujudkan tanpa harus menjadi seorang supermom yang tanpa cela, justru sebaliknya cukup menjadi original mom lengkap dengan segala kekurangannya namun kita percaya dengan kekuatan super milik Allah, maka keluarga sukses yang bahagia dapat kita wujudkan." (hal. 182)


Rena Puspita menuliskannya dengan bahasa yang apik dan mudah dimengerti dengan contoh-contoh riil yang menjadikan buku ini tak hanya enak dibaca, juga sangat aplikatif. Tampilan buku ini juga sangat indah dengan kutipan kalimat dibanyak halaman sebagai pengingat yang dengan mudah dipindahkan sebagai catatan.


Buku ini tak hanya wajib dibaca para ibu. Penting dibaca untuk para calon ibu sebagai bahan pembelajaran, juga para suami agar mereka mengetahui faktor penyebab stres pada istri serta solusinya.



You Might Also Like

35 komentar

  1. pengen baca bukunya juga mak, pengennnn

    BalasHapus
  2. Kayaknya emang para suami harus baca juga Mba Ika, biar bisa mengurangi stressnya para istri. Banyak denger temen cewek curhat kalo suaminya gak mau ngerti dia. Huehehehehehe...

    BalasHapus
  3. Kalau kita tidak bisa mengubah suatu keadaan, maka sesungguhnya kita bisa mengubah cara pan
    dang kita terhadap keadaan itu, kalimat tersebut saya setuju :)

    BalasHapus
  4. Kyanya harus baca buku ini deh biar ikhlas n selalu hepi menjalani peran abg ibu. Nice review mbak ;)

    BalasHapus
  5. review bukunya bertepatan dengan hari ibu :)
    ternyata ada banyak faktor yang bikin ibu menjadi stres, seperti perkerjaan rumah tangga sehari-hari
    jadi harus selalu sayang ibu nih :)

    BalasHapus
  6. Iya mbak, rugi kalau nggak beli. Bagus soalnya. Aku aja yang dah punya anak jadi mikir gegara baca buku ini. Dan tanpa aku sadari trnyata aku kerap di dera stress.

    BalasHapus
  7. Aku juga sukaa sama quotes itu mbak

    BalasHapus
  8. Yup, bener banget mbak. Biar kita selalu bahagia ^^

    BalasHapus
  9. Iya, tanpa sadar itu bisa memicu stres

    BalasHapus
  10. bener juga, buku ini ga hanya untuk perermpuan aja, pria juga harus baca nie, biar terbentuk keluarga bahagia, terima kasih sinopsisnya mbak.
    Salam kunjungan, salam perkenalan mbak Ika.

    BalasHapus
  11. Selalu perhatian uda bisa bikin beliau bahagia.. :')

    BalasHapus
  12. Jika ihlas, hidup itu sederhana koq.....buku yang bagus untuk keluarga

    BalasHapus
  13. sepertinya aku harus beli buku ini untuk belajar ikhlas yang sesungguhnya, thank untuk info dan ulasannya.
    fast diet

    BalasHapus
  14. mengisnpirasi sekali... saya blum baca bukunya :(

    BalasHapus
  15. terimakasih sudah mau berbagi, dan semoga bermanfa'at

    BalasHapus
  16. perlu dibaca para suami, calon suai juga... :)
    istri bahagia suami bahagia juga... semua bahagia...mawaddah wa rahmah

    BalasHapus
  17. perlu dibaca para suami, calon suami juga... :)
    istri bahagia suami bahagia juga... semua keluarga bahagia...mawaddah wa rahmah

    BalasHapus
  18. Hari Ibu :)
    kunjungi balik ya blog saya : https://jfananda.wordpress.com/

    BalasHapus
  19. buku yang berdidikasi tinggi,,,
    wajib di baca nii oleh kaum adam ...

    BalasHapus
  20. beberapa kali baca reviewnya jadi penasaran sama bukunya ^^

    BalasHapus
  21. aku juga penasaran nih sama bukunya, previewnya aja udah keren banget

    BalasHapus
  22. Bahagia itu tergantung cara pandang, betul banget..semoga bisa mempraktekkanya :*

    BalasHapus
  23. aku harus baca bukuya nih mbak

    BalasHapus
  24. aduuh seru nih buku nya ,OTW gramedia cawwww

    BalasHapus
  25. Dengan refreshing sebenarnya dapat mengurangi beban pikiran, tidak perlu mahal-mahal cukup olahraga bersama setiap sabtu atau ahad.

    BalasHapus
  26. Aku setuju yah. Para ibu memang gampang stress...
    Tapi belajar untuk ikhlas itu harus terus dilakukan, biar bahagia... Ah, suka....

    BalasHapus
  27. Terima kasih Jeng Ika berbagi resensi buku ini, dopping vitamin kita para ibu dalam mengelola stress, memelihara bahagia.
    Salam

    BalasHapus
  28. Artikel yang sangat bermanfaat sekali untuk dibaca.. tampilan blognya juga sangat simpel sekali..

    BalasHapus
  29. sebagian besar..ibu gampang stres..karena mengurusi keperluan rumah tangga dan juga anak..
    mantep juga nih tipsnya..makasih mbak.. :D

    BalasHapus
  30. buku yang memberi pencerahan, kita memang harus selalu berbakti pada ibu

    BalasHapus
  31. Sedih rasanya bila melihat ibu menangisn sedih atau stress. Perjuangan seorang ibu tidak bisa tergantikan oleh apapun. Like this blog. I love mom.

    BalasHapus
  32. Buku bagus nich, dan lebih bagus lagi kalau diadakan pelatihannya sehingga para ibu terutama ibu muda bisa menjalani perannya dengan lebih bahagia dan tentunya bisa berdampak positif untuk suami dan anak-anaknya.

    BalasHapus
  33. Sayang sama ibu pengorbannannya yang tiada tara mulai dari mengurus anak rumah tangga sampai kerjaan..

    BalasHapus