True Spirit Sandiaga Uno

15.46.00

Judul: True Spirit Sandiaga Uno


Penulis: Ira Puspito Rini


Penerbit: Lafama Publika


Tebal : 142 halaman


ISBN: 978-602-7900-03-5


***




Entrepreneurship itu bukan profesi, melainkan sebuah mindset, Yakni, minset yang terdiri dari kerja keras, kerja keras, sikap hidup optimis, inovatif, kreatif, serta leadership ~ Quote by Sandiaga S Uno



Sandiaga S Uno. Siapapun pasti mengenal sosok ganteng yang satu ini. Pengusaha muda sukses yang kekayaannya bertengger di urutan kurang dari 50 diantara pengusaha kaya di negeri ini. Saya sebutkan demikian karena urutan pastinya berubah setiap tahun. Pernah diurutan ke-27 pernah juga di urutan ke-29. Hanya saja, tetap kurang dari 50.


True Spirit Sandiaga Uno berisi tentang bisnis yang digeluti Sandiaga S Uno sejak awal ia mendirikan perusahaan Adaro Energy bersama rekan-rekannya, motivasi suksesnya, profil serta hal-hal uni dari sandiaga S Uno.


Dalam buku ini, Sandiaga S Uno memaparkan 4 rumus suksesnya dengan sebutan 4 AS. Pertama, Kerja Keras. Sama dengan pengusaha sukses lainnya, di awal merintis usaha Sandiaga harus bekerja lebih dari 60 jam per minggunya. Saking kerasnya Sandi bekerja, rapat-rapat yang digelar dalam salah satu perusahaannya, Tower Bersama, harus dillakukan jam 11 malam karena kesibukan Sandi. Jam 11 malam, Sandi dan stafnya berkumpul dan mengambil beberapa keