Tas Djogja Online Shop

14.44.00

Kalau boleh jujur, sebenernya sudah lama banget saya pengen punya online shop. Lihat tuh di navibar sudah terpasang tulisan TAS DJOGJA yang rencananya jadi ajang pamer OL shop saya. Tulisan itu sudah lama banget lho nangkring disitu. Sayangnya sampai sekarang belum saya eksekusi juga. Sudah 6 bulan ini hanya berisi tulisan "Maaf, laman OL Shop sedang saya persiapkan. Tunggu tanggal mainnya, ya" :(


Rencananya OL shop saya akan menjual aneka tas buatan Jogja seperti Gendhis, Dowa, Gotosovie dan masih banyak lagi. Kebetulan di Jogja memang banyak produsen tas yang kualitasnya nggak kalah dengan tas-tas ekspor. Selain itu, artikel Berkunjung ke Outlet DOWA di blog ini selalu dikunjungi minimal 50 viewer perharinya. Saya pikir ini potensi pasar yang harus saya garap. Lalu, apa yang menghambat toko online saya?


Yap, berikan saya kesempatan untuk beralasan :D Permasalahan pertama adalah saya tidak tahu bagaimana cara memasarkan toko online saya nantinya. Jujur, saya nggak ngerti blas apa itu SEO. Nggak tahu bagaimana caranya supaya OL Shop saya bisa nangkring di halaman muka search engine-nya google. Segitu pentingnya, kah? Lha iya. Gimana lapak mau laris kalau outletnya berada tersembunyi dilembar entah keberapa. Cara gampangnya sih pakai jasa SEO. Cuman saya kok ya masih sayang buat bayar SEO. Modal untuk buka usaha saya kan mefet.


Alasan kedua, mahalnya membuat desain blog yang terlihat elegan dan profesional. Kebetulan tas yang mau saya jual memang untuk mereka yang berada di strata sosial menengah keatas. Jadi, menurut saya, penting banget membuat web yang terlihat elegan dan profesional. Masalahnya template premium itu nggak murah. Kalau mau pakai jasa web desainer yang bagus itu juga bayarnya lumayan mahal.


Nah, kebetulan banget hari sabtu kemarin saya berkesempatan mengikuti seminar Wirausaha Perempuan Berdaya Saing Tinggi yang diadakan oleh penerbit Stilleto dalam rangka louncing buku Toko Online yang ditulis Carolina Ratri. Setelah mengikuti acara seminar ini saya seperti mendapatkan momentum. Sampai akhirnya saya punya tekad untuk memulai OL shop bulan ini juga!




[caption id="attachment_13894" align="aligncenter" width="458"]Stiletto Pemateri seminar doc. pribadi[/caption]

Setali tiga uang, begitu saya menyebut seminar Wirausaha Perempuan Berdaya Saing Tinggi yang saya ikuti kemarin. Satu acara dapat 3 manfaat. Motivasi, pengelolaan keuangan dan cara berbisnis online.


Ferry Yuliana, lulusan dokter gigi UGM yang lebih memilih passion-nya untuk menggeluti bisnis natural bag ini merupakan sosok yang tak asing buat saya. Sebelumnya, saya pernah mengikuti seminar dengan owner Gendhis Bag ini sebagai salah satu pembicaranya. Selalu saja ada motivasi yang meletup-letup pasca mengikuti seminarnya mbak Ferry. Pembawaannya yang terbuka serta kesenangannya berbagi pengalaman selama malang melintang di bisnis yang ia geluti membuat siapapun yang mendengarkan penjelasannya terpapar semangatnya.


Pembicara kedua yaitu Herlina P Dewi, owner Stilleto Book, penerbit yang khusus menerbitkan naskah-naskah fiksi maupun nonfiksi yang berkaitan dengan dunia perempuan. Namun, dalam seminar kemarin Herlina P Dewi yang akrab dipanggil Dewi ini bukan mengisi tentang bagaimana cara menerbitkan buku di Stilleto, tetapi menjelaskan bagaimana pengelolaan keuangan sebuah usaha, baik online maupun offline. Dunia penggelolaan keuangan ternyata lekat di diri Dewi. Sebelum mendirikan Stilleto Book, Dewi pernah menjadi manajer keuangan di sebuah perusahaan yang cukup bonafid. Tak heran apa yang mbak Dewi sampaikan sangat aplikatif.


