Puding Tape Panggang

15.47.00

Hari ahad seperti hari ini, biasanya saya isi dengan mencoba resep baru jika tak ada agenda yang harus saya lakukan. Mumpung libur dan anak-anak kumpul di rumah, apa salahnya menyajikan sesuatu yang spesial.


Menyajikan sesuatu yang spesial mulai saya lakukan sejak si sulung bersekolah di Jogja. Si sulung pulang ke Purworejo setiap 2 minggu sekali. Jika minggu pertama saya, suami dan si bungsu yang menyambangi si sulung ke Jogja, maka pada minggu kedua si sulung saya jemput. Sengaja saya jemput agar tetap bisa merasakan kehangatan rumah. SAMSUNG CSCSudah lama saya pengen coba bikin puding yang nggak pakai ager-ager alias puding yang dipanggang. Teksturnya yang lembut, pas banget jadi kudapan saat kumpul bersama keluarga.


Nah, kebetulan beberapa hari lalu saya menemukan resep puding tape panggang di blognya mbak Hesti. Nggak pakai mikir lama, hari sabtunya saya langsung belanja bahan-bahan yang diperlukan. Kebetulan bahan yang belum ada hanya tape, sementara bahan lain saya sudah punya. Jadi, hanya butuh ke warung tetangga aja, nggak perlu ke toko bahan kue yang lumayan jauh dari rumah.


SAMSUNG CSC


BAHAN:
250 gr Tape singkong, pilih yang manis
220 gr Gula pasir
625 ml Santan
10 sdm Tepung terigu serba guna (agak munjung)
3 butir Telur, kocok lepas
3 sdm Susu bubuk
1/2 sdt Vanili bubuk
100 gr Margarin, lelehkan


OLESAN:
1 butir Kuning telur kocok lepas
Keju cheddar parut secukupnya


CARA PEMBUATAN:
Campurkan tape dan gula pasir, aduk hingga tercampur rata. Masukkan telur dan margarin leleh, aduk rata menggunahan hand whisk. Masukkan terigu, susu dan vanili bubuk. Aduk rata, kemudian masukkan santan. Aduk hingga tercampur rata. Tuang adonan kedalam loyang yang telah diolesi margarin dan dialasi kertas roti. Panggang dengan suhu 180′C selama kurang lebih 40 menit. Keluarkan dari oven, oles dengan kubing telur, taburi keju cheddar. Panggang lagi selama 15 menit atau hingga matang. Keluarkan dari oven, biarkan dahulu di dalam loyang hingga hangat, lalu keluarkan hati-hati dari loyang karena teksturnya sangat lembut. Sajikan

You Might Also Like

9 komentar

  1. Taburan kejunya pas banget Mbak, mempercantik dan menggugah selera. Dari bentuknya kelihatan kalau rasanya manis legit gitu kayaknya. Patut dicoba nih.

    BalasHapus
  2. Wuiih enak banget mak, kayak aku kemarin yang bikin cemilan serupa. Bedanya dari tape yang dibakar...hehehehe jadi menu masakan ala rumah.

    BalasHapus
  3. Duh, keinget makananku dari singkong sore kemarin, gegara batere lemot kusisihkan buat kufoto ntar buat bahan blog. Eh sudah kemakan suami duluan :(

    BalasHapus
  4. catet dulu ah resepnya. kalo bahan lainnya udah ada, tinggal beli tapenya :D makasih resepnya, mba Ika

    BalasHapus
  5. mudah ya mbak buatnya, suamiku sama pascal suka banget tape

    BalasHapus
  6. Jadi teringat Almh. mamak yang dulu juga sering masakin makanan kesukaan Dhe tiap Dhe pulang kampung saat liburan kuliah, :D
    Btw, puding tape ini sama prol tape sama ngga mba?

    BalasHapus
  7. Saya suka tape. Yummi bgt, Mba.

    BalasHapus
  8. hehhe,... langsung copas nih resepnya pas bangat kalau di nikmati bersama keluarga,...

    BalasHapus