Happy Eid Mubarok

02.26.00

Setelah 3 tahun nggak bisa mudik karena berbagai hal, Alhamdulillah tahun ini saya dan keluarga bisa mudik ke Blitar. Mudik kali ini juga agak spesial karena saya tinggal lebih lama di Blitar daripada biasanya. Kalau biasanya hanya 2 hari di Blitar, kali ini saya berada di Blitar selama 5 hari. Sengaja agak lama biar puas jalan-jalan dan bisa silaturahiim ke semua saudara. Oya, sebelum cerita banyak, saya pengen ucapin,



Happy Eid Mubarak 1435 H

Taqobalallahu minna wa minkum,

Mohon maaf lahir dan batin.

Masjid Agung


Beda dengan tradisi di Jogja yang melaksanakan shalat Ied di lapangan, di Blitar kebanyakan warga melaksanakan shalat Ied di masjid atau mushala terdekat. Saya sebenernya lebih senang shalat Ied di lapangan daripada di masjid atau mushala. Rasanya lebih semarak karena yang dateng buat shalat Ied lebih banyak. Bisa lihat balon-balon beterbangan di langit juga.


Lebaran tahun sebelumnya saya shalat di mushala dekat rumah mertua. Lebaran kali ini saya memutuskan untuk shalat Ied di lapangan kota Blitar. Lumayan jauh juga sebenernya dari rumah mertua. Berhubung pengen merasakan suasana lebaran yang berbeda, dijabanin juga walaupun jauh.


Berangkat dari rumah pukul 05.30. Tampak mendung hitam di langit. Namun, mendung yang menggelayut tak menyurutkan niat kami untuk shalat Ied di lapangan. Alhamdulillah, sesampainya di lapangan mendung berlalu hingga kami bisa melaksanakan shalat Ied dengan khusuk.


Idul Fitri copy


Selesai shalat Ied agendanya silaturahiim ke tempat saudara. Seharian sampai maghrib muter-muter kota Blitar buat silaturahiim. Kebayang, dong gimana capeknya menyambangi rumah ke rumah. Walaupun capek tapi hati rasanya seneng karena bisa bertemu dengan saudara. Dan, yang paling bersemangat silaturahiim kali ini adalah anak-anak. Mereka mengantongi uang lumayan banyak hasil dari salam tempel dari rumah ke rumah.


 

You Might Also Like

7 komentar

  1. Sugeng Riyadi, mohon maaf atas segala khilaf ya Jeng Ika
    Indahnya kekerabatan, menanti kelanjutan postingan lebaran di Blitar.
    Salam

    BalasHapus
  2. Salat Id di tempat saya juga di musala/masjid. Selamat Lebaran, ya, Mbak. Mohon maaf lahir dan batin.

    BalasHapus
  3. Mbak Ika, Selamat Hari raya Idul Fitri. Maaf telat. Mohon maaf lahir bathin ya Mbak Ika..

    BalasHapus
  4. Selamat Idul Fitri ya Mbak...
    Mohon dimaafkan atas semua salah dan khilaf..
    Berlebaran bersama keluarga besar selalu menyenangkan ya Mbak.. Tahun ini saya tidak mudik, cukup menikmati lebaran di Jogja aja.. :)

    BalasHapus
  5. Mba Ika, mohon maaf lahir dan batin, yaa. :)
    Citunggu cerita Blitarnya, :D

    BalasHapus
  6. alhamdulillah, kemarin kita bisa silaturahim dengan segala keterbatasannya. Mohon maaf lahir dan batin nggih Mbak. Salam untuk keluarga di Bantul

    BalasHapus
  7. saya jadi pengen ke Blitar lagi. Kangen pecelnya :)

    BalasHapus