Mini Pancake Bumil

14.54.00

Aslinya saya lagi males banget nguprek-uprek dapur. Capek bolak balik Jogja Purworejo ngurus anak dan kerjaan ternyata berimbas pada urusan DPR (dapur maksudnya :P ) Tapi... berhubung Nana, adik saya yang lagi ngidam pengen banget dibuatin pancake, jadilah saya kemarin sibuk di dapur. Daripada nantinya calon ponakan ngeces, kan jadi berabe, ya nggak. Lagi pula, saya kan kakak yang baik hati dan tidak sombong. Mana gemar menabung pula :D


Ceritanya, subuh kemarin ni bumil telpon minta dibikinin pancake. Agak heran juga, ni anak mimpi apa semalam pagi-pagi minta dibikinin pancake. Telisik punya telisik, ternyata ini gara-gara bumil liat status temennya yang pasang foto pancake. Kata bumil, pancakenya bener-bener menggiurkan!


Pas bumil tanya di mana tempat beli pancakenya, si teman bilang kalau dia beli di  Pancious  via  Foodpanda. Jadi, tinggal leb (ikutan iklan sosis) aja, nggak perlu susah-susah keluar rumah. Pesanan langsung diantar ke rumah.


Nah, pas bumil mau ikutan pesan pancake di Foodpanda, ternyata Foodpanda baru bisa melayani pesanan di 5 kota, yakni Bali, Bandung, Jakarta, Medan dan Surabaya. Jadi, apa boleh dikata, akhirnya bumil harus puas menikmati pancake buatan kakaknya yang ketje badai :D


Ngomongin soal ngidam, Alhamdulillah, 2 kali hamil saya nggak pernah mengalami keluhan yang berarti. Makan enak, tidur pun nyenyak. Saya juga tidak mengalami morning sickness dan ngidam. Orang Jawa bilang kehamilan saya itu ngebo. Makanya nggak heran saat hamil BB meningkat fantastis. Kehamilan pertama BB naik hingga 20kg, sementara pada kehamilan kedua naik 10kg. Malangnya, sampai kini belum ada tanda-tanda BB kembali seperti saat gadis :(



Mini Pancake


Beberapa waktu lalu, saat jalan-jalan di Amplaz (Ambarukmo Plaza), saya sempat mencicipi pancake yang terletak di depan bioskop STUDIO 21. Rencananya saya dan keluarga akan menonton film Frozen. Tapi, berhubung datangnya kepagian (Saya datang jam 09.00! Ketahuan nggak pernah nonton bioskop XD), Saya putuskan untuk menunggu bioskop buka sambil menikmati pancake.  Sayangnya, pancake yang saya beli topping-nya terlalu legit. Walhasil saya pun makan pancake sambil merem melek karena menahan eneg.


Dari pengalaman kemarin, kali ini sengaja saya bikin pancake mini biar bisa diberi beragam topping. Kalau malas membuat topping, pancake mini cukup diolesi Nutella.


Oya, untuk memasak mini pancake kali ini, saya menggunakan teflon berdiameter 12cm yang biasa untuk menggoreng telur. Kalau kalian punya teflon yang ada beberapa lubang kecil mirip teflon untuk membuat apem, tentunya jauh lebih baik karena akan mempercepat proses pembuatan.


Pancake


Cara membuatnya, campur dan aduk rata semua bahan sampai adonan menjadi licin dan halus. Setelah itu panaskan teflon dengan api kecil, kemudian tuang 1 sendok sayur adonan. Masak hingga matang. Balik adonan pancake, angkat dan sisihkan. Lakukan cara tersebut hingga adonan habis.


Kali ini saya membuat 2 topping. Jadi, bumil bisa memilih topping apa yang diinginkan. Pertama, coklat keju yang terbuat dari dark cooking chocolate yang diberi taburan keju parut. Paduan topping ini menjadikan pancake legit dan gurih, hingga coklatnya tidak membuat eneg.


