3 Sajian Istimewa Berbahan Belut

19.26.00

Liburan sekolah kali ini saya merana. Lho, kok merana? Kedua anak saya berlibur di tempat eyangnya di Blitar. So, tinggal saya sama suami gluntang gluntung berdua di rumah. Tambah merana saat beberapa hari mereka di Blitar dapat kabar kalau Azzam, anak kedua saya mulai homesick.


Saat saya tanya kenapa nangis, apa mas Fathiin nakalin adek? Dia jawab,"Nggak!" Trus, saya tanya lagi, apa adek kangen sama Ummi (dengan semangat 45 plus penuh senyum)? Dia jawab,"Nggak! Adek kangen sama Abi." Ngludag..duh si adek napa nggak merindukan Ummi. Jadi mewek nih gegara adek nggak kangen Ummi. Daripada saya tambah sedih, let's talk about food bae, lah. Yes, mari kita siap-siap kunyah-kunyah.


Ada 3 jenis makanan yang berbahan sama yang sayang banget untuk dilewatkan. Ya, semua masakan berbahan belut. Anyway, walaupun bahannya sama, perlakuan ketiganya berbeda, lho. Ada yang di geprek, di goreng kering berbalur tepung dan ada yang berkuah. Mau pilih yang manapun, yang jelas semua enak! :D


Sedikit pengetahuan tentang belut, walaupun terlihat menjijikkan, belut ternyata memiliki kandungan gizi tinggi. Nilai energi yang terkandung dalam belut bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan telur dan daging sapi. Nilai fosfor belut dua kali lipat daripada telur. Belut juga kaya akan mineral dan vitamin. Belut juga kaya akan vitamin A dan B. Seperti kita ketahui, vitamin A baik untuk reproduksi, penglihatan dan pertumbuhan. Sementara vitamin B berperan sebagai kofaktor suatu enzim.


Belut juga kaya akan protein dan mengandung beberapa asam amino yaitu leusin, lisin, asam aspartat, dan asam glutamat. Kandungan glutamat yang tinggi dalam belut menjadikan cita rasanya gurih. Jadi, tak perlu menambah penyedap rasa saat memasak belut. Melihat begitu berlimpahnya nutrisi pada belut, apa salahnya jika kita mencoba membuat sajian berbahan belut, bukan?



Sambel Belut Pete


Belut PenyetDari namanya sudah ketahuan kalau sajian yang satu ini memadukan belut dengan sambal daaaan ehm, pete/petai. Ada yang suka pete? Yes, berarti menu ini yang paling cucok.


Menu ini relatif paling gampang pembuatannya. Kuncinya pada sambalnya. Sambal haruslah memiliki level ekstra alias level setan. Caranya, cuci bersih belut yang telah dibuang kotorannya, potong sesuai selera lalu goreng. Belut sebaiknya jangan di goreng terlalu kering agar tidak terlalu keras saat di penyet.


Setelah selesai urusan belut, berarti kita tinggal menyiapkan sambalnya. Sambalnya juga relatif mudah. Bahan yang diperlukan hanya cabai rawit, bawang putih, garam secukupnya dan kencur seujung kuku. Pakai kencur sedikit agar terasa segar dan nggak berbau amis. Cabai rawit dan bawang putih lebih enak jika direbus dahulu sebelum di giles bareng kencur dan garam. Setelah sambal setengah halus, masukkan belut, penyet-penyet. Terakhir, tambahkan pete goreng ataupun rebus serta lalapan.


SAMSUNG CSC



Belut Kremes


Sesuai namanya, belut dibumbui bawang putih, ketumbar dan sedikit garam, lalu gulingkan belut dalam tepung, setelah itu goreng. Tepung yang digunakan tepung kremes siap saji yang bisa dibeli di warung ataupun mart sekitar rumah.


Untuk sambalnya, ada 2 pilihan sambal yang bisa dibuat yakni sambal ijo dan sambal terasi. Untuk sambal ijo, bahan cabai ijo besar, bawang putih dan garam secukupnya. Bahan-bahan tersebut lebih enak di rebus dahulu sebelum di goreng dan dihaluskan. Untuk membuat sambal terasi, bahan yang dibutuhkan cabai merah, cabai rawit, tomat, bawang putih, bawang merah, terasi yang sudah dibakar dan sedikit garam. Semua bahan dicampur dan dihaluskan. Sajikan sambal dan belut kremes dengan lalapan berupa kubis, kemangi, timun dan daun singkong rebus.



Mangut Belut


Mangut BelutBahan yang diperlukan untuk membuat mangut selain belut diantaranya, garam, jeruk nipis, minyak goreng, cabai diiris miring, tomat dipotong dadu, santan cair, santan kental, kemangi, daun salam, daun jeruk, lengkuas memarkan, serai memarkan. Daun jeruk nipis bisa di ganti dengan kulit jeruk purut untuk menambah cita rasa.


Sementara bahan yang dihaluskan antara lain, bawang merah, bawang putih, cabai keriting, merica, ketumbar sangrai, kunyit, kencur, jahe, garam dan gula pasir. Setelah belut dilumuri garam dan air jeruk nipis, diamkan selama 15 menit lalu cuci sampai tidak berlendir. Goreng belut hingga matang dan kering lalu tiriskan.


