Kiat Memilih Mainan Anak

23.41.00

SAMSUNG CSCSetiap ibu, pasti akan memilihkan yang terbaik untuk buah hatinya, termasuk saya. Apapun itu! Mulai dari asupan makanan bergizi yang akan mendukung tumbuh kembangnya, sampai semua kebutuhan anak-anak termasuk pakaian dan mainan.


Untuk urusan mainan saya sekarang termasuk ibu yang sangat selektif. Paling nggak bisa kalau hanya asal mainan. Dulu, setiap Fathiin dan Azzam meminta mainan yang mereka mau, saya selalu mengiyakan. Sampai akhirnya, rumah penuh dengan mainan dimana-mana. Padahal, sebagian besar mainan sudah sangat jarang mereka mainkan. Beberapa bahkan rusak karena tidak terawat. Kadang saat saya bertanya pada keduanya mengapa beberapa jenis mainan sudah tidak dimainkan lagi, mereka menjawab,"Malas, Mi. Mainan kayak gitu sudah nggak jaman."


Nah, lho! Kalau sudah begini, kan saya sendiri yang repot. Selain repot ngeberesinnya, bingung naruhnya karena rumah saya tidak terlalu luas. Lagipula sayang juga, kan uangnya kalau akhirnya hanya sebentar dimainkan. Tak mau mengalami kejadian serupa, kini saat akan membelikan mainan, saya selalu mempertimbangkan beberapa hal berikut ini;


Sesuaikan dengan usia anak


Penting banget menyesuaikan jenis mainan dengan usia anak, sebab mainan bukan hanya sekedar memberi kesenangan untuk anak, namun juga berfungsi untuk membantu proses pembelajaran. Mainan yang dipilih juga harus memiliki karakter dan fungsi masing-masing untuk setiap peruntukan usia.


Sebaiknya orang tua tidak memberikan mainan yang terlalu sulit untuk dimainkan. Mainan yang sulit dimainkan akan membuat anak frustasi, sebab anak merasa tak mampu menyelesaikan masalah. Sebaliknya, mainan yang terlalu mudah dimainkan membuat anak tidak tertantang dan membuat mereka cepat bosan.


Edukatif


Saat membeli mainan untuk kedua anak saya, saya selalu memperhatikan unsur edukatifnya. Mainan harus bisa menstimulus kemampuan-kemampuan baru yang bisa dilakukan anak-anak. Mainan yang dipilih juga harus bisa merangsang saraf-saraf perkembangan yang sedang tumbuh.


Pada usia 3 sampai 6 tahun misalnya, mainan yang cocok diberikan pada anak adalah mainan yang dapat mengembangkan keterampilannya berpikir, memahami peralatan, membangun sesuatu, seperti menyusun balok dan mengaitkan benda-benda yang sejenis.


Aman saat dimainkan


Selain memperhatikan jenisnya, saya juga selalu memperhatikan keamanan bahan yang digunakan. Saya selalu memastikan mainan yang digunakan tidak terbuat dari bahan beracun atau mengandung bahan berbahaya bagi kulit dan tubuh.


Untuk memudahkan mendeteksi mainan yang aman digunakan untuk kedua buah hati saya, saya selalu mengecek apakah mainan yang akan saya beli menyertakan label standar kemananan mainan atau tidak. Mainan yang aman digunakan dan berkualitas biasanya menyertakan label standar keamanan mainan seperti REACH (Jepang), ASTM (Amerika), dan SNI ISO 8124 (Indonesia).




[caption id="attachment_10045" align="aligncenter" width="931"]Salah satu mainan ELC bernama wooden toys yang berfungsi untuk menstimulasi motorik anak Salah satu produk mainan ELC bernama wooden toys yang berfungsi untuk menstimulasi motorik anak[/caption]

Dan, ketiga kriteria diatas saya temukan pada semua mainan produk Early Learning Center atau yang biasa disebut ELC.


Sekilas tentang ELC nih... ELC ini adalah perusahaan pembuat mainan yang berpusat di Inggris dan telah memproduksi mainan sejak pertengahan tahun 1970-an. Aspek keamanan, pengembangan isi dan kualitas produk menjadi dasar ELC dalam merancang dan mengembangkan produknya. Hmmm... kebayang, dong kualitas produk ELC.


Setelah memiliki 28 store di 6 kota besar Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan dan Makassar, kini ELC hadir di Jogja. Tepatnya di Plaza Ambarukmo. Tepatnya di level 2 Unit B12-B19. Yeah... jadi makin mudah saat ingin berbelanja mainan anak-anak.


Serunya lagi, outlet ELC bersebelahan dengan outlet Mothercare yang menyediakan semua keperluan ibu hamil, bayi sampai anak umur 8 tahun. Mau cari maternity, babywear, travel, home safety, nusery, bath time, feeding ataupun playtime, semua ada! Pokoknya komplit..plit.




