Klapetaart Durian

22.28.00

Paling seneng kalau musim durian tiba. Mau makan durian berapapun bisa! Nggak pakai mahal pula. 20 ribu aja udah dapet durian yang gede bingits. Mana baunya harum pula. Tapi....dengan catatan ambil sendiri di kebonnya :D Kalau beli dipinggir jalan sih harganya bisa sampai 35 ribuan. 


Daerah Purworejo selain dikenal dengan kambing PE Etawanya, juga dikenal sebagai penghasil buah durian dan manggis. Kedua buah ini selalu berbuah hampir bersamaan.


SAMSUNG CSC


Durian dan manggis di daerah Jawa Tengah selatan dan Jogja biasanya di suplai dari Purworejo. Beberapa kecamatan di Kabupaten Purworejo merupakan penghasil utama buah durian seperti Kec. Kaligesing, Kec. Bruno, Kec. Bener, dan Kec. Loano.


Durian Purworejo memiliki ciri khas yang gampang dikenali dari bentuk fisiknya. Durian berbentuk bulat telur dengan warna hijau kekuning-kuningan, durinya pendek dan rapat, serta rasanya manis kepahit-pahitan. Daging buah berwarna kuning dan tebal, seratnya halus, kadar airnya sedikit sehingga baunya cukup menyengat hidung.


Nah, musim durian begini saya kok jadi kepikiran mau coba resep kudapan berbahan durian yak. Pas lihat isi kulka ternyata ada susu 1 liter, kismis , sama kelapa muda udah dikerik halus. Dan, saya akhirnya saya dapet ide untuk membuat Klapetaart. Kali ini saya pengen membuat klapetaart yang pakai aroma durian biar terasa lebih spesial.


SAMSUNG CSC


Kupadapn yang di kenal berasal dari Manado ini mengandung kalori yang cukup tinggi. Apalagi jika dicampur dengan durian. Jadi, perlu berhati-hati saat menyantapnya. Walaupun terasa enyak banget, sebaiknya tahan untuk memakan berlebihan, terutama jika sudah 'berumur' atau memiliki penyakit yang akan bermasalah dengan kelebihan kalori. dan kolesterol.


Ada beragam cara mengolah Klapetaart. Perbedaan cara akan menghasilkan tekstur yang berbeda. Jika dipanggang dan dicampur dengan roti, maka akan menghasilkan klappertaart dalam bentuk yang padat, bisa dipotong-potong layaknya kue taart pada umumnya. Jika tidak dipanggang maka klapetaart memiliki tekstur yang begitu lembut, seperti memakan custard yang langsung meleleh begitu masuk ke mulut.


Bahan1


Caranya :




  • Tata gula merah di pinggan tahan panas yang dioles margarin. Sisihkan.

  • Untuk membuat vla, rebus semua bahan, kecuali kuning telur dan rhum, sambil diaduk sampai meletup-letup. Angkat. Tambahkan rhum, kelapa, dan kismis. Ambil sedikit adonan tambahkan ke kuning telur. Aduk rata. Tuang lagi ke rebusan vla. Rebus lagi sampai meletup-letup. Tuang ke pinggan. Tabur kenari.

  • Letakkan di loyang yang berisi sedikit air. Oven 75 menit dengan suhu 170 derajat Celsius sampai matang. Angkat. Sajikan. 


SAMSUNG CSC

Buat saya pribadi, klapetaart enak disandingkan dengan kopi tubruk sedikit pahit. Legitnya klapi dipadu dengan pahitnya kopi terasa pas banget di lidah. Apalagi jika kudapan ini disantap di sore hari bersama keluarga di kebun belakang rumah. Ahh...terasa banget nikmatnya hidup.

You Might Also Like

25 komentar

  1. Huwaaaaa. Kepengeeeeen. Ketemuwannya kenapa gak pas setelah musim duren ya jadi bisa ngarep oleh-oleh klapertart duren. Hahaha.
    Saya pernah ngerasain Mba metik duren di kebon dan langsung makan jaman di lampung dulu. Diajakin nasabah rame-rame secabang. Seru deh kalo inget jaman dulu.

