Menikmati Sensasi Manuk Londo di Cupuwatu Resto

00.20.00

Berwisata ke kota Jogja rasanya nggak afdol kalau nggak mencoba kuliner Jogja. Salah satu restoran di Yogyakarta yang nggak boleh dilewatkan yaitu Cupuwatu Resto. Pokoknya recommended banget. Nagih, sekali coba pasti pengen lagi!


Resto dua lantai ini letaknya tak jauh dari 3 situs heritage kebanggan warga Jogja, yakni Candi Prambanan, Candi Kalasan dan Candi Boko. Sekitar 3 km dari Candi Prambanan.


SAMSUNG CSC


Cupuwatu menyediakan olahan spesial berbahan MALON alias manuk londo (burung bule). What's? Berarti burungnya diimpor dari luar negeri dong? Bukan, MALON 100% produk dalam negeri. Jadi, burung yang digunakan memang aslinya dari Perancis. Namanya Franch Quail. Nah, burung ini lalu dikembangbiakkan di Yogyakarta oleh PT. Peksi Gunaraharja yang masih satu group sama PT. Cupuwatu Kaya Rasa atau Cupuwatu Resto.


Tak hanya karena alasan burung yang diolah berasal dari Perancis saja yang membuat MALON begitu spesial. MALON yang diolah Cupuwatu Resto juga memiliki kualitas yang tak diragukan. Seluruh proses pengembangan MALON dilakukan sendiri dengan baik, mulai dari pengembangbiakan, penetasan, telur, pakan, pemotongan, hingga pengolahan menjadi menu-menu yang sangat lezat. Berdasarkan hasil penelitian Laboratorium Pangan Hasil Ternak, Fakultas Peternakan UGM kandungan Protein pada MALON jauh lebih tinggi dibandingkan Protein pada bebek. Selain itu, kandungan kolesterol MALON lebih rendah dibandingkan bebek.


Cupuwatu


Dari tadi ngomongin MALON terus, kapan makannya? Tenang, kita kan perlu tahu gizi dari makanan yang akan kita makan. Juga perlu diperhatikaan, apakah makanan yang kita makan benar-benar aman untuk kesehatan kita. Jangan sampai setelah makan timbul berbagai keluhan. Sebab, sudah menjadi rahasia umum kalau sebagian orang harus mengurangi bahkan menghindari olahan berbahan unggas karena beberapa unggas mengandung kadar kolesterol tinggi.


Khusus unggas yang satu ini, Anda tak perlu khawatir, karena dari penelitian yang sudah saya sebutkan diatas, MALON aman dikonsumsi siapa saja karena rendah kolesterol. So, bagi yang punya masalah dengan kolesterol, nggak usah ragu untuk mencicipi menu-menu berbahan MALON di Cupuwatu Resto. Selain rendah kolesterol, MALON juga kaya Protein. Pokoknya libas habis deh :D


Menu CupuwatuMalon yang sudah saya ceritakan panjang lebar tadi diolah menjadi beberapa varian masakan. Beberapa varian menu yang terbuat dari Malon ini diantaranya, Malon BBQ, Malon a la Peking, Malon Bumbu Kuning, Malon Bakar Klaten, Malon Halilintar, Mie Malon, Nasi Kebuli Malon, Gudeg Malon dan Gudeg Kendil Malon. Dari semua menu tersebut, Malon BBQ, Malon a la Peking, dan Malon Bumbu Kuning menjadi menu favorit pengunjung Cupuwatu Resto.


Kalau suka dengan masakan gurih dengan santan kental, Malon Bakar Klaten bisa jadi pilihan. Sementara kalau mau coba menu yang memiliki cita rasa kuliner khas Yogyakarta, Gudeg Kendil Malon dan Gudeg Malon bisa menjadi salah satu alternatif pilihan menu. Dan buat yang suka sama yang "hot" menu yang bisa dipilih adalah Malon Halilintar yang pedesnya nendang banget. Oya, yang kangen sego wiwit di Cupuwatu Resto juga ada menu Sego Wiwit dengan MALON sebagai ingkungnya.


Selfie1


Menu yang saya pesan kali ini adalah MALON a la Peking. Saya pilih menu ini karena penasaran seperti apa sih sebenernya rasa bebek Peking. Nah, dari pada nggak kesampaian nyobain bebek Peking, makanya saya coba MALON a la Peking yang masih berbau Peking juga :D


Malon a la Peking pilihan saya pas banget dilidah saya yang suka masakan bercita rasa gurih. Dagingnya empuk dan lembut. Tak perlu waktu lama mengunyah. Sementara bumbunya menyerap sampai tulangnya. Pokoknya nendang banget. Oya, Malon a la Peking disajikan dengan 2 jenis saos cocolan yakni saos ngohyang dan saos bangkok.


***



Cupuwatu Resto

Komplek Grand Cupuwatu, Jl. Solo km. 11,8 Kalasan, Yogyakarta, Telepon: (0274) 4469261, 4469262


Open : 10.00 WIB-22.00 WIB


Web: www.CupuwatuResto.com


Tulisan ini diikutsertakan dalam Blog Writing Competition “Manuk Londo & Cupuwatu Resto” bekerjasama dengan Komunitas Blogger Jogja.


Event-lomba-blog-writing-competition-600x641

You Might Also Like

45 komentar

  1. Saya pernah lewat restoran ini kemaren cuma ga mamoir. Penasaran waktu baca malon -manuk londonya. Sukses ya Mba Ika.:-)

    BalasHapus
  2. Penasaran juga sama bumbu Peking gituam mak tapi kalau pas hamil gini males anhe-aneh jadi pesen bumbu klaten aja :D

    BalasHapus
  3. wah, pagi-pagi ke sini udah disodorin menu baru....

    haduuuuh.... lapar

    BalasHapus
  4. Penasaran pengen mampir juga ah kalo pas ke Yogya...
    BTW harganya berkisar berapa mbak?

    BalasHapus
  5. Wow ini utk kompetisi ya Mbak? Keren ih...
    BTW jadi ikut penasaran dan pengen juga nyicipin :)

    BalasHapus
  6. Wah, lomba to Mak? sukses yo..aku mung iso kepengin doang..

    BalasHapus
  7. Wah... kirain yang masak orang londo... heheheh
    patut dicoba nihhhh ...

    BalasHapus
  8. semoga diperjalankan ke sana.... ketoke enak... :D

    BalasHapus
  9. Selfie pasti.Tapi nggak aku upload dimari Beb :)

    BalasHapus
  10. Ini lomba harus posting ditempat. Duh, bener-bener keteter :)

    BalasHapus
  11. kirain melon,ternyata beda jauh ya mbk hehe...sama,kok saya jadi penasaran sama malon peking ya,biasanya kan bebek....oke catet dulu restonya, ingat cupu ingat cupuwatu :D

    BalasHapus
  12. salah satu yg bikin ane tericih icih dengan kuliner jogja adalah lezatnya Manuk Londo di Cupuwatu Resto Malon alias manuk londo itu burung puyuh perancis yg ditangkar di JOGJA, mantep bener !

    BalasHapus
  13. Wahh keren" ikutan acara ini y mbak kemarin mantap dah hehe seru ya dan enak kayaknya bisa makan" gratis lagi hahaha

    BalasHapus
  14. Ya jelas dong. mbakyumu ini kan doyan yang heratisan :P

    BalasHapus
  15. Sama dengan burung puyuh ?

    BalasHapus
  16. Duh, Malon itu kok ternyata bikin ngiler yah mbaaa...
    kok mirip burung dara gitu yah mba?

    BalasHapus
  17. Iya, tapi ini lebih gedhe. maklum punya londo kan katanya gedhe2 tuh. Burung puyuhnya maksudnya ya :D

    BalasHapus
  18. Wiiiih...keren iki le mengulas, fotonya juga ajib banget ! manang kayane iki !

    Aku gak ikut..takut di jitak bojo bolak balik dolan ke Jogja hihihihi #gelo jane hahaha

    BalasHapus
  19. Pernah lewat ajah..
    belom kesana.
    nunggu diajakin mak ika :P

    BalasHapus
  20. Restoran di Yogyakarta ? ya cuma di sini. Malonnya enak, es telernya seger. Ngga diragukan lagi, Cupuwatu Resto Tempat Kuliner Khas Jogja pokokmen. Tempat kuliner di jogja yang mana yang hendak kau dustakan?

