Saus Ebi

18.26.00

Saya jarang menggoreng tahu untuk lauk. Bukan karena tidak suka, bagi saya, menggoreng tahu lebih sulit daripada menggoreng ayam. Kalau dicelupin sebentar dalam bumbu, tahu biasanya kurang asin. Tapi kalau kelamaan nyelupinnya garam jadi meresap trus bikin tahu jadi asin.


Biasanya tahu saya masak lodeh dicampur dengan kacang panjang atau sawi putih. Kalau lagi pengen masak yang praktis, tahu saya tumis dengan aneka sayuran.


SAMSUNG CSC


Bermasalah dengan tahu goreng bukan berarti harus menghindar dong. Ibu kreatif harus bisa cari solusinya :)


Nah, hari minggu kemarin saya coba membuat siraman tahu agar tahu goreng tetap nikmat disantap. Tahu hanya digoreng seperti biasa tanpa dibumbui. Boleh kering boleh juga sedikit basah. Karena saya suka tahu yang sedikit renyah, maka tahu saya goreng agak kering.


Kebetulan banget saya punya stok kembang turi yang saya beli beberapa hari sebelumnya di pojok perempatan jalan dekat rumah. Nggak banyak sih, saya beli 1 paket saja. Dan 1 paket turi berisi sekitar 4 genggam. Turi per 4 genggam dijual seharga 2 ribu rupiah.


Di kampung kadang penjual menjual hasil panen tidak berdasarkan satuan kilo, lho. Beras kadang dijual berukkan, bukan kiloan. Beruk yang dipakai biasanya terbuat dari batok kelapa. Ukurannya nggak sama karena batok yang digunakan nggak ada standarnya.


Balik lagi ngomongin saus ebi, sekilas saus mirip bumbu pecel karena bahan utamanya sama yaitu kacang tanah. Cuka dan ebi goreng membuat rasa saus ebi terasa sedikit berbeda.


Saus ebi nggak mutlak hanya dijodohkan dengan tahu saja, lho. Saus ebi bisa dikombinasikan dengan aneka lauk. Tahu bisa diganti tempe, ikan ataupun suwiran ayam. Sayuran rebusnya juga bebas. Bisa juga memakai asinan sayur jika menyukainya. Untuk isian pokoknya suka-suka kita aja.


SAMSUNG CSC


BAHAN:
30 gr Ebi
5 buah Cabe merah
2 siung Bawang Putih
½ sdt Garam
2 sdm Gula pasir
2-4 sdm Kacang tanah, goreng lalu tumbuk halus/kasar sesuai selera
3-5 sdm cuka 5%
250 ml Air matang
Aneka sayuran sebagai pelengkap


CARA PEMBUATAN:
Rendam ebi dalam air mendidih hingga lunak, tiriskan, haluskan. Sangrai ebi hingga harum. Sisihkan.
Haluskan cabe bersama bawang putih, garam dan gula pasir. Lalu campurkan bersama ebi halus dan kacang tanah tumbuk, aduk rata.
Tambahkan cuka dan air matang, aduk hingga rata.
Sajika saus ebi sebagai pelengkap rebusan sayur, asinan sayur atau hidangan lain.

You Might Also Like

20 komentar

  1. paling simpel q bt tahu sambel mbk...enakkkk...baru tau ada saus ebi..mauuuuu

    BalasHapus
  2. Rindu sayur bunga turi hehehe. Makasih resepnya mbak :)

    BalasHapus
  3. asem-asem seger ya mbak

    BalasHapus
  4. Harum banget pasti sausnya, ya. Ada si Ebi.
    BTW, ganti dekorasi ya, Mba. Baru ngeh saya. :D

    BalasHapus
  5. nambah resep baru dari Jeng Ika....
    Kangen dengan beras takaran berukan

    BalasHapus
  6. Enak nih...btw turi itu apa ya? hehe

    BalasHapus
  7. Kembang turi bikin makanan rasanya segaaar.
    Btw btw aku suka sama tagline-nya jadi ibu harus kreatif ;) hehehe

    BalasHapus
  8. makanan dari ebi memang selalu bikin ngiler

    BalasHapus
  9. baca artikel makanan jadi laper nich

    BalasHapus
  10. mba ika emang kreatif... kpn2 nyontek resep ini yah :D

    BalasHapus
  11. Wah serba tahu ya. Hiehiehiee. Saya suka juga Tahu,. Biasanya sih Tahu Goreng. DUlu suka banged yang namanya Tahu Berontak atau Tahu Gejrot. Kadang juga dapat olleh oleh tahu isi yang dibeli dari pasar. Apa saja menu berbahan dasar tahu, Insya Allah akan saya lahap. Hihiehiehiehiehhiee

    BalasHapus
  12. membayangkan saus dengan bahan ebi,,,sudah terbayang rasa ebi yang khas pasti hadir dalam saus tersebut...apalagi dicampur cuka dan kacang tanah,,,wow,,,,ngiler dech jadinya...
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
  13. Tahu goreng, saus kacang, ebi, dan kembang turi. Sounds like very delicious, Mbak Ika. Dan unik pula lagi :)

    BalasHapus
  14. Terimakasih sudah berkunjung ke blog-ku. Senang bisa berkunjung ke sini.

    BalasHapus
  15. Mirip2 kupat tahu yo Mbak..

    BalasHapus
  16. kayaknya ubi ebi ini enaknya? eh.. eh.. salah. saya kira apa? ternya saus ebi ya? hehe
    nanti kalau diriku sudah menikah penegen punya istri yang pinter masak dan bisa di andalkan bagi suaminya hihihi
    oh iya pasti kalau pas lagi hanget rasanya mantaaaapppp gitu ya? tapi saya belum pernah ngerasain deh..


    salam

    BalasHapus
  17. Wah, resepnya mudah dan keliatan enak sekali! Patut dicoba nih! :D

    BalasHapus
  18. Seneng lihat fotonya... apik :D

    BalasHapus