Dried Fruit Muffins

20.16.00

Hallo Monday... Semangat seninnya lagi menguap. Badan rasanya nggak enak banget. Kayaknya mau flu. Doakan mudah-mudahan cepet sembuh, ya. Soalnya hari sabtu kalau nggak ahad sudah mulai puasa. Kalau sakit pan nggak enak puasanya.


Semangat ngeblognya juga lagi terjun bebas nih. Mau cerita acara jalan-jalan keluarga ke Gembiraloka 2 minggu lalu kok males banget ngedit fotonya. Yo wislah, daripada nggak keisi blognya saya mau share muffins buah kering yang udah lamaaa banget ada di draf. Nggak papa, kan. *sambil kedip-kedipin mata*


***


Orang sering menganggap muffin sama dengan cupcake. Jika dilihat sekilas, tampilan keduanyanya memang hampir mirip. Keduanya menggunakan cup dan cetakan yang sama. Padahal keduanya jelas berbeda. Lalu, apa perbedaan keduanya?


Cupcake bisa dikatakan miniatur cake. Teksturnya lembut, empuk, dan ringan. Jumlah lemak, gula dan telur pada cupcake lebih banyak dibanding muffin (dilipatgandakan 2 kali atau lebih). Bahan-bahan harus dimasukkan satu per satu dengan urutan yang tepat. Cupcake biasa disajikan dengan hias berbagai topping yang terbuat dari krim hingga gula icing aneka bentuk.


Dried-Fuit


Sementara muffin dicirikan dengan teksturnya yang lebih  padat. Karena teksturnya yang padat dan mengenyangkan, muffin aslinya disajikan sebagai sarapan. Muffin biasa disajikan apa adanya dengan puncak yang merekah dengan potongan-potongan isi yang terlihat menggoda. Muffin adalah kue yang paling mudah dan paling cepat dibuat. Tinggal mencampurkan semua bahan kering kemudian mencampurkannya dengan bahan basah.


Kali ini saya membuat muffin yang dicampur aneka buah kering. Buah keringnya agak mahal, kalau ingin yang agak miring pakai kismis aja udah cukup. Dan, menurut saya lebih enak pakai kismis.


Dried-Fruit_


Bahan:


300 gr Terigu protein sedang
220 gr Mentega
200 gr Gula pasir
2 butir Telur ayam besar
½ sdt Vanili bubuk, 1 sdt Baking powder, 1/2 sdt Garam
125 ml Susu segar
Aneka buah kering sesuai selera


Cara membuat:
Ayak dan campur tepung terigu, baking powder, garam.
Kocok mentega, gula dan vanili hingga lembut menggunakan whisk.
Masukkan telur satu per satu sambil kocok terus hingga larut.
Masukkan campuran tepung, aduk rata.
Tuangkan susu, aduk perlahan hingga rata.
Tambahkan aneka buah kering, aduk rata.
Tuang adonan ke dalam mangkuk-mangkuk loyang muffin.
Panggang dalam oven panas 180 C selama 30 menit.
Angkat dan dinginkan.


 

You Might Also Like

22 komentar

  1. wah tergoda nih kalo pas lagi puasa. yummy ;)

    BalasHapus
  2. nyem nyemmmmmm.......sungguh menggoda :)

    BalasHapus
  3. makasih mbak resepnya, selama ini hanya beli aja, blm pernah buat sendiri

    BalasHapus
  4. aku boleh nyomot satu ya mbak muffinnya

    BalasHapus
  5. Hai, Mbak Ika.. Aku dateng perdana nih.. Heheh..

    Aih.. Enak ini keliatannya muffinnya.. Bisa lah ya aku cobak?
    Kebetulan bahannya ada di rumah. Hihihi.. :P
    Izin comot ya, Mbaaaak.. Makasih.. ^^

    BalasHapus
  6. mama saya biasanya bikin muffin kayak gini, jadi ngiler nich :-p

    BalasHapus
  7. muffin itu biasanya lebih bantet ya teksturnya dibanding cup cake

    BalasHapus
  8. Duh masuk sini jadi lapar lagi, padahal sudah sarapan ....

    BalasHapus
  9. kok bisa mumbul cantik begitu ya mbak, cakesnya....puasti maknyusss bngt ya :)

    BalasHapus
  10. Tampak yummy sekali, mbak Ika. Dan penampilannya juga profesional banget. Sudah siap buka pesanan nih kayaknya :)

    BalasHapus
  11. Aaamiiin...makasih mbak. Semoga bisa ditekuni jadi bisnis :)

    BalasHapus
  12. Terigunya berapa gram, Mak?

    BalasHapus
  13. Aha..ada yang tertinggal rupanya. Makasih sudah diingatkan. Tepung terigunya 300 gr mak ^^

    BalasHapus
  14. rajin banget sih mak bikin2 kue, kapan ya akyu bisa begituu

    BalasHapus
  15. Anterin ke rumahkuuuuuuu.....

    BalasHapus
  16. Asiik, resep untuk liburannya krucils ^^

    BalasHapus
  17. Boleh juga nih buat ide buka puasa.. Asiiik, thanks ya Mbak :)

    BalasHapus
  18. Belum pernah bikin muffin..ini lagi males bikin kue malah..arrgh...mupeeeeng..

    BalasHapus
  19. Walahhh selama ini kukira cupcake dan muffin sama aja :D .
    Asyikk dikasih resepnya, jd bisa nyoba. Buah kering banyak ditempatku :) .

    BalasHapus
  20. muffin plus secangkir kopi susu hangat ah lupa Jeng Ika lewat.....
    Muffin karya Jeng Ika, ayu memikat loh...pengin incip...

    BalasHapus
  21. Whiii ngiler deh pengen nyobain jugak. ijin kopas meneng yo mbak-e… bener2 rajin koq mbak ika ini

    BalasHapus