Segarnya Puding Mangga

21.19.00

Assalamu'alaikum...


Musim mangga sudah hampir berakhir, saya baru kepikiran mau bikin sesuatu berbahan mangga. Tadinya pengen bikin bolu kukus mangga. Resepnya sudah lama ada di draf. Tapi berhubung males akutnya lagi kumat, saya akhirnya memutuskan membuat puding yang relatif lebih mudah dan anti gagal. Bahan-bahannya pun lebih gampang dicari dan nggak perlu ke TBK yang ada di kota. Ke warung sebelah juga sudah nemu semua bahan yang dibutuhkan.


Kemalasan saya mencoba resep baru salah satunya karena saya gagal move on dari si mirrorless. *ngeles* Dodol pakai kamera DSLR bikin saya bete akut. Sebenernya hampir sama sih tombol-tombol antara mirrorless sama Canon 70d yang baru saya beli. Hampir ya, nggak sama-sama banget. Celakanya, dulu waktu pakai si mirror saya tuh keenakkan pakai mode Auto. Jadi tinggal pilih angle yang cocok trus cekrek, selesai. Sementara menurut saya, kalau pakai DSLR tuh lebih kece hasilnya kalau nggak pakai mode Auto. Hasilnya lebih dramatis gitu deh. Jadilah sekarang saya harus sering-sering memamah istilah ISO, Aperture, Shutter Speed yang bikin pening kepala :D


Balik lagi ngomongin puding mangga, terlepas dari fotonya yang kurang cantik, puding mangga ini seger banget. Apalagi dimakan pas siang hari setelah si puding dimasukkan dalam kulkas. Karena puding ini dicampur tepung beras, jadi rasanya hampir mirip bubur tapi teksturnya nggak lembek karena dicampur agar-agar.


PudingMangga


Bahan-bahan:
100 gr mangga, potong kecil lalu di blender
1 bungkus agar-agar warna putih
60 gr tepung beras, dicairkan
80 gr gula pasir (boleh ditambah/dikurangi sesuai selera)
150 ml susu cair (saya pakai susu kedelai)
150 ml air


Cara pembuatan:
Didihkan air, lalu masukkan gula, agar-agar dan tepung beras yang sudah dicairkan, aduk-aduk hingga mendidih, angkat.
Masukkan mangga yang sudah dihaluskan dan susu cair kedalam agar-agar, aduk rata. Setelah semua tercampur rata, tuang dalam cetakan puding. Tunggu sampai dingin dan mengeras. Sajikan.

You Might Also Like

36 komentar

  1. mak... saya baru deh nemu resep puding mangga yg pke agar2 tpi pake tepung beras juga,enak nih varian baru,asyikkk ah siap dicoba,mumpung dipasar msh byk mangga :D

    BalasHapus
  2. Udara di Ponorogo sangat panas sekarang. Enaknya minum puding mangga tuuu........... :v

    *ngilerrr

    BalasHapus
  3. Pudingnya cantek koq mak Ika apalagi kalau dibuatin untuk Al :D

    BalasHapus
  4. Tempatku kok belum musim mangga ya?
    Gitu aja dah cakeep fotonya..hihihi, saya juga kalo dah baca masalah iso, apperture dan shutter speed mumet.
    Masih gagal jadi fotografer sayaa

    BalasHapus
  5. Selamat mencoba ya mba Aira ^^

    BalasHapus
  6. Kamera baru nih Mba. Hihihihi. Puding mangganya terlihat menggoda. Cakep kok mba hasil potonya. :D

    BalasHapus
  7. Huaaaaa seger bangettt iniiii

    BalasHapus
  8. Sebenernya nggak baru-baru amat sih. Udah sebulanan belinya. Tapi dasarnya saya dodol plus males belajar jadi deh itu kamera nggak kepegang.

    BalasHapus
  9. Kalau echa yang bikin pasti lebih joss lagi

    BalasHapus
  10. warna mangganya jadi hilang ya mbak, tapi kalau lembut pasti aku suka pudignya

    BalasHapus
  11. wah, sepertinya mudah, coba ah

    BalasHapus
  12. Aku pemales Mbak, jadi ya seringnya makan gitu aja. Hahah.. :D

    BalasHapus
  13. Waaa... mau dong. seger tuh....

    BalasHapus
  14. yang penting rasanya enak, Mak :)

    BalasHapus
  15. kalo kataku sih fotonya udah keren mbak... :)
    Btw seger bgt liat pudingnya...

    BalasHapus
  16. cie kamera baru hihihi...

    oh pake tepung beras yah,, blum pernah nyoba :D

    BalasHapus
  17. Resep mangga dan agar-agar yang boleh dicoba nih,
    sebelumnya ga kepikir nyampur agar dengan tepung beras,
    kebayang rasanya, makasih tipsnya Mak.

    BalasHapus
  18. asik ada varian baru puding mangga dgn tep beras, inovatif dan penasaran rasany kyk apa, masuk list resep yg kudu dicoba, makasih sharing nya mbak

    BalasHapus
  19. aarkkkk seger sekaliii pudingnya...eh baru tau kl pake tepung beras,asik kpn2 coba ah.eciyee kamera baru..pinjemmmm hihi

    BalasHapus
  20. Seger sekali sih kelihatannnya mbaaaa...
    mana di Bandung lagi gerah gini, cocok banget tuuuh :)

    BalasHapus
  21. Waduuh..kayaknya enak nih, mbak Puding manggannya.
    besok nyoba ah klo ada mangganya,

    BalasHapus
  22. Makin yahuud hasil jepretannya. :)

    BalasHapus
  23. Owh? Pake tepung beras ya mbak Ika? nanti cobain ah.
    Dan iya, pake SLR itu ribet coz terpaksa harus 'pinter' ngatur semuamua apalah itu ya mbak hihihihi...meski kadang saya pasrah aja tetep lgsg cekrek ajah *nyengir*

    BalasHapus
  24. Waaaa varian baru resep mangga ni, perlu dicoba ni sebelum nyesel..hee

    BalasHapus
  25. kalo pake tepung beras itu rasanya seperti hunkuwe ga bu? kalo gak pake tepung beras tetep bagus gak ya?
    hehehe

    BalasHapus
  26. Hampir mirip tapi tidak selembek hunkuwe mbak. Kalau agernya ditambah setengah bungkus lagi mungkin lebih padet. Selamat mencoba ^^

    BalasHapus
  27. Ogitu ya.. sipp makasi mak udah d share :) mumpung musim mangga nih hee

    BalasHapus
  28. Waah seger nih.. Aku contek ya mba :))

    BalasHapus
  29. kemecer Jeng Ika....mumpung musim mangga nih. Saya kadang makan mangga bareng ketan aja Jeng.
    Salam

    BalasHapus
  30. wah kayak nya boleh tuh seger banget,simple lagi bikin nya..

    BalasHapus
  31. segar sekali ,, jadi kepengen bikin sendiri dirumah, gampang pula bikinnya, terimakasih info nya

    BalasHapus