[caption id="attachment_10002" align="aligncenter" width="910"]ELC_3 Baju sama sepatunya unyu bingit. Jadi pengen borong nih[/caption]

Untuk urusan kualitas, Mothercare menjamin semua produknya berkualitas. Terbukti dengan penghargaan dari Mother&Baby Reader's Choice Award 2013 sebagai Pemenang Favorit 1 untuk berbagai kategori. Tak hanya itu, Mothercare yang telah berdiri sejak 50 tahun ini juga mendapatkan Ayahbunda Community Award 2013 untuk kategori Produk Perlengkapan Perjalanan Bayi Favorit.


Seharian ngubek-ubek Mothercare & ELC nggak kerasa capeknya. Tempatnya nyaman, semua kebutuhan ibu hamil, bayi dan anak-anak pun tersedia komplit disini.


Sedikit saran ya, kalau belanja di Mothercare & ELC jangan lupa bawa duit yang banyak! Produknya unyu semua jadi pengen borong-borong :P

You Might Also Like

32 komentar

  1. passs sharingnya,catettt buat bekal kl punya anak ntar hehehe....itu yang pink mak gesss to???

    BalasHapus
  2. tokonya aja rapi dan apik ya, makin betah deh belanja di situ

    BalasHapus
  3. Betul mak. Yang pakai pink mak gres ^^

    BalasHapus
  4. Nyaman pakai banget bunda ^^

    BalasHapus
  5. kyaaaaa...roknya lucuuuuk ....:)

    BalasHapus
  6. Iyaaa, lucu bingits. Ampek aku cobain.

    BalasHapus
  7. untung anak2 saya udah gede. Saya suka gak tahan kalau lihat yang lucu2 gini hihi

    BalasHapus
  8. Konon katanya poduk mainan kita kurang laku karena banyak yg tidak menyertakan standar keamanan seperti mainan dari elc ini ya mbak?....

    BalasHapus
  9. Kalau Shasa sekarang sih sudah jarang beli mainan Mak.
    Sudah gede soalnya. Kalau mainan shasa dulu sekarang yang make keponakan kalo mereka ke Madiun

    BalasHapus
  10. sepertinya ada juga produk indonesia seperti mainan punya ELC ini..tapi sayangnya kurang promosi..jadi kurang dikenal masyarakat.....,
    btw-elc belum ada di makassar..........jadi nunggu saja dulu..kalo sudah buka cabang di makassar...
    keep happy blogging always...salam dari makassar :-)

    BalasHapus
  11. Tempat nya udah bikin nyaman, maka nya bisa betah buat belanja nya. :D

    BalasHapus
  12. kalau lihat baju anak perempuan lucuuuu, maklum anakku cowo semua ya mbak :)

    BalasHapus
  13. mainannya lucu2 gituuu, mahal ngga sih maak?

    BalasHapus
  14. Wah... seru ya tempatnya. Jadi pengen borong nih buat #BabyZ. TFS, Mak Ika.... ^^

    BalasHapus
  15. Relatif mbak ^^ Tapi kalau di lihat kualitasnya sih pas lah harganya

    BalasHapus
  16. suka ngiler klo dtg ke toko2 ky gt..

    BalasHapus
  17. Nuasa Pink sangat terasa. . . :D
    Syopping terus ya, Mba. .

    BalasHapus
  18. Masa-masa hunting mainan di ELC dan sejenisnya buat aku sudah lewat sih Mbak. Meskipun demikian kalau pas lagi jalan-jalan di mall dan ketemu toko mainan ya aku tetap masuk juga sih, Senang soalnya lihat macam-macam mainan itu :)

    BalasHapus
  19. Pas-lah Mbak buat say ayang calon ibu :)
    Memilih mainan memang harus disesuaikan umur dan kita tahu di mana nilai edukatifnya, saya baru ngerti pas ponakan sering minta dibeliin mainan.

    BalasHapus
  20. setuju mom.. Masih banyak momy yang belum aware pada bahayanya mainan anak. Thanks atas sharingnya mom

    BalasHapus
  21. Kebayang apsti lupa waktu ya mbak belanja di sana :P

    BalasHapus
  22. yuhuuu,,jadi pengen juga nih aku kesana mak,,memilih milih barang yang apik :)

    BalasHapus
  23. Catet...catet...di Amplaz, unyu dan aman....jadi pilihan nih Jeng Ika.
    Salam

    BalasHapus
  24. di malang belum ada. Kayaknya klo pas mudik ke klaten mesti disempatkan mampir nih. lihat-lihat aja :)
    barusan cek di web nya, harganya mahal menurut ukuran kantong saya

    BalasHapus
  25. Persoalan mainan bertumpuk dan tak terpakai dulu juga jd masalah di rumah ku Mbak Ika, Ya kalau tersedia dan mudah mendapatkan, mainan edukatif adalah pilihan terbaik :)

    BalasHapus
  26. Emang bagus-bagus ya maaak mainan-mainan di ELC, lucu-lucu.. ;) sayangnya harganya kurang pas di kantongku :p hehe..

    BalasHapus
  27. Mainan pun ada standarnya toh... Aku demen banget Mbak ke Mothercare dan teman-temannya, meskipun lihat tok til :)

    BalasHapus
  28. Terima kasih sis....infonya

    BalasHapus