Parade Kue Lebaran

04.20.00

Nggak terasa beberapa hari lagi lebaran. Hari raya tanpa kue kering sepertinya ada yang kurang, ya. Nah, jika biasanya saya membeli kue kering di supermarket terdekat, kali ini kue keringnya saya buat sendiri. Kebetulan tahun ini jadwal kami sekeluarga mudik ke kampung halaman suami di Blitar. Suami sudah pesan jauh-jauh hari untuk membawa bekal camilan yang banyak agar tidak mengantuk saat mengendarai mobil.


Parade kue lebaran?


Hehehe.. judulnya keren amat yak. Maksud hati igin memposting satu persatu resep kue-kue lebaran yang saya buat, cuman masalahnya saya lagi males banget pegang lapi. So, akhirnya saya gabung dalam postingan ini dengan judul parade kue lebaran. :)


Kebetulan kali ini saya membuat 3 jenis kue untuk mengakomodir keinginan seluruh anggota keluarga. Ada yang gurih sesuai dengan kesukaan suami, ada juga yang manis sesuai dengan pesanan anak-anak. Sementara saya suka mix keduanya. Tidak terlalu asin dan tidak terlalu manis.



Cheese Cookies

Suami paling suka dengan camilan berbahan keju. Saking doyannya, suami suka makan irisan keju cheedar. Nggak banyak sih, cuma beberapa irisan kecil. Nah, untuk suami tercinta saya buatkan Cheese Cookies.


Kalau buat lidah saya resep ini terlalu asin. Cheese-nya terasa banget bahkan cenderung keasinan. So, bagi yang nggak terlalu suka asin mending dikurangi aja penggunaan keju edamnya. 100-110 gram udah cukup.



Cheese Cookies1

Bahan :
200 gr butter
200 gr margarin
2 butir kuning telur
125 gr keju edam, parut halus
100 gr keju cheddar, parut halus
350 gr tepung terigu protein rendah/sedang
50 gr susu bubuk full cream
100 gr biskuit keju, haluskan dan ayak
150 gr biskuit keju, haluskan


Cara Membuat :
- Kocok butter, margarin dan telur selama kurang lebih 3-5 menit. Matikan mixer.
- Masukkan keju edam dan keju cheddar. Aduk rata menggunakan sendok kayu.
- Masukkan tepung terigu, susu bubuk dan 100 gr biskuit keju. Aduk hingga tercampur rata.
- Bulatkan adonan (kurang lebih berat 8-10 gr), gulingkan pada biskuit keju dan tata pada loyang. Lakukan hingga habis.
- Panggang dalam oven suhu 150'C selama kurang lebih 30 menit (tergantung masing-masing oven ya).
- Angkat, dinginkan di atas cooling rack dan setelah benar-benar dingin baru disimpan di wadah kedap udara.



Brownie Cookies

Nggak cuma anak-anak, saya juga suka cookies ini. Rasa manisnya cukupan dengan tekstur yang kres banget. Cookies ini nggak sempat dibawa mudik karena sudah habis duluan >_<


Sayangnya agak susah diiris padahal saya masih amatir mengolah kue kering, maka jadilah brownie cookies saya bentuknya tak beraturan :D


SAMSUNG CSC

Bahan :
150 gr butter (boleh mix margarin)
100 gr gula pasir halus
50 gr DCC leleh
50 gr chocolate spread (bisa pakai Nutella)
1 kuning telur
200 gr tepung terigu
10 gr maizena
20 gr coklat bubuk
75 gr almond sangrai, cincang kasar (saya pakai kacang tanah)
50 gr chocochips


Cara Membuat :
- Siapkan loyang 24x24x4 cm, oles margarin, alasi kertas roti dan oles margarin kembali
- Kocok butter dan gula pasir halus kurang lebih 1 menit, asal tercampur rata.
- Masukkan DCC leleh, chocolate spread. Kocok hingga rata.
- Masukkan kuning telur, kocok rata.
- Masukkan tepung terigu, maizena dan coklat bubuk dengan cara diayak sambil diaduk rata menggunakan spatula / sendok kayu.
- Tambahkan almond cincang dan chocochips. Aduk rata.
- Tuang ke dalam loyang dan panggang dengan suhu 180'C selama 20 menit.
- Potong-potong dan tata di loyang kue kering. Panggang kembali dengan suhu 130'C selama kurang lebh 40 menit atau hingga kering.
- Angkat dan dinginkan di atas cooling rack.



