Rica-rica Khas Purworejo

01.55.00

Nggak terasa sudah memasuki akhir bulan Rojab. Artinya tak sampai 2 bulan lagi sudah memasuki bulan Ramadhan. Bulan penuh berkah dan limpahan pahala, tentunya harus dipersiapkan mulai sekarang. Sayang rasanya jika bulan Ramadhan hanya bisa beribadah layaknya bulan-bulan lain. Saya termasuk tak sukses bulan ramadhan tahun lalu. Tak bisa menuntaskan khatam Qur'an. Tak ingin mengulangi kesalahan yang sama, saya ingin mempersiapkan jauh-jauh hari.


SAMSUNG CSC

Memasuki bulan Rajab, di kampung saya ada tradisi pengajian pada malan ke-19. Usai pengajian biasanya dibagikan besekkan (dari kata besek), tempat makan yang terbuat dari bambu. Besekkan biasanya berisi nasi, aneka lauk, sayur, snack dan kerupuk. Setiap warga diwajibkan membawa 4 besek untuk dibagikan.


Untuk lauk besekkan, kali ini saya memilih membuat rica-rica. Di daerah Purworejo, rica-rica enthok merupakan makanan khasnya. Dan kebetulan saya belum pernah membuat sendiri. Lebih sering beli karena sedikit ribet. Enthok harus dicacah-cacah kecil sebelum dimasak. Beruntung di pasar ada tukang jagal unggas sekaligus mencacahnya. Ongkosnya hanya 3.000 per unggas, hingga saya tak perlu bersusah payah mencacah ayam.


Tukang potong ayam


Rica-rica yang saya buat tidak berbahan enthok. Saya menggunakan ayam kampung yang relatif lebih mudah memasaknya dibanding enthok. Daging enthok lebih alot dan berbau lebih tajam ketimbang ayam kampung. Dan yang membuat saya memilih ayam kampung daripada enthok, tak lain karena harga enthok hidup hampir 3 kali lipat harga ayam kampung hidup.


SAMSUNG CSC

Cara Pembuatan:


Potong daging ayam kampung kecil-kecil, sisihkan. Buang tulang daun jeruk. Memarkan batang serai, jahe, lengkuas serta kencur.
Haluskan cabai rawit, cabai merah besar, bawang merah, bawang putih, merica dan ketumbar.
Tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai tercium aroma harum.
Tambahkan daun jeruk, lengkuas, jahe, kencur dan batang serai.
Masukkan ayam kampung yang telah dipotong-potong kedalam wajan, lalu masukkan air ke dalam wajan.
Tutup wajan (diungkep) dan masak hingga empuk dan airnya hampir habis, angkat. Sajikan.


---oOo---


Rica-rica yang saya buat kali ini hanya menggunakan sedikit cabai. Kali ini saya tidak menggunakan abai rawit. Sementara cabai merah hanya beberapa buah saja, hingga penampakannya kurang merah. Sekilas terlihat seperti baceman.


Resep diatas adalah resep idealnya. Jika menginginkan tingkat kepedasan lebih ataupun kurang, maka tinggal menambah ataupun mengurangi cabai yang digunakan.


Ada yang tertarik untuk mencoba?

You Might Also Like

21 komentar

  1. Waaahh... Mbak Ika orang Purworejo yaaa??? Saya sering ke Purworejo lhhoo mbak... udh pernag nyicip rica2 enthoknya jugaa..
    kapan2 kalo pas kesana boleh dong saya mampir? :)

    BalasHapus
  2. Bapak saya asli purworejo juga mbak tapi sayangnya saya belum pernah makan enthok rica-rica *tagihbapaktuktraktir* :)

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum
    Masakan ini kelihatan begitu enak....

    BalasHapus
  4. Wah, enthok mehong ya Mak tapi bikin penasarn deh :D

    BalasHapus
  5. Wuih... enak nih buat temen makan siang. Yummmi!
    Tar dicba ah resepnya...^^

    BalasHapus
  6. Penampakannya kayak semur gitu ya, Mak? Boleh dicoba resepnya, nih. :)

    BalasHapus
  7. uwah,ngilerrr mbakkkkk....coba ah kapan2,kok hitam ya jadinya kayak pakai kecap????tapi nggak pakai kecap,penasaran.....coba ah,

    BalasHapus
  8. Resep aslinya nggak pakai kecap, cuman kemarin biar nggak kepedesan aku tambahi kecap. Lupa nggak aku tambahkan di catatan >_<

    BalasHapus
  9. Haduh, ini nih gak enaknya, lagi laper eh ada postingan kayak begini. Jadi ingat rica-rica buatan ibuku Mbak.... warnanya sama.

    BalasHapus
  10. Haaaai Mbaaaa, aku suka rica-ricaaaa, iya yaa kalau entog alot dan masaknya lamaaa kali

    BalasHapus
  11. wwuuuiiiihhh muanteebb nih ... besok langsung beli ayam ah., nyobain resep mbak Ika
    thanks for sharing :)

    BalasHapus
  12. Asiik, bookmark, ah. Pengen nyobain,nih.

    BalasHapus
  13. ika puspitasari23 Mei 2014 07.59

    Wah, mb Ika asli Purworejo kah? kebetulan saya juga....hehe, di keluarga saya malah masakan berbahan menthog paling favorit kalo lebaran. biasanya keluarga saya pesan hingga 5 bahkan 6 ekor menthog untuk dimasak jadi beberapa macam. seringnya sih. dimasak opor dan digoreng begitu saja. dan masak menthog sudah jadi tugas rutin saya. saya punya trik2 nya supaya menthog tidak bau...
    inshaAllah kapan2 saya upload deh...:)

    BalasHapus
  14. iya mak, warnanya kurang kaya rica2... tp pasti enak banget tuh, bumbunya meresap... nyam nyam :D

    BalasHapus
  15. Temapat saya juga, Mba. Di bilan Rajab ada pengajian di Desa.
    Yeaaaay, berhasil rica2nya, ya. Segeer ngeliatnya. Yuummi.

    BalasHapus
  16. harus dicoba ni, walau ga terlalu suka sama enthok tapi bisa diganti pakai ayam :)

    BalasHapus
  17. waaaaaaaah, slurpp. makanannya bikin pengen masak sendiri di rumah. kalo bumbu masakan indonesia memang wajib komplit ya, mba. biar aroma dan rasanya sedap

    BalasHapus
  18. tetep ciri khasnya coklat kecap ya mbak, untungnya pedas jadi aku bisa nyicipin nih :)

    BalasHapus
  19. Jeng Ikaaa...pengin incip nih yang buatan Jeng Ika (seruanemakmalasmasak.com)..
    Salam

    BalasHapus
  20. Sy blm pernah ngerasain enthok mbak..
    Tnyata mahal yah.. wah.. hehe..
    Ayam rica-rica, yummy.. ^_^

    BalasHapus