Tumis bumbu hingga harum, tambahkan daun salam, lengkuas, serai dan daun jeruk/kulit jeruk purut. Tumis hingga bumbu matang, lalu tambahkan irisan cabai merah, cabai hijau, tomat. Masukkan santan cair, masak hingga mendidih, lalu masukkan belut, didihkan. Terakhir, tuangkan santan kental, tambahkan kemangi, aduk rata, angkat dan taraaaa mangut belut siap disajikan.


---oOo---


Walaupun belut terlihat menjijikkan, mengingat nilai gizinya yang cukup tinggi, tak ada salahnya sesekali kita menyajikan olahan belut untuk keluarga kita. Ada satu hal yang perlu diperhatikan, bagi yang memiliki keluhan kolesterol, sebaiknya tidak dikonsumsi belut secara berlebihan mengingat daging belut mengandung kolesterol yang cukup tinggi.

You Might Also Like

20 komentar

  1. belut kremesnya ga usah pake garem? klo lg males, kadang saya cmn pake garem doang, trus dgoreng :D

    pengen nyobain bikin sambel belut pete ah :)

    BalasHapus
  2. Iya, pakai garam sedikit. Makasaih udah diingetin, udah aku edit ^^

    BalasHapus
  3. Waduuuuh.. enak banget ini mbaaaaak........ Kiriiiim

    BalasHapus
  4. Saya sukaaaaaaaa.... belut. tapi biasanya disambal biasa aja Mbak, trus belutnya dibelah, digepengin, digoreng kering. Pengen nyobain bikin mangut belut deh, biasanya bikin mangut lele. Tengkiyu resepnya :)

    BalasHapus
  5. Hmmm....enaknyo mbak
    Aq juga suka belut :)

    BalasHapus
  6. Sumpah...!
    Jadi lapar saya.. :)

    Ke koperasi ah...
    **Kaburrrrrrrrrrrrrrrrrrrr..........

    BalasHapus
  7. Belum goreng dengan sambelnya membuat ngiler Mba. he,, he,, he,,,,,


    Salam,

    BalasHapus
  8. Saya masih belum tega buat makan belut Mba. Sama ga teganya kalo harus makan Ikan. *gakbisa sama sekali kalo makan ikan mateng. :D

    BalasHapus
  9. Hwaaa aku juga ditinggal anakku study tour. Aku suka belut tapi nggak suka masaknya krn bentuknya kayak ular. Takut. Pernah anakku nangkap belut di ladang temannya, eh dibawa pulang, langsung jejeritan deh aku. Tapi kalau dimasakin gini mau bangeeeet :))

    BalasHapus
  10. aduuuuh maaak....menggoda sekali si sambel dan belut et mangutnya..saya jadi inget makan mangut saat otw Magelang _ Jogja...rasanya uenaaak..sampe nambaah hihihi..tapi sejujurnya, aku mau makan belut di resto aja, emooh prosesnya...sama kayak Mak Lusi, taku-takut geli ngg jelas hihi...

    BalasHapus
  11. waa sepertinya enak maak, aku belum pernah makan, yang pernah cuma keripik belut

    BalasHapus
  12. Belut nih makanan sekaligus mainan akang waktu kecil, yang namanya tukang maen di sawah pasti nggak asing ketemu hewan yang bentuknya kayak ular ini, liat2 gambarnya bikin ngileeer :-O

    BalasHapus
  13. Aku suka belut, biasanya setelah di bersihkan kami tumbuk biar tulangnya remuk setelah itu kami taburi merica, micin, bawang putih dan garam baru digoreng, makan dengan nasi hangat dan sambal, dijamin pasti ludes!

    BalasHapus
  14. belut salah satu kesukaanku, sambel belut pete sudah pernah saya coba,,hanya belut kremes yang belum...ntar ach aku mau coba dirumah bersama istri....keep happy blogging always, salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
  15. Subhanallah
    Ini makanan kesukaan saya waktu kecil Jeng
    Saya suka mencari belut di sawah kala malam hari
    Biasanya belut tersebut di goreng atau di bothok oleh Emak
    Terima kasih resepnya
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  16. belut?? huwaaaa.....ngeriii duluan.
    Kalo di sini bos pengin makan belut aja harus berantem sama saya karena sudah pasti saya menolak untuk masak. Pindah ke rumah nenek masaknya. Jangankan masak. ngeliat aja kagak mau saya... Selalu panik kalau melihat belut dan katak. Kalo makan ya gak mau. Pokoknya no belut, no katak!

    BalasHapus
  17. belum pernah masak belut. makan sama nasi pun belum... mmmhhh keknya cukup nyicip kripiknya aah mbak. masih gilo ajah

    BalasHapus
  18. Ngiler aku mak. Aku suka belut, tapi olahnya belut balado doang mak. Boleh dicoba tuh resepnya. Btw, gimana rasanya ga dikangenin mak? Qiqiqi.. Melipiiiir....

    BalasHapus
  19. ngeriiii, tapi suka juga asal jangan makan kepalanya..

    untung di rumah ada suami yg hobi ngebersihin ikan atau belut... saya bagian belinya aja, hehe

    BalasHapus
  20. Wah, belut ni salah satu makanan favoritku, kalau pas lagi pulang kampung selalu dimasakkan belut ma ibuk. Maknyus dah ...

    BalasHapus