Setup Lidah Buaya

13.56.00

Beberapa hari yang lalu, maag kronis adik saya kambuh.  Padahal saat ini ia sedang hamil 6 bulan. Kondisi ini menyebabkan berat badannya sedikit berkurang, sebab nafsu makannya menurun drastis. Makan terasa tidak enak, tapi jika tidak makan perut terasa perih. Benar-benar seperti buah simalakama.


Untuk meredakan sakitnya biasanya ia mengkonsumsi kunyit (kunir). Berhubung sedang hamil, ia tak berani mengkonsumsi jamu-jamuan. Adik saya memilih alternatif lain untuk meredakan sakitnya yakni dengan mengkonsumsi lidah buaya.


SAMSUNG CSC


Siapa yang tak mengenal lidah buaya. Lidah buaya yang lebih dikenal dengan sebutan Aloe Vera ini memiliki nama latin Aloe barbadensis Milleer. Lidah buaya sejak dulu telah dikenal sebagai tanaman yang dapat digunakan sebagai penyembuh luka, penyubur rambut dan perawatan kulit.


Tanaman yang mudah tumbuh di daerah kering ini kaya akan kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Lidah buaya juga berkhasiat sebagai anti inflamasi, anti jamur, anti bakteri dan membantu proses regenerasi sel. Di samping menurunkan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes, mengontrol tekanan darah, menstimulasi kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker, serta dapat digunakan sebagai nutrisi pendukung penyakit kanker, penderita HIV/AIDS.


Penderita gangguan pencernaan seperti iritasi pada lambung, tukak lambung (Maag) seperti yang dialami adik saya dan perut terasa panas bisa diobati menggunakan lidah buaya. Selain itu, lidah buaya juga dapat menenangkan Esofagus dan mengatasi refluk asam. Journal of the American Osteopathic Society menyatakan efektivitas lidah buaya sebagai penyembuhan tukak lambung disebabkan karena kemampuannya merangsang pelepasan pepsin, yaitu enzim lambung yang mendukung sistem pencernaan.


Tapi ada yang perlu diperhatikan jika ingin mengkonsumsi lidah buaya dalam jangka waktu panjang. Menurut Dr James F. Balch, penulis buku Prescription for Natural Cures, lidah buaya sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jangka waktu panjang karena dapat menyebabkan deplesi elektrolit. Berarti sesekali saja kita mengkonsumsinya atau disaat terjadi gangguan pencernaan.


SAMSUNG CSCWalaupun memiliki banyak manfaat, mengkonsumsi lidah buaya perlu perjuangan lebih. Kecuali membelinya dalam bentuk kemasan siap minum.


Baunya yang tak sedap serta lendir yang menjijikkan otomatis menghilangkan selera untuk mengkonsumsi lidah buaya. Nah, agar lidah buaya enak dikonsumsi, yuk, kita buat setup. Setup menyamarkan lendir lidah buaya dan menghilangkan baunya. Resep setup ini saya dapat dari mbak Yulyan Parwati



Bahan-bahan:

1 batang lidah buaya, 200 gr gula batu atau sesuai selera, 600 ml air, 1 batang serai, 4 lbr daun jeruk.



Cara Pembuatan:


  1. Kupas kulit lidah buaya, lalu potong dadu daging lidah buaya.

  2. Cuci dengan air mengalir hingga lendir lidah buaya hilang.

  3. Masak air bersama gula batu, serai, dan daun jeruk. Setelah mendidih sisihkan.

  4. Masak air lagi, setelah mendidih matikan api lalu masukkan lidah buaya dan biarkan beberapa menit. Setelah itu saring.

  5. Sajikan lidah buaya bersama sirupnya.


You Might Also Like

22 komentar

  1. Wah, boleh dicoba nih. Aku suka minuman lidah buaya. Dulu suka beli minuman yang udah jadi aja, produk dr AHADNet.. Asik juga kalo bisa bikin sendiri yak. TFS atas resepnya mbak Ika

    BalasHapus
  2. wah menarik biasanya saya pakai kunyit buat mengobati maagku, ternyata bisa juag dg lidah buaya

    BalasHapus
  3. Mau coba ah, aku juga punya penyakit maag..

    BalasHapus
  4. Saya cata dengan baik resep ini Bu Ika, soalnya Ibu saya di kampung sana saat ini sedang sakit maag dan berbagai upya telah dilakukan. Mudah-mudahan tanaman lidah buaya yang melimpah di lereng timur semeru jadi sarana penyembuhan

    BalasHapus
  5. Aaamiiin.. Mudah-mudahan ini bisa menjadi jalan kesembuhan ibunda pak Pakies ^^

    BalasHapus
  6. kebetulan sy pya maag juga... dicoba nanti resep'y,kebetulan tetangga sebelah pya byk lidah buaya,thx ya mak...:)

    BalasHapus
  7. sepertinya enak banget mak,,cara buatnya mudah ya,,,pengen mencoba,,,

    BalasHapus
  8. Mau mencoba buat ketika waktu nanti ahh.
    trims ya infonya mba

    BalasHapus
  9. Aku punya tanaman lidah buaya di rumah, aku punya sakit maag juga, makasih resepnya ya mbak :)

    BalasHapus
  10. harus nyari lidah buayanya dulu nih...

    BalasHapus
  11. pertama kali syaa nyobain lidah buaya itu bertahun2 lalu. Gak suka. Tapi, gak tau deh sekarang :D

    BalasHapus
  12. wih kayaknya seger nih, cocok diminum kalo lagi hujan kayak akhir2 ini ya.. Btw kalo pake lidah buaya yg sdh pack bisa ga?

    BalasHapus
  13. Lidah Buaya, kalau misalnya minuman yang di kemasan bagus juga gak Yaa?, secara nyarinya sudah luamayan susah di sini

    BalasHapus
  14. Sejauh ini baru tahu untuk menyuburkan rambut. :D
    Semoga saudaranya lekas sehat kembali ya, mba.

    BalasHapus
  15. seger banget nih... baru tau lidah buaya bagus buat maag...
    dulu sih di depan rumah ada lidah buaya, skrg udah ga ada :(

    BalasHapus
  16. Dulu suka bikin nih karena punya tanamannya di halaman. Tapi memang iya sih, mencucinya itu yang agak ribet. Harus berulang kali

    BalasHapus
  17. disni ada jug ambak yang jualan lidah buaya minuman,.

    BalasHapus
  18. Saya pernah memetik beberapa lembar lidah buaya dari kebun.
    Maksudnya pengin mencoba membuat jus lidah buaya.
    Setelah dikupas ... wow lendir dan baunya sungguh nggak enak !
    Akhirnya menyerah deh .... semangat membuat jus lidah buaya menjadi padam :-(

    BalasHapus
  19. wah boleh juga ni setup lidah buaya... kayanya maknyus segarnya...
    padahal di halaman rumah ada lidah buaya.... thx sharinggnya

    BalasHapus
  20. Mbak, kan kalau kena lendirnya dikiiiiiit aja tuh pait banget kan ya(pengalaman tak sengaja motong buah pakai pisau yang abis buat motong lidah buaya hehehe terus buahnya jadi paiiiiiiiit banget). Nah, apakah dengan dicuci berkali-kali gitu pahitnya bisa hilang juga kah?seneng sih kalau lihat dalemnya lidah buaya yang bening kenyal itu,kayae segar dah hahaha :D

    BalasHapus
  21. mau coba dulu ah, siapa tau banyak khasiatnya

    BalasHapus