Apple Cinnamon Oatmeal

14.05.00

Ada yang suka makan oatmeal?


Saya tidak! Rasa hambarnya membuat saya merasa eneg dan susah nelennya. Apalagi kalau dicampur dengan susu, jadi dobel enegnya :cry: Nah, lho. Padahal kata beberapa sumber yang bisa dipercaya, oatmeal bagus buat kesehatan jantung. Apalagi yang lagi menjalankan diet sehat *liat badan yang tambah melar aja*


Yuk, mari membuat sesuatu yang bikin oatmeal nggak eneg. Prinsipnya, simpel dan enyak. Ya, nggak ^^ Sebelum berkreasi dengan oatmeal, nih ada sedikit pengetahuan mengenai jenis-jenis oat.


Oatmeal memiliki 3 jenis yaitu Rolled oats, Fine oats dan Instant oats. Rolled oats adalah oat yang berasal dari biji gandum utuh. Biji gandum tidak dipotong dan memiliki bentuk agak tebal. Jika ingin mengolah rolled oats menjadi Porridge (bubur), oat harus direndam terlebih dahulu beberapa jam dengan air, baru kemudian dimasak.


Oat jenis lain adalah Fine oats. Hampir sama dengan Rolled oats, Fine oats berasal dari biji gandum yang masih memiliki kulit ari. Bedanya, biji gandum sudah dipotong kecil-kecil hingga tak perlu di rendam saat ingin membuat Porridge.


Berbeda dengan Rolled dan Fine oats, instant oat relatif lebih mudah diolah, sebab gandum telah digiling dan dibentuk menjadi butiran kecil dan dipipihkan. Instant oat akan cepat melebur saat dicampur dengan cairan. Oat jenis ini sangat cocok dikonsumsi bayi berusia 6 bulan keatas ataupun bagi mereka yang sedang menerapkan diet sehat. Cocok juga dikonsumsi mereka yang sedang sakit diare atau sakit lambung lainnya.


SAMSUNG CSC

Kali ini saya ingin mengkombinasikan oatmeal dengan buah segar. Buah yang saya pilih adalah buah yang memiliki tekstur keras dan krez. Saya menggunakan apel sebagai campuran bubur oat. Apel Fuji tepatnya. Tapi apel lain bisa sih dikombinasikan,. Berhubung saya suka apel Fuji, maka apel ini yang saya pilih.


Cara pembuatannya sangat...sangat gampang. Setelah semua bahan tersedia, bahan-bahan tersebut tinggal diaduk jadi satu. Ketersangan bahan dan cara pembuatannya ada dibawah ini.


SAMSUNG CSC

Ada yang berminat untuk mencoba?

 

You Might Also Like

20 komentar

  1. Wowww...lihat fotonya aja udah bikin ngiler.
    btw, aku belum pernah makan oatmeal mbak. Kalau membaca penjelasan mb Ika, kayaknya aku juga gak bakal suka :D

    BalasHapus
  2. ini pake oat instan ya mak? bagus yang biru apa merah mak?

    BalasHapus
  3. Saya paling suka dengan "oatmeal" :D

    BalasHapus
  4. wah..saya juga termasuk yang suka 'eneg' kalau makan oatmeal.. tapi kalau dimasak begini kelihatannya enak nih Mbak..

    BalasHapus
  5. Saya belum pernah makan oatmel mak. Apalagi denger ada susuwny. Daku juga ga suka susu :(

    BalasHapus
  6. Cara bikinnya gampang banget ya Mbak :) Patut dicoba nih, praktis

    BalasHapus
  7. Aku juga lagi nyari2 resep oatmeal gini mak untuk diet hihihiiii..... Udah nyoba kalau dikasih air aja biar cepet kurus tapi kok nggak doyan. Mungkin kalau diolah gini bisa doyan ya

    BalasHapus
  8. oatmeal serng makan suamiku nih mbak, nanti aku coba deh bikin yang sepetri ini

    BalasHapus
  9. Oat meal kan eneg banget mak... kayanya walau di campur pake buah bakalan tetep eneg menurut saya *susah diajak sehat* :) Btw, saya menominasikan liebster award buat mak Ika ya. Semoga berkenan, maaf kalau sebelumnya sudah terima award ini. Di terima atau nggak kita tetep temenan kan Mak *nelangsa amat* :) ini blogpost nya http://umminyathaya.blogspot.com/2014/05/liebster-award-tali-hati-para-blogger.html Terimakasih ;)

    BalasHapus
  10. ditambah gula palm plus apel... pasti maknyus...
    hrs nyoba nih :)

    BalasHapus
  11. Aku gak pernah makan oatmeal. tapi mertuaku dulu sering mengkonsumsinya.
    Resepnya patut dicoba nih Mak.
    BTW kenapa huruf di kotak komentar kecil2 sekali Mak?
    Mataku susah banget bacanya nih :(

    BalasHapus
  12. Makasih infonya mbak. Coba aku cek ya

    BalasHapus
  13. Kalau ngomongin body, jadi gimana gtu, Mba. :D
    Kreatif euuuy. . .

    BalasHapus
  14. Mak, kalau aku malah gak suka oatmeal dimacem-macemin loh. Biasanya pakai susu full cream dan air panas aja. Kebalik yaa hihihi

    BalasHapus
  15. kalo dibikin gini jadi enak ya oatmealnya? gua juga gak suka oatmeal soalnya. hehehe.

    BalasHapus
  16. Wiih jadi ngiler. Enak kayaknya kalo baca komposisinya

    BalasHapus
  17. aku suka oatmeal maaak...enak kalau dimasak dan dicampur sayuran hehehe...paling hobi dicampur tahu, bayam dan daun bawang..ayoo cobain deh..karena aku ngg suka yang manis-manis...tapi ini menggiurkan sekali niih :D...

    BalasHapus
  18. Boleh nih mak buat alternatif waktu diet nasi hehe, buat anak saya juga kalo lagi males makan, kayanya enyakkk

    BalasHapus
  19. nah ini lumayan gampang ya mba masaknya, jadi pengen deh

    BalasHapus
  20. Aku beli yg warna biru biasanya, dimasak biasa sih. Klo diberi buah mungkin rasanya jadi enak ya mak, kapan2 nyoba ah :)

    BalasHapus