Setelah mendapatkan motivasi dari mbak Ferry dan cara pengelolaan keuangan dari mbak Dewi, pembicara selanjutnya adalah Carolina Ratri, penulis buku Toko Online. Penulis yang akrab disapa Carra ini memaparkan seluk beluk bisnis online mulai persiapan hingga penggelolaannya. Sayangnya, suara mak Carra yang serak-serak sember :D karena baru sembuh dari sakit tenggorokan sedikit mengganggu konsentrasi karena kadang suaranya nyaris tak terdengar. Alhamdulillahnya saya mendapatkan goodie bag yang berisi buku Toko Online. Jadi, bisa saya baca-baca dan pelajari di rumah.


Sekilas tentang buku Toko Online, buku ini berisikan langkah-langkah membangun toko online mulai dari mengenal pernak pernik toko online, membuat dan mempercantik tampilan web, meningkatkan kunjungan ke toko online kita, memanfaatkan media sosial sebagai alat promosi, menjaring pelanggan melalui pelayanan yang prima dan lain sebagainya.


Saya suka dengan cara mak Carra mengulas seluk beluk bisnis online di buku ini. Bahasanya mudah dicerna, step-step-nya pun mudah dipahami. Misalnya bagaimana membuat logo di pembahasan Branding Toko Online (hal. 27). Di subbab ini dijelaskan bagaimana cara membuat logo yang simpel dan menarik plus gratisan :D Selain itu ada banyak kiat-kiat lain yang dipaparkan penulis yang sayang dilewatkan. Penting banget buat para pemula online shop seperti saya.


You Might Also Like

37 komentar

  1. wahh ada lomba lagi hehe sukses ya mbak Ika smga menang dah dan bisnis lancar bisa bagi-bagi ke saya rejekinya hehehe ^-^

    BalasHapus
  2. Bisnis OLshop ini sebenarnya menggiurkan.
    Namun demikian kecermatan dan kehati-hatian harus tetap diperhatikan
    Maklum di antara banyak orang baik ada yang yang tidak baik
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  3. saya pernah setahun jualan online shop brg handmade,keteteran karena saya handel sendiri tp diawal tahun kedua stop karena ada tawaran ngajar hehehe....niat bisnis belum 100% nih saya hehe

    BalasHapus
  4. GUtlak ya mak GA nya, hemmmm....aku sudah pindah haluan bisnisnya. Sempat buka OL shop tapi bkn passion kayanya. *_*

    BalasHapus
  5. waah. semangat mak mulai membangun tas Djogja online shopnyaa.. semoga laris manis yaa ^^

    BalasHapus
  6. Wah.. Aku mau cari bukunya jugak ah, Mbak.. Keknya isinya daging semua tuh ^^

    BalasHapus
  7. Semoga lancar dan bisa tereksekusi bulan ini juga Mbak Ika. Sukses juga buat GAnya..

    BalasHapus
  8. Daku makin semangat ber-OL shop setelah baca postingan ini... Good luck yaa.,...

    BalasHapus
  9. Saya pernah mendapatkan hadiah buku seperti itu dari Pak Mars, hanya saja saampai sekarang belum saya terapkan . Pafdahal, isinya sangat bagus.
    Semoga Mbak Ika segera bisa mewujudkan membuat toko OL sehingga bisa menyelaraskan antara usaha yang saat ini ditekuni dengan usaha OL

    BalasHapus
  10. tulisannya udah jadi aja nih mak... udah punya bukunya pulak... sukses ya...

    BalasHapus
  11. Ada lomba baru ya, coba ikutan ah.. hehehe

    BalasHapus
  12. Aaamiiiin, makasih pak Pakies. Mudah-mudahan suatu hari kita bisa bekerjasama ya pak :D

    BalasHapus
  13. Asyiiik, ikutan lomba lagi nih, Mbak Ika :lol:
    Semoga sukses, deh!
    Liputanku belum kelar je :( Tunggu ya

    BalasHapus
  14. saya juga dulu pernah buka ol shop mak...tapi akhirnya mandeg...hihihi entahlah..banyak faktor. baca ini, jadi pingin lagi buka olshop. sukses ga nya mak...:-)

    BalasHapus
  15. Kayaknya enak ya mba jualan online he he kalo aku konsumen online nya aja deh he he,,

