Banana Brownies

14.01.00

Paling suka bikin kue yang nggak pakai ribet. Tinggal cemplung dan aduk-aduk, panggang, angkat, selesai. Saya kadang masih bingung saat mengolah beberapa kue yang bersyarat.


Contohnya.....


Adonan mengembang dan berjejak atau jika kocokan diangkat, adonan akan jatuh membentuk pita.


Belum kebayang gimana sih adonan yang berjejak. Apalagi adonannya bisa membentuk pita. >_<


Kalau dipikir-pikir, membuat kue sebenarnya lebih praktis daripada memasak sayur. Mungkin karena mengolah kue bukan budaya kita jadi terasa lebih sulit. Ribetnya paling pas menyiapkan bahan dan mengolahnya. Saat sudah dituang dalam loyang dan dimasukkan kedalam oven, nggak perlu ditunggu. Bisa ditinggal ngapain aja. Apalagi kalau pakai oven listrik. Tinggal set panas dan timernya, ditinggal molor pun nggak masalah. Bayangin kalau masak semur ditinggal tidur. Bisa dibayangkan bagaimana penampakan semurnya :D


SAMSUNG CSCKebetulan banget beberapa hari lalu tetangga panen pisang. Kebiasaan di desa lain dengan di kota. Kalau ada rejeki lebih biasanya tetangga dibagi.


Nah, karena kemarin sudah dikirimi pisang sama tetangga, rasanya nggak enak ati kalau nggak kirim sesuatu balik. Keliatan nggak ikhlas. Bismillah.... ikhlas, kan juga perlu dilatih. Kata pak ustadz kebaikkan itu terkadang harus dipaksakan. Ngeles! >_<


Banana Brownies_2


Cara pembuatan:
1. Panaskan oven di suhu 175 dercel, siapkan loyang kotak ukuran 20x20, olesi mentega dan alasi bagian dasar dengan kertas roti
2. Dalam wadah, campur tepung, baking powder, coklat bubuk, dan garam. Aduk rata, sisihkan.
3. Tim dcc dengan tehnik double boiler hingga meleleh. Angkat dari api.
4. Aduk dcc dengan balloon whisker hingga licin, tambahkan gula,mentega dan vanilla. Aduk rata. Jika terlalu kental, panaskan sebentar adonan dengan ditaroh diatas panci berisi air mendidih.
5. Masukkan puree pisang, aduk2 dan masukan telur yang sudah dikocok lepas, pastikan suhu coklat tidak panas banget saat telur masuk ya. Aduk hingga halus
6. Masukan tepung ke dalam adonan dengan tiga tahapan, aduk dgn spatula. Tuang adonan ke loyang, ratakan permukaannya
7. Panggang selama 35-40 mnt atau hingga brownies matang dan tidak lengket saat ditusuk dengan lidi.

You Might Also Like

27 komentar

  1. enakan mana Mak ambon atau raja?

    BalasHapus
  2. nyemmmmm....bikin kue paling ribet itu nyiapin bahanya,padahal kalo dah eksekusi tinggal cemplung2 aja ya mbk hehehe...menggoda^^

    BalasHapus
  3. Bikin kue itu yang penting rajin ya, Mbak Ika. Seiring meningkatnya jam terbang rasa akan lebih enak dan tampilan tambah cantik, seperti Banana Brownies ini :)

    BalasHapus
  4. Wahahah sama donk. Saya juga paling suka yang simple dan tidak ribet dalam membuatnya,. Semua bahan tinggal dijadikan satu dan diaduk aduk jadi deh. Heiheiheie. Tidak perlu kotak katik atau meracik lagi heiheihie. Tossssssssssssss

    BalasHapus
  5. tapi permasalahannya gak punya oven listrik, jadi teteeep gak bisa ditinggal tidur hehehe... cavendish bisa juga ya?

    BalasHapus
  6. Bikin kue itu yang ribet nimbang bahanny2 .. kataku sih :D

    BalasHapus
  7. pisangnya perlu diblender ga, mba? apa cuma dialusin pake sendok aja?

    BalasHapus
  8. Kalo aku biasanya aku blender biar menyatu. Bendernya nggak pakai air ya

    BalasHapus
  9. Makasih mbak Evi :) Iya, kuncinya terus berlatih

    BalasHapus
  10. Sama enaknya mbak. Cuman aku biasa pakai ambon.

    BalasHapus
  11. hiks.. sayang sekali aku alergi pisang mak, apalagi pisang ambon. langsung gatelen kalo makan pisang :(

    BalasHapus
  12. duh, sayang di rumah ga ada oven, padahal mama saya sering beli pisang untuk cemilan (biasanya digoreng). :(
    tapi kelihatannya enak sekali ya bun. :)

    BalasHapus
  13. wah ijin fotokopi caranya nih mbak
    btw tapi knapa ya mbak banana cake atau brownies warna kuenya selalu coklart keiteman gitu :)

    BalasHapus
  14. Wah enaknya, apalagi untuk buka puasa.

    BalasHapus
  15. browniesnya kesukaan pascal, rasa pisangnya kesukaan suamiku nih mbak

    BalasHapus
  16. Sebelnya kalok pakek oven tangkring, Mbak.. Mesti waspada terus.. Wkwkwk.. *belom punya oven listrik*

    BalasHapus
  17. Saya punya pohon pisang di rumah Mak tapi entah jenis pisangnya apa. Yang menanam pemilik rumah yang pertama. Bisa nggak dengan pisang selain 3 pisang di atas? Betewe nanya lagi, kalo browniesnya dikukus apakah bisa? biar judulnya jadi brownies kukus gitu Mak :) *Nasib Nggak Punya Oven*

    BalasHapus
  18. Brownies kukus ada juga mbak. Cuman kayaknya cara ini nggak bisa dipakai buat brownies kukus.

    BalasHapus
  19. Aku juga pakai oven tangkring :)

    BalasHapus
  20. Soalnya pakai dark cocolate. Coklatnya emang pekat gitu :)

    BalasHapus
  21. bikin brownies emang enak ya, simpel...

    BalasHapus
  22. Wah bikin ngiler fotonya mak ika hahaha.
    Sayang nggak punya oven hiks, padahal bahannya aku punya semua, kecuali pisangnya :D

    BalasHapus
  23. O... nggak bisa ya Mak? Baiklah, kalau begitu, saya mulai menabung untuk membeli oven saja :)

    BalasHapus
  24. kalau baca kayaknya enak ya mba bikinnya, maksutnya gampang. padahal kalau aku nyoba belon tentu nih suksses

    BalasHapus
  25. Hmmm Nyammi. kayaknya enak banget mbak... hehe

    BalasHapus
  26. mariiii kita cobaaaa :)....pasti nyam nyaaam ..

    BalasHapus