    BalasHapus
  21. Pernah ngerasain Restoran di Yogyakarta, tapi nikmatnya malon di Cupuwatu Resto Tempat Kuliner Khas Jogja , jos banget.Ngga ada tempat kuliner di jogja yang dahsyat selain di tempat ini.

    BalasHapus
  22. Mbak ika, diam-diam menghayutkan deh. Jangan lupa pucernya. Eman tenan kalo hangus... :)

    BalasHapus
  23. Iya, makasih sudah mengingatkan pak :)

    BalasHapus
  24. Ayuk mak, ke Jogja lagi. Ntar kita jajan di mari ^^

    BalasHapus
  25. hayo sapa yg mw ksana lgi. Ngajak saya jg boleh

    BalasHapus
  26. Duh.. enaknya... kapan ya lewat jl. Solo. Minginin nih kalo denger iwak burung pastinya guriiiih. Apalagi burung impor meski nenrk moyangnya aja yg diimpor. Siip bu Ika. Thx ulasan kulinernya, moga menang jg writing competitionnya. :)

    BalasHapus
  27. Aaamiiin, matur suwon mas Heru. Kalau mau kesana ajak saya ya :D

    BalasHapus
  28. bikin ngiler, harus ke jogja dulu ya :(

    BalasHapus
  29. Kelihatannya enak2 ya menunya :D

    BalasHapus
  30. mbakyuku siji iki sregep tenan le nulis... enak nih ya mba tampaknya, foto2mu bikin perutku kruyuk2 langsung :)

    BalasHapus
  31. pengen coba yang halilintar, tp sayang sdh habis :D

    BalasHapus
  32. Malon lagi trending topic banget nih... Pengiiinnnn.... Ayo2 blogger suroboyo ayo nglurug Jogja, demi malon yang leziiissss banget. Good luck ya mak Ika.

    BalasHapus
  33. Ikut ngiler dari jauh saja, Mbak Ika. Suasana resto nya terlihat sangat menyenangkan. Kalau ditambah makanannya enak, duh, pasti banyak yang akan mampir yah :)

    BalasHapus
  34. Masuk "catatan" lagi nih rekomendasi Mba Ika :-) Cuma yang jadi masalah kapan lagi bisa ke Jogja :mrgreen: Mudah2an dalam waktu deket ya...amiin.

    BalasHapus
  35. saya pernah liat restorant ini, tapi gak mampir. kayaknya asik juga, tapi namanya lucu ya. cupu ! hhi

    salam kenal mbak

    BalasHapus
  36. selama ini sy gak suka menu burung. Belum pernah nemu yang empuk. Tapi, kalau memang manuk londo itu empuk jadi pengen juga. Karena pada dasarnya, saya kan suka makan :D

    BalasHapus
  37. wah, kapan2 boleh nih mampir kesini kalo ke Jogja.. harganya bersahabat juga, kah?

    BalasHapus
  38. Burung asal perancis diolah dengan resep khas nusantara? Kalau orang pecancis doyan gak ya setelah dibumbui a la Indonesia?

    BalasHapus
  39. Wah, kemaren PKL di jogja 3 bulan cuma lewat di depannya, nggak mampir (walaupun penasaran sama manuk londo). Hahaha, kapan-kapan mampir ah kesana. Btwm revienya unik, thanks banget yaa :))

    BalasHapus
  40. selamat mbak. reviewnya keren dan layak jadi juara.

    #kenapa susah ya kalau komen di WP? hiks, gagal mulu

    BalasHapus
  41. Di restoran ini tersedia banyak menu dari malon, boleh juga tuh ..
    Selamat menikmati :)

    BalasHapus
  42. Nyam nyam...enaknyaa mbaaak... Pas pula bacanya lagi waktu maksi. Laapaaar

    BalasHapus
  43. saya penasaran sama malo halilintar :D

    BalasHapus
  44. memang ada apa sih di kota jogja musim dingin seperti sekarang ini ya gan,, makasih gan atas semua pemberituan gan,

    BalasHapus