    BalasHapus
  16. Semoga cepat buka toko online nya mak dan lancar semuanya ya :)

    BalasHapus
  17. sepertinya buku itu bener2 saya butuhkan hehehe.. sukses ya mba dgn toko online nya

    BalasHapus
  18. wuihhh, wes go ublish neh. Sukses ya MBak...
    Bukunya baru ta baca beberapa bagian, aseli keren isinya. JAdi pengen punya toko OL deh

    BalasHapus
  19. selamat mak Ika... :)
    semangat dengan toko onlinenya, semoga lancar apa yang direncanakan.

    oiya, saya juga penjual online eh maksudnya punya toko online... harapannya dulu pingin jualannya online aja, tapi ternyata ada saja yang pingin dateng langsung, milih langsung... akhirnya jalan online dan offline.. meski kecil-kecilan... tidak menolak pembeli yg niat :)

    oiya sukses lombanya ya :)

    BalasHapus
  20. Aku dulu pernah punya toko online ... lumayan sih padahal gak keurus sampai akhirnya tutup karena bener-bener gak punya waktu buat ngurus

    Thanks sharingnya ya mak :)

    BalasHapus
  21. Nunggu tas onlinenya Mak Ika....#sambil kibas2jilbab

    Sukses GA nya yoooo the first entry...kereeennn !

    BalasHapus
  22. seru dech mbak mbaca tulisannya. Jadi pingin juga bikin toko online
    Makasih atas tulisan yang menginspirasi

    BalasHapus
  23. Semoga sukses OL shopnya ya, Mbak :)

    BalasHapus
  24. sukses selalu menyertai ibu

    BalasHapus
  25. sukses selalu OL Shop nya, salam perkenalan, jika ada waktu mampir ketempat saya ya ^_^

    BalasHapus
  26. Ntar jadi kompetitornya mbak Ferry nih tas Jogjanya heheheee

    BalasHapus
  27. Mbak Ika, semoga sukses di kontes ini maupun dalam bisnis online nya yaa.... *penasaran dg tas2 ituu.... :)

    BalasHapus
  28. Wow great, Mbak Ika ....

    Moga sukses toko online dan lombanya ya :)

    BalasHapus
  29. Woww..keren mba, dtunggu debut tas Djogja. Sukses yaa bisnis onlinenya, semoga lantjar djaya dan barokah ;)

    BalasHapus
  30. Piss.. temenan aja mak Lusi. Nggak mau saingan :P

    BalasHapus
  31. sama mbak, gw juga udah lamaaa bgt kepengen punya toko online tapi kok ya gak juga di eksekusi karena berbagai alasan.
    semoga mbak ika cepet buka OL Shop nya terus sukses ya, yah sapa tau nanti gw ketularan

    BalasHapus
  32. saya baru akan merintis neh toko online, dalam tahap persiapan, mudah2an bisa terwujud juga, jadi penasaran ama bukunya, makanya nyoba juga lombanya kali aja dapet he

    BalasHapus
  33. Peserta pertamaaaaa...
    :-*

    Terima kasih udah ikutannnn...

    *kemudian inget sama PR dari Mak Ika* *brb*
    X)))

    BalasHapus
  34. Goodluck mba! Kalo udah di launch jangan lupa woro-woro yah :)

    BalasHapus
  35. hai mbak Ika, lam kenal. Gak usah ragu mbak. Kalau emang udah ada passionnya kenapa gak dicoba aja. kita gak akan pernah tau kalau kita tidak pernah berani mencobanya. Toh saat ini banyak sekali tutorial mengenai cara berjualan online. Apalagi udah punya bekel tuh buku dari mbak Carra. Tentang bagaimana membuat toko onlinenya gak usah dipikir. Sekarang juga udah banyak banget jasa toko online yang murah tapi berkualitas. Untuk SEO, gak usah diambil pusing. Yang penting mbak Ika konsisten aja ngejalaninnya. Kalau masih ngerasa kurang bekel ilmunya, kebetulan aku juga buat buku tentang dasar-dasar sukses berjualan online. Kalau berminat aku kirimin deh. GRATIS. inbox aja yach ke email aku. Sukses selalu...

    BalasHapus
  36. Saya juga pengen jualan online, tapi masih terkendala masalah modal . hehe. Oh iya mbak kalau mau cek ongkos kirim bisa mampir di situs saya (sekalian promosi disini)

    BalasHapus