Nastengel Sandwich

Sukaaa sama sandwich yang satu ini. Perpaduan manis dan gurihnya nendang banget. Resep ini buatan Chef Degan dengan menggabungkan (mash up) kastengel dan nastar. Penasaran bagaimana rasanya? Yuk, cobain :)


SAMSUNG CSC


Bahan:


Untuk 50 potong


Adonan Nastengel:
Blue Band Cake & Cookie 275 gr
Gula halus100 gr
Kuning telur 3 butir
Telur, ambil putihnya 1 butir
Tepung terigu, ayak450 gr
Tepung maizena, sangrai 100 gr
Telur, kocok lepas, untuk olesan1 butir
Keju Cheddar, parut100 gr


Cara membuat:
Adonan Nastengel:
Kocok Blue Band Cake & Cookie, dan gula hingga rata. Masukkan kuning dan putih telur. Kocok lagi hingga tercampur. Tambahkan tepung terigu dan tepung maizena, aduk rata.
Ambil 2 sdt adonan, bulatkan, lalu pipihkan. Tata di atas loyang datar yang telah diolesi Blue Band Cake & Cookie.
Olesi permukaannya dengan telur yang telah dikocok, taburi dengan keju. Panggang dalam oven panas bersuhu 180°C hingga matang (±12 menit). Angkat dan dinginkan.


Bahan isian Nastar:
buah nanas, kupas & parut1 kg
gula pasir350 gr
garam¼ sdt
cengkeh2 butir
kayumanis1 cm


Cara membuat isian Nastar
Masukkan semua bahan isian nastar ke dalam panci. Masak di atas api sedang hingga mengental dan bisa dipulung. Angkat.
Setelah dingin, sisihkan cengkih dan kayumanis. Isian nastar siap digunakan.


Nastengel Sandwich:
Setelah dingin, ambil sekeping cookies, olesi dengan isian nastar di atasnya.
Tangkupkan dengan sekeping cookies lain. Ulangi hingga habis. Sajikan.

You Might Also Like

7 komentar

  1. adudududududu.....ngecesss bgt,tp kl disuruh pilih cheese cookis sama kastengel..emmm,kastengel masih dihati hahahaha....

    BalasHapus
  2. Pengin ngiciiip.....
    Sugeng Riyadi Jeng, mohon maaf sagala khilaf....
    Masih di Blitarkah...

    BalasHapus
  3. Hihihiii akhirnya bisa juga buka postingan ini. Seneng bisa bikin sendiri ya mak. Rasanya beda. Tahun ini terpaksa beli karena masih nebeng mertua & dapurnya seadanya. Moga2 tahun depan bisa praktekin resepnya :)

    BalasHapus
  4. Wueleeeh.. Mantep semuanya, Mbak.. :D

    BalasHapus
  5. waduuuh... rupanya pinter banget bikin kue sendiri, Mbak Ika. Aku tuh paling nggak bisa bikin kue.. kurang telaten..
    Kue keju itu kayanya menggiurkan banget..

    BalasHapus
  6. Emang yah mba, kalo lebaran itu udah pasti ada parade kue lebaran.... baik kue kering maupun kue basah.
    Kalo saya saat lebaran lebih baik beli kue daripada membuatnya sendiri mba. Yah itung-itung untuk memberikan rejeki kepada para pedagang kue kering yang bisa meraup keuntungan berlipat saat ramadhan dan lebaran. :)

    BalasHapus