Sweet Strawberry Lassi

20.27.00

Awal mengetahui dessert  yang satu ini saat kopdar bareng mak Indah Nuria sama mbak Lieshadi di Malioboro suatu petang.


Terprovokasi mak Indah yang bilang kalau Lassi enak banget, saya pun memesan Lassi mangga. Pas si Lassi masuk mulut, reaksi saya langsung panik. Spontan terucap,"Ni rasanya kok nggak enak bener ya, Mak. Apa mangganya udah busuk."


Dengan spontan pula mak Indah berujar,"Masak, sih. Sini aku coba."


Setelah mak Indah mencicipi, apa coba komentar mak Indah?


"Rasa Lassi emang seperti ini, Mak. Asem-asem gimana gitu."


Dueng... sukses malu dong eyke. Keliatan kampungan bingit. Hahahaha :D


Lupakan rasa malu saya, mending yuk uprek-uprek dapur buat balas dendam kita bikin Lassi yang manis dan enyak.


SAMSUNG CSC


Lassi adalah minuman yang sangat populer di India dan Pakistan. Lassi biasanya dikonsumsi sebagai dessert ringan saat musim panas.


Lassi aslinya memiliki cita rasa perpaduan asin dan asam. Lassi yang asin (salted lassi/savoury lassi) biasanya campuran yogurt dengan air atau susu cair yang dicampur pula dengan berbagai bumbu. Bumbu yang ditambahkan sesuai selera ataupun tradisi mereka. Biasanya sih kapulaga dan garam atau hanya dicampur dengan daun mint.


Tak jarang dijumpai pula Lassi dengan bumbu komplit yang berisi jinten, daun kari, daun ketumbar (coreander leaves), lada atau cabe hijau. Kalau yang komplit begini biasanya disebut Masalla Lassi.


Ngebayangin bumbu yang ditambahkan, kayaknya saya nggak mau coba masalla lassi. Kebayang nggak sih, minum minuman yang mirip kuah sayur gitu.


Karena si Lassi ini terbuat dari yogurt, Lassi pas banget dijadikan minuman untuk berbuka puasa dan sahur. Kandungan gizi yogurt (A, B1, B2, B12, D, E, kalium, dan protein) sangat baik bagi tubuh saat berpuasa. Bakteri baik dalam yogurt membantu sistem pencernaan tubuh dengan menekan pertumbuhan bakteri jahat. Yogurt juga dapat menangkal penyebab infeksi dalam usus.


Ada yang unik dari yogurt. Bagi orang berpuasa, mengkonsumsi yogurt membuat perut terasa kenyang lebih lama. Sebab, air yang terkandung dalam yogurt (sebesar 85-90%) berasal dari susu sapi. Seseorang juga bisa tercegah dari dahaga bila mengkonsumsi yogurt saat berpuasa. Jadi, jangan ragu untuk mengkonsumsi yogurt pada saat sahur ataupun berbuka. Jika tidak terbiasa dengan rasa asam yogurt, maka dianjurkan untuk minum air putih terlebih dahulu sebelum meminum yogurt.


SAMSUNG CSCNah, berhubung lidah saya nggak cucok sama Lassi yang asin, saya mencoba membuat Lassi versi manis dengan menggunakan buah strawberry, susu, dan yogurt. Yuk, maree disimak apa saja bahan dan cara pembuatannya.


Bahan-bahan:


9 buah strawberry, buang tangkainya dan cuci bersih
2 sdm gula putih (bisa diganti madu)
1/4 cup (60ml) susu cair
1 cup (250ml) yogurt rendah lemak
3 kotak es batu (Saya nggak pakai. Anak-anak lagi batuk soalnya)


Cara membuatnya:


1. Potong tiga buah strawberry kecil-kecil, lalu pinggirkan sementara. Letakkan strawberry lainnya dan gula ke dalam blender. Kemudian blender selama 30 detik dengan kecepatan tinggi.


