Gluten Free Muffin

01.09.00

Wah, nggak terasa udah pertengahan bulan. Dan... postingan saya baru 1 biji. Hiks.. Baiklah, daripada galau berkepanjangan, saya posting resep dulu ya. Kali aja setelah ini bisa aktif ngeblog lagi.


Bulan ini saya lagi rajin nyobain resep-resep non gandum alias gluten free. Coba bikin sesuatu pakai tepung lokal kayak cassava, tepung ubi, tepung ganyong, tepung labu dan tepung pisang. Salah satunya muffin ini. Rencananya hasil uji coba resep pengen saya bukukan kalau nggak mau saya kirim ke media. Doakan ya teman, mudah-mudahan bisa terwujud. Aaamiiin ;)


Walaupun muffin ini berwarna coklat, muffin tanpa diberi tambahan coklat. Awalnya saya bingung, kenapa ya muffin bisa berubah warna menjadi coklat. Kok bukan berwarna ungu.


Alhamdulillah... kegalauan saya terjawab dengan penjelasan mbak Ardiba yang kuliah di jurusan pangan. Dia bilang kalau warna ungu pada ubi ungu itu karena zat antosisanin. Nah, antosianin ini ternyata sensitif terhadap panas. Selain itu, gula pada ubi yang bercampur dengan adonan akan terkaramelisasi saat dimasak. Jadi wajar kalau warnanya jadi coklat.


Hmm, terlepas dari warna coklatnya yang menipu, muffin ini lembut banget. Anak-anak dan suami suka dan minta dibikinin lagi. Katanya enak dan lembut.


GF Muffin

Bahan-bahan:


100 gr Tepung Ubi (bisa diganti Cassava), 25 gr Tepung Maizena, 25 gr susu bubuk, 1/2 sdt Baking Powder, 1/2 sdt Kayu manis bubuk/ bumbu spekuk, 150 gr Mentega, 75 gr Gula pasir, 50 gr Gula palem, 4 butir Telur ayam, 150 gr Pisang ambon, potong kecil-kecil, 100 gr Kismis, rendam air hangat, tiriskan.


Cara Pembuatan:


Ayak tepung ubi (cassava), tepung maizena, susu bubuk, baking powder, kayu manis bubuk, sisihkan.


Kocok gula pasir, gula palem, dan mentega sampai tercampur rata. Masukkan telur satu persatu, kocok lagi sampai rata.


Masukkan ayakkan tepung kedalam kocokan gula, aduk menggunakan spatula hingga tercampur rata.


Masukkan potongan pisang dan sebagian kismis. Aduk hingga tercampur rata.


Panggang di dalam oven dengan suhu 180 Celcius hingga matang.


Sajikan muffin selagi hangat.


You Might Also Like

18 komentar

  1. Yummooo...... kayanya enyak deh tu....
    Pengen nyobain ah kapan2... ;)

    BalasHapus
  2. Wah mbak pasti enak dan sehat banget ini! Makasih udah bagi resepnya yah jadi pengen nyoba bikin juga :)

    BalasHapus
  3. di tempatku ada ga ya tepung cassava? mahal ga Mba Ika?

    BalasHapus
  4. Lebih mahal emang dari tepung gandum mbak. Di beberapa daerah emang belum ada.

    BalasHapus
  5. Oh. Pake pisang juga mak? Pisang juga bisa kontribusi warna coklat karena dy gampang teroksidasi kalo kena udara(oksigen). Pencoklatan enzimatis istilahnya.

    BalasHapus
  6. Makasih tambahan penjelasannya mak Diba ^^

    BalasHapus
  7. Andai muffinnya bisa aku comot dari layar lappy.. Hihihi :P

    BalasHapus
  8. Wew, Bu Ika pinter masak ya rupanya. Kayak ibu saya aja hehehe. Muffin ini kayak roti kukus ya penampakannya. :)

    Btw, salam kenal sebelumnya. Tamplate blognya bagus ;)

    BalasHapus
  9. Enak nih,.. pengen coba buat

    BalasHapus
  10. Yuk dicoba, gampang kan bikinnya :)

    BalasHapus
  11. Nggak pintersih, cuma bisa. Terimakasih sudah mampir :)

    BalasHapus
  12. Mantabh benwr Mba Ika. Salut deh dengan kreativitas dan keberaniannya mencoba. Banyak ternyata ya mba bahan yang bisa dijadikan alternatif.

    BalasHapus
  13. Mantap.. ibu saya suka nih sama yang beginian :D

    BalasHapus
  14. resepnya yummy banget nih, pengen praktek

    BalasHapus
  15. beuh...bikin ngiler nih baca resepnya...nanti saya mau coba bikin ah, siapa tau berhasil..
    Salam kenal.. :)

    BalasHapus
  16. akan saya coba resepnya, semoga berhasil

    BalasHapus
  17. boleh juga dicoba....
    thanks infonya...

    BalasHapus