#Ide Bisnis: Juice Bar

19.25.00

Macet dan udara panas kini tak hanya milik Jakarta dan kota-kota besar lain di Indonesia. Jogja yang konon kabarnya berhati nyaman pun kini tak se-nyaman 5 tahun lalu. Dan kemacetan akan bertambah parah saat liburan tiba.


Jangan berharap mudah menemukan tempat parkiran mobil di sepanjang jalan Malioboro saat liburan tiba. Kalau pun harus muter 3 kali buat cari parkiran itu sih biaasaaa. Muter 2 kali? Selamat, Anda beruntung. Dan, kalau langsung dapet parkiran berarti berkah tersendiri :D


Tak hanya macet, akhir-akhir ini Jogja panasnya nggak ketulungan. Katanya sih efek dari aktifnya gunung Merapi. Tapi pastinya nggak tahu juga ya, mungkin juga karena saya terlalu lama ngendon di kampung. Jadi, pas balik ke Jogja berasa gerah aja.


Saat cuaca panas paling nikmat minum yang seger-seger. Biasanya saya meminum jus untuk menghilangkan dahaga sekaligus mengurangi stres. Apalagi kini sangat mudah menemukan penjual jus di pinggir jalan. Tapi, dari sekian banyaknya penjual jus, saya punya tempat favorit menikmati segarnya jus. Namanya King Juice.


Kebetulan banget King Juice letaknya tak jauh dari rumah saya yang di Jogja. Tak lebih dari 2 km. Pas pulang ke Jogja, saya selalu menyempatkan membeli beberapa gelas jus dengan varian buah yang berbeda.


Namun, bukan hanya karena jaraknya yang dekat hingga tempat ini menjadi tempat favorit saya membeli jus. Kings Juice menurut saya unik karena mentahbiskan diri menjadi juice bar. Bicara bar, yang terlintas dalam benak saya adalah tempat remang-remang yang menjual minuman keras. Dan, baru kali ini saya menemukan bar yang menjual minuman menyehatkan.


Nah, karena keunikannyalah kali ini saya ingin mereview tempat ini. Juice bar barangkali juga bisa menjadi salah satu inspirasi bisnis yang bisa dipilih buat pebisnis pemula. Setidaknya, ada 2 alasan mengapa bisnis ini layak dipilih.


Pertama, modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Ya, usaha jus tak perlu modal besar. Tempat yang diperlukan pun tak perlu luas. Cukup untuk tempat beberapa kursi untuk menunggu pesanan. Kecuali jika ingin menggabungkan usaha jus dengan usaha lain. Usaha bakery contohnya. Nah, itu artinya, kita juga harus memikirkan tempat usaha. Tentunya tempat harus didesain senyaman mungkin agar pelanggan betah berlama-lama.


Kedua, jus kini telah menjadi gaya hidup. Orang modern kini mulai sadar pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Mengkonsumsi buah segar ataupun jus menjadi salah satu yang dianjurkan. Sayangnya, orang modern cenderung senang yang instant. Daripada susah membuat jus mending beli. Nah, disinilah peluang besar jualan jus.


Juice Bar


Balik lagi ngomongin King Juice, juice bar ini sebenarnya tidak terletak di daerah strategis, lho. Juice bar ini hanya terletak di jalan kecil penghubung 2 jalan besar. Nggak banyak kantor dan nggak banyak tempat makan juga. Cuman beberapa meter dari situ terdapat pabrik kulit dan gudang indomarco. Tapi kalau saya lihat, jarang juga saya lihat karyawan pabrik dan gudang yang mampir kesitu.


Ngomongin usaha yang berkaitan dengan lidah, sepertinya tempat tak selalu yang strategis. Buktinya, banyak pedagang makanan yang berada di gang-gang sempit tetep aja pengunjunnya bejubel. Cuma...kalau di tempat strategis memang lebih mudah menjaring konsumen.


Gimana soal rasa? "Soal rasa, lidah nggak pernah bohong!" begitu kata iklan sebuah produk ketjap. Ya, rasa merupakan kunci bisnis kuliner. Mau jualan makanan ala kaki lima ataupun bintang lima, yang bikin orang balik lagi pasti di 'rasa'. Jus di King Juice tuh rasanya enak. Kentel sama manisnya pas. Harganya juga nyaman di kantong. Per cup-nya dibanderol antara 5.000 hingga 11.000, tergantung buah yang dipilih.


Ada yang tertarik dengan bisnis jus seperti King Juice?



You Might Also Like

16 komentar

  1. Nah ide brilian ini mak Ika...udah ditekuni keluarga saya, namun dipasarkan secara jemput bola. Alias dianter ke masing2 customer. Maklum blm ada modal bikin tempat yang di desain :)

    BalasHapus
  2. Kalau untuk pasokan buahnya, gimana, Mak? Aku punya beberapa kenalan yang punya bisnis kedai juice seperti Juice Bar ini. Rata-rata kendala yang mereka hadapi adalah pasokan buah segar.

    BalasHapus
  3. ide bagus mak.. btw, itu letaknya d jln apa?

    BalasHapus
  4. Di jalan Ki Penjawi. Daerah deket Gembiraloka

    BalasHapus
  5. Biasanya mereka bekerjasama dengan pemasok buah mak Sari

    BalasHapus
  6. Di Pekanbaru udah banyak banget mak sejak aku pindah kesini deh, pakai mobil modifikasi. Biasanya mangkal di tempat2 nongkrong. Di depan sekolah anakku juga ada. Harganya sama, 5000-an keatas. Bahkan ditempat nongkrong anak muda seperti daerah Gobah, itu sampai ada beberapa juice bar :))

    BalasHapus
  7. harga awalnya 5000 cukup murah ya mbak

    BalasHapus
  8. Pedagang juice seperti ini sekarang semakin menjamur rupanya. Mulai dari yang cuma berdagang di konter biasa, dagang di konter yang dilengkapi mesin seal sehingga kalau juice-nya dibawa pulang tidak tumpah, sampai yang model juice bar seperti yang Mbak Ika review. Dulu di dekat kantorku yang lama ada semacam juice bar yang tidak hanya menawarkan juice buah sebagai penghilang rasa haus, tetapi juga juice untuk pengobatan.

    BalasHapus
  9. di surabaya udah banyak banget kedai jus buah segar...jadi kalo pengen jus dan males bikin sendiri, tinggal beli :D

    BalasHapus
  10. di rumahku yg kampung aja udah banyak banget mba yg jualan jus, di tiap pengkolan lah istilahnya hehehee...

    BalasHapus
  11. saya blm tertarik, tapi kalau lagi panas gini lihat juice buah memang segeeerr

    BalasHapus
  12. Kalau buahnya segar, baru, pelanggan pada brbndong2 datang. :)

    BalasHapus
  13. yang seger2 emang slalu dicari :)

    BalasHapus
  14. Kalau urusan lidah memang tempat stategis kadang tidak terlalu pengaruh, ketika orang sudah jatuh cinta dengan rasanya mau jauh juga disamperin :)
    tapi memang tempat strategis memiliki keuntungan lebih, apalagi lokasinya jarang ada penjual lain walau ga enak mau ga mau kita santap daripada kelaparan :)

    BalasHapus
  15. wah saya mbok diajarin mbak Ika itu bikin jusnya hehe kemarin percobaan buat es manado saya masih gagal e hehehe, wah mampir king jus asik juga itu kayaknya otletnya keren gitu hehe

    BalasHapus
  16. sepertinya perlu modal yang besar :-(

    BalasHapus