2. Tambahkan susu, kemudian blender lagi selama 30 detik. Lalu tambahkan yogurt dan blender lagi selama satu menit.


3. Untuk sajian, letakkan satu kotak es batu masing-masing pada tiga gelas, kemudian tuangkan lassi. Di atasnya, taburi dengan potongan kecil strawberry yang telah disisakan tadi.


4. Strawberry lassi pun siap dihidangkan.


You Might Also Like

28 komentar

  1. piring kayunya keren deh mbaaa :)

    BalasHapus
  2. Iya, aku juga suka. Cuman agak mahal

    BalasHapus
  3. hmm cara membuatnya mudah ternyata.
    makasi mak postingan resepnya.
    bisa dicoba nih buat buka puasa.

    BalasHapus
  4. Waaahhh segernyaaaa....... aku ngebayangin lassy original dan masalla lassy langsung pusing hehehe

    BalasHapus
  5. Samaa mbak. Kayaknya bikin mual deh ya

    BalasHapus
  6. strawberynya meggoda mbak... ganti buah lain bisa ya mbak, disini susah cari strawberi :p

    BalasHapus
  7. Saya lebih kampungan dong malah baru tahu Lassi. Lassiyaaaan deh gue...! ;)
    Stroberi mah suka banget. Kapan-kapan coba ah. Bisa ga diganti asam jawa? kan sama-sama asam ;P

    Sluuurp

    BalasHapus
  8. seger buat buka puasa ya mbak

    BalasHapus
  9. Wah agak susah cari buah Strawberry nih kalau di Pontianak. Hmmmmmm. Gimana ya. Soalnya kalau nda pake buah Strawberry kayaknay nda pas ya

    BalasHapus
  10. Bisa diganti buah apa aja. Nggak harus strawberry :)

    BalasHapus
  11. Mirip smoothie ya, Mbak.. Hihihi.. :P
    Mau cobak bikiiiin..

    BalasHapus
  12. Baru keingetan Masala Lassi, eh sudah ditulis juga toh. Parah sik rasanya, berasa sop kurang daging aja wakakakak!

    BalasHapus
  13. Mba ika,,,fotonya bagus banget,,,gimana caranya :-)

    BalasHapus
  14. Ganti pakai buah lain bisa kok. Pakai mangga juga enyak :)

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah... ini hasil belajar teknik foodphotography mbak :)

    BalasHapus
  16. waktu jav masih mpasi, saya lumayan sering bikinin lassi... seger2 manis ya mak :)

    BalasHapus
  17. Iya, mbak. Segernya bikin nagih :)

    BalasHapus
  18. Sop kurang daging? Hmmmm tambah ogah deh kayaknya coba Masalla Lassi :D

    BalasHapus
  19. Yogurt iso nggo program diet yo, Mba. Kenyang lebih lamooo. :)
    Dari mencoba, jadi tau macammya lassi ya, Mba.

    BalasHapus
  20. ooo jadi lassi itu yoghurt yaaa :D
    baru tahu saya... mungkin, sebagai buka puasa, gak cocok buat saya :D
    karena saya gampang sakit perut..

    BalasHapus
  21. waks.. aku malah blm pernah nyobain lassi sama sekali mbak. hahahaha...
    boleh nih dicoba,,, makasih mbak utk resepnya.. :-D

    BalasHapus
  22. Siang-saiang mampir postingan ini jadi pengen segera berbuka puasa, hehehehehe

    BalasHapus
  23. Wahh mantepp banget ini resepnya,, patut dicoba ini buat menu buka puasa..hee :)

    BalasHapus
  24. Baca postingan jam seginian bikin pengen buka puasa saja..duhh

    BalasHapus
  25. waahh kelihatannya enaaaakkkkkk aku suka banget lassi* tapi yang udah ditambah gula dan buah lain yg manis*. Biasanya aku bikin lassi strawberry juga loh mba cuma ditambahin pisang rasanya yummy

    salam kenal yah mba, makasih udah mampir hehe

    BalasHapus
  26. kek smoothie ya Mbak...

    BalasHapus