    BalasHapus
  2. Mbak tiwas aku semangat kok Klapertartnya duriah sih ... I truly dully hate Durian :(
    tapi aku sukaaa banget klapertart .. nenekku dulu jago bikin ini ;)

    BalasHapus
  3. mbaaakkkkkk aku rung tau maem klappetarttt...

    BalasHapus
  4. Pasti mlezat banget.
    Saya sudah makan klappertar kelapa waktu di Manado
    Terima kasih resepnya Jeng
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  5. Klapertaart saya sudah pernah merasakannya ... tapi itu yang kelapa ...
    kalau yang durian saya belum pernah coba ...
    kayak apa ya rasanya ...
    (ya kayak duren no oommm ... piye toh ?)

    Salam saya Mbak Ika

    (21/3 : 7)

    BalasHapus
  6. Klappertart suka banget, tapi suami gak suka bau durian mak

    BalasHapus
  7. Bikin ngiler...... Ini lagi minum kopi pahit.... cuman kurang Klapetart Duriannya... "ngarem dikirimin"

    BalasHapus
  8. Du..du..duuu... Duren-Duren... sepertinya harus dicoba biar jadi doyan.

    Liatnya bikin mau mbak Ikaaaa...tp pas inget Durennya du...du..duu..
    Teteh pesen yg ngga berDuren aaah...

    BalasHapus
  9. Jangankan klapertartnya Mbak, duren aslinya aku juga mau koq :P
    Aku belum pernah maem klapertart Mbak :/

    BalasHapus
  10. Jeng Ika, fakta kalori klapertaartnya diumpetin dulu yaa, karena kalau nyemil kudapan ini sih sudah disiasati irisan kecil tapi berkali kaliii jadi ya numpuk kalori hehe
    Selalu dan selalu suka dengan klapertaart ini meski blum coba yang durian (halah apa sih yang emak gak suka, bisik hati saya).
    Selamat berakhir pekan.

    BalasHapus
  11. aku suka klapertart tapi belum pernah coba yang rasa durian

    BalasHapus
  12. Klapi hihihi... ada nama panggilannya toh.
    Wingi liat foto durennya di IG, dibikin Klappertaart juga toh XD

    BalasHapus
  13. Kelihatannya enak, Mbak. Sayang aku gak doyan kalau durian sudah dibuat jadi kue atau penganan gitu. Kalau buahnya sih doyan banget :D

    BalasHapus
  14. sayang sekali aku gak suka dengan buah durian hehe...

    BalasHapus
  15. kebetulan aku nggk suka durian dan kue yang rasanya kelapa, klop deh! hahaha....
    ini mungkin kalo buat orang sakit yang males makan bisa makan klappetart ya, empuk, nggak perlu banyak ngunyah, tapi kenyang...
    coba bikin ah, tapi selain dua rasa itu bisa diganti apa mb ika?

    BalasHapus
  16. Kalo nggak suka durian di skip aja nggak papa.

    BalasHapus
  17. duh, sumpah jd ngiler..
    saya ga terlalu suka klapertart, tp klo pake durian pasti lebih maknyus yah..

    BalasHapus
  18. Hmmmm uenak banget mak.... aromanya sudah tercium sampai sini :) saya kan penyuka durian juga *siapayangnanya* :D

    BalasHapus
  19. Sore2 mampir di sini jadi lapar mbak Ika ... bagi dong :)

    BalasHapus
  20. ugh! itu duriannya menggoda bangeeett! :)

    BalasHapus
  21. Mbak Ika, itu gula merah tidak dicampur bersama adonan ya?
    Cukup ditata di pinggan saja? Paling Manis kuenya brarti dibagian bawah saja? :) .

    BalasHapus
  22. Iya...ditata dipinggan aja. Ntar dia meleleh dibagian paling bawah ^^

    BalasHapus
  23. setiap saya ke manado selalu membeli klapetart sebagai oleh2......tapi yg rasa durian baru tahu ada di blog sini....jadi kepingin ke manado lagi dech......keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
  24. Aku penggemar durian, Maaakkk. *kejet-kejet mupeng baca postingan ini*

    BalasHapus