Kedua, topping buah saus stroberi. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat siraman, 150 gram buah strawberry, potong kotak-kotak kecil50 gram selai strawberry, 2 sendok makan air. Sementara cara membuat sausnya sebagai berikut, panaskan selai strawberry dengan air, aduk hingga larut, tambahkan buah strawberry, kemudian aduk hingga rata. Tuang saus diatas pancake. Tambahkan es krim strawberry diatasnya untuk menambah kesegaran, lalu taburi dengan buah segar sesuai selera.


Pancake_


Dan, tralaaa... Inilah pancake buatan saya untuk adik tercinta. Biar pun tak selezat pancakenya Pancious, nyatanya pancake saya langsung tandas tak bersisa ;)


You Might Also Like

27 komentar

  1. aku save resepnya ya mbak

    BalasHapus
  2. Aku lagi jadi Makmil iniiiih, boleh reques pagi-pagi minta pancake banana dooong...aaachhhh

    BalasHapus
  3. haadddeeuh,,,pingin mbkkkkk,nutella aja dah ajib apalagi pake keju,sluurpptttt...

    BalasHapus
  4. Aarrghhh padahal td pagi baru aja sarapan ini. Tp pas liat punyamu kok jadi ngiler lagi yah...

    BalasHapus
  5. Aaarrgh... ngiler mbaaaakkk....
    aku beberapa kali nyoba bikin pancake kok hasilnya gak pernah memuaskan yaa...

    BalasHapus
  6. indikator suatu masakan enak apa engga itu mudah. habis engga bila dimakan orang lain. bila ludes tanpa sisa ya berarti enak :)

    BalasHapus
  7. Ya Allaah....
    Enak sekali pasti ini, Kak :)

    BalasHapus
  8. ngiler... dari kemarin liat foto ini di IG..baru sempat buka blognya mba, mau nyontek resepnya..hihhi...
    makasih mba ika :D

    BalasHapus
  9. Aaaarrghhh...jd kepengen pancake mbaaak

    BalasHapus
  10. Tiba-tiba pengen Nutell*
    Udah lama nggak makan roti pake itu ...
    hahaha

    salam saya Mbak Ika

    (16/4 : 7)

    BalasHapus
  11. mbak ika kmren saya sempat ngidam pancake juga...gara2 nonton master chef junior yg bikin pancake pelangi...tapi yah saya ga bikin...pengennya dibikinin juga hehehe
    kyknya resep mbak ika boleh dicoba ni...menggiurkan :-)

    BalasHapus
  12. Ini versi gampangnya, Izz. Coba aja ^^

    BalasHapus
  13. Mbak Ika sering banget ya bolak balik Jogja :D

    BalasHapus
  14. Haduh ngilernya aku Mak huhuhu.

    BalasHapus
  15. Sini mak Haya...aku sediain jus buah naga sekalian :)

    BalasHapus
  16. pancake itu kesukaan anak2 saya :)

    BalasHapus
  17. Baca judulnya kupikir mbak Ika yg hamil :D .
    Asyikk ada resepnya, mau bikin juga ahh :) .

    BalasHapus
  18. jadi ngidam pancake juga padahal ga hamil xixixi
    makasi resepnya
    dulu pas hamil, naik 17 kg, doyan masak, ga ada acara mual bau dapur xixixix

    BalasHapus
  19. Huaaaa.. jadi pingin bikin pancake juga mba liat foto2nya.. nom nom nom

    BalasHapus
  20. bikin laper saja. cocok untuk cemilan siang hari apalagi ditambah dengan es krim wah pasti nikmat sekali

    BalasHapus
  21. simple yah, baik pancakenya maupun toppingnya :)

    BalasHapus
  22. dibuat camilan anak kosan boleh juga ni mak. Save resep :D

    BalasHapus
  23. Looks yummy...
    Kirain mba Ika loh jadi bumil, hehehe

    BalasHapus
  24. hmmm..enaknya,,bikin ngiler mak :)

    BalasHapus
  25. Kunjungan weekend gan hehehe salam kenal

    BalasHapus