Berkreasi dengan Gula Aren

01.08.00

Wedang Uwoh


Udara dingin dengan minuman hangat itu ibarat pasutri (pasang suami istri) dan cinta. Lha, kok bisa! Ya iyalah, mana ada sih orang yang mau minum es ditengah cuaca dingin. Saat cuaca dingin, orang cenderung mencari minuman yang bisa menghangatkan.


Sama halnya dengan pasutri, tanpa cinta dijamin hubungan keduanya terasa 'adem'. Bukannya saling terikat, malah semakin berjarak. Dan, cintalah yang membuat hubungan keduanya tetap hangat meski telah menikah lebih dari setengah abad.


Tapi...kali ini saya bukan mau ngomongin soal pasutri. Ribet urusannya! Saya mau bikin minuman yang sangat terkenal di daerah saya. Namanya Wedang Uwoh. Terjemahan bebas minuman ini adalah minuman sampah.


Meski bahan-bahannya seperti sampah yang berserakan, saat udara terasa dingin, minuman ini menjadi andalan saya dan keluarga untuk menghangatkan tubuh. Sekali sruput, nggak hanya terasa hangat, badan juga jadi terasa segar. Mengkonsumsi minuman ini disaat tubuh terasa masuk angin juga sangat dianjurkan.


SAMSUNG CSC


Minuman sampah yang kaya manfaat ini terbuat dari berbagai jenis herba diantaranya, rimpang jahe, serutan kayu secang, serutan kayu manis, cengkih, daun pala. Bisa juga ditambahkan batang sereh atau daun jeruk jika menyukainya. Campur semua bahan lalu rebus hingga air mendidih. Tunggu sampai agak dingin, tuang kedalam gelas, lalu campur dengan gula.


Untuk pemanisnya, ada beberapa alternatif pemanis yang bisa dipilih yakni gula batu, gula pasir ataupun gula jawa. Namun, kali ini saya tak menggunakan satu diantara ketiga jenis gula tersebut. Saya menggunakan gula aren Arenga. Alasan saya menggunakan gula yang biasa disebut Palm Sugar ini selain lebih nikmat, juga karena saya peduli dengan kesehatan keluarga saya.


SAMSUNG CSC



Ontbijtkoek


Saya masih kesulitan melafalkan kue yang satu ini. Bahkan untuk menuliskannya pun saya terkadang masih mencontek mbah Google. Yah, mau gimana lagi, lidah Jawa tulen memang agak belibet kalau disuruh melafalkan bahasa Kompeni. :D


Ontbijtkoek (The Dutch Spice Breakfast Cake), artinya adalah kue yang dimakan untuk sarapan (ontbijt=breakfast/sarapan, koek=cake/kue). Cake tradisional Belanda ini sejatinya merupakan kue yang disajikan sebagai sarapan. Berhubung perut orang Indonesia yang tak pernah mengenal kata kenyang sebelum menyantap nasi, maka kue ini lebih sering dijadikan sebagai teman minum teh atau kopi di sore hari, daripada disajikan sebagai sarapan.


SAMSUNG CSC


Membuat Ontbijtkoek tidaklah sulit. Semua bahan mudah didapat. Bahan-bahan yang dibutuhkan hanyalah telur, cake emulsifier (optional), gula aren bubuk/gula semut, gula pasir, tepung terigu protein sedang, tepung maizena, susu bubuk, bumbu spekoek, margarin/butter dan Almond slice/kenari untuk taburan.


Cara membuatnya pun relatif mudah. Dua kali percobaan hasilnya lumayan untuk pemula seperti saya. Pertama, kocok telur, gula aren bubuk, gula pasir dan cake emulsifier hingga mengembang dan kental. Lalu, masukkan campuran tepung terigu, maizena, susu bubuk dan bumbu spekoek yang sudah diayak secara bertahap. Aduk rata.


Kedua, masukkan margarin atau butter yang sudah dilelehkan, aduk balik hingga merata. Ketiga, tuang adonan dalam loyang brownies yang sudah dialas kertas roti dan dioles margarin. Terakhir, taburi almond atau kenari. Panggang dalam oven hingga matang. Test sentuh dan test tusuk. Angkat dan segera keluarkan dari loyang. Dinginkan.


Nah, kali ini saya ingin memadukan nikmatnya Ontbijtkoek dengan hangatnya Wedan Uwoh sebagai teman membaca buku di sore hari.


SAMSUNG CSC



Mengapa memilih gula aren Arenga?


Sebagai seorang ibu, tentunya saya selalu memilihkan yang terbaik untuk keluarga. Termasuk dalam memilih gula aren, mengingat kini banyak sekali gula aren palsu yang beredar di masyarakat. Tak mau beresiko, saya pun memilih Arenga sebagai pemanis sehat dalam keluarga.


Gula aren Arenga merupakan pemanis sehat yang terbuat dari bahan organik. Arenga tidak diberi bahan tambahan, apalagi zat kimia sintetis. Pokoknya asli alias ori.


Selain itu, Arenga palm sugar diolah dengan dipanaskan diatas tungku, sehingga kandungan zat gizi dan vitaminnya relatif masih terjaga. Saat diujikan di laboratorium, gula aren kristal dari Arenga mengandung natrium, magnesium, kalsium dan zat besi serta vitamin A, B1, B2, C dan E dalam jumlah kecil.


produk arenga


Tak hanya itu, yang paling saya sukai dari Arenga palm sugar yakni aromanya. Aromanya yang harum serta legit memberi cita rasa tersendiri terhadap makanan dan minuman. Dan, lagi saya tak perlu repot mengiris saat membutuhkannya. Arenga palm sugar langsung bisa dituang kedalam minuman ataupun adonan makanan. Praktis bukan?


"Ikutan Menulis Tentang Pemanis Sehat Yuk..."


Banner-Peduli-Pemanis-sehat


 

Referansi;

http://eviindrawanto.com/2013/01/sehat-dengan-palm-sugar/

http://ricke-ordinarykitchen.blogspot.com/

You Might Also Like

13 komentar

  1. Lagi dingin nih di Serpong, Mbak Ika. Minta dunk wedang uwohnya..Di sini cuma punya gula aren dan gak uwohnya soalnya hehehe..
    Makasih atas sharingnya ya Mbak :)

    BalasHapus
  2. WOW keren ini mbak Ika .*sambil tepuk tangan*
    Bakal menang nih kayaknya, soalnya sampai bela2in bikin kue dan minuman ...

    Moga menang ya :)

    BalasHapus
  3. pernah sekali menikmat wedang uwuh, jaman masih jadi mahasiswa di jogja.
    semoga sukses dengan kontesnya ya mbak

    BalasHapus
  4. Wah salut aku ama Mak Ika.... serius dalam mengikuti suatu lomba.
    Terbukti mau bersusah payah membuat Ontbijtkoek untuk lomba ini.
    Semoga menang Mak.. aku mendoakanmu. :D

    BalasHapus
  5. Rempah2 dalam wedang uwuh menghangatken semueeee, Mba. Apalagi ada jahe sama cengkih tuh, haruuum dan manisnya legits bingiit. :)

    BalasHapus
  6. Fotonya kereeeen banget deh mak.. sukaaakk
    semoga menang kontesnya yaa :)

    BalasHapus
  7. wah mantep bgt tuh wedang plus kuenya.. bak sejoli yg serasi utk menghangatkan body.. hihihi

    BalasHapus
  8. sama gula kelapa enak mana ya...

    BalasHapus
  9. Bookmark pengen nyoba di rumah :D

    BalasHapus
  10. Aku ngicipi wedang uwoh di Solo, waktu ASEAN Blogger melarikan diri naik becak ke tempat nasi liwet. Habis kalau ikut teman2 malah ke tempat gaul. Sayang kan, lebih asik ke tempat2 yg khas. Seger ya, bikin anget di badan.

    BalasHapus
  11. Terima kasih sudah turut menyemarakkan kontes Peduli Manis Sehat

    artikel sudah tercatat sebagai peserta ya mbak Ika

    BalasHapus
  12. jadi inget masih punya seplastik wedang uwuh belum diseduh.. *bela-belain ampe dibawa ke sini, hihi*

    BalasHapus
  13. Hi, mohon ijin berbagi informasi ya… Yuk ikutan #ZockoUnlocked Blogging Competition berhadiah iPhone 5S atau iPad Mini! Untuk info lengkap silakan kunjungi http://weare.zocko.com ya dan jangan lupa sign up di http://www.zocko.com terlebih dahulu! Kami tunggu ☺

    BalasHapus