Soko Tunggal

15.23.00

SAMSUNG CSC


Sesuai dengan namanya, masjid ini hanya memiliki satu tiang penyangga utama atap masjid. Berada di kawasan njeron Beteng Kraton Yogyakarta, masjid ini berada tepat di depan pintu masuk obyek wisata Tamansari.


Masjid ini memiliki 4 batang saka bentung dan 1 batang saka guru sehingga semuanya berjumlah 5 buah yang merupakan simbol Pancasila dengan saka guru sebagai lambang sila pertama, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa. Saka guru masjid ditopang umpak (batu penyangga) yang berasal dari zaman pemerintahan Sultan Agung Hanyokrokusumo dari Kerajaan Mataram Islam. Usuk sorot merupakan lambang kewibawaan negara yang melindungi rakyatnya. Keunikan lain, masjid ini dibangun tanpa menggunakan paku.


“Foto ini diikutsertakan dalam Lomba Foto Blog The Ordinary Trainer”


logo


Word artikel: 100

You Might Also Like

16 komentar

  1. Mesjid dengan tiang2 besarnay yg punya filosofi tersendiri, wah padahal sudah pernah ke tamansari tapi kok ya gak melihat ada mesjid , he, he

    BalasHapus
  2. Masjidnya nyempil dan tertutup tembok lumayan tinggi

    BalasHapus
  3. Ini salah satu masjid favorit saya, Mbak.. Arsitekturnya yang sangat khas dan suasananya yang adem, membuat ibadah di sini menjadi nyaman.

    BalasHapus
  4. Ukirannya bagus ya, Mbak.. Kayunya jugak keliatan kuat banget..

    BalasHapus
  5. wah,kokoh ya mbk tiangnya,,saya belum pernah masuk ke kraton,jd penasaran^^

    BalasHapus
  6. Waktu kemarin ke Yogya ngga sempet mampir ke mesjid ini.
    Keren ya ..

    BalasHapus
  7. Arsitekturnya khas, juag punya makna.
    sukses untuk lombanya, Mbak :)

    BalasHapus
  8. Ciri Khas bangunan Tempo dahulu, punya makna dan artinya sendiri. Sehingga tak lekang oleh waktu.

    BalasHapus
  9. Jadi kangen Jogja. Apa kabar mba?

    BalasHapus
  10. Arsitektur yang indah dan menawan

    BalasHapus
  11. Saya pernah shalat di masjid ini.
    Semoga sukses ya, Mbak Ika.

    BalasHapus
  12. Arsitektur dan filosofinya adi luhung nih Jeng Ika. Njagoin foto ini ah....di GA Om NH
    Salam

    BalasHapus
  13. Waah... sudahlah cantik.., bermakna dalam pula... Mudah2an suatu saat bisa mampir ke masjod Saka Tunggal ini.. Trims infonya, Mbak Ika.. Sukses di GA ini yaa...

    BalasHapus
  14. Malah nggak ngeh tiang ini. Kurang jeli mengamati sekitar :)

    BalasHapus
  15. Ane sering nongkrong disini kalo ngantar tamu di taman sari.. hehehe :D

    BalasHapus
  16. Juri datang membawa form penilaian
    Terima kasih telah berkenan untuk ikut lomba foto di blog The Ordinary Trainer
    Semoga Sukses
    # 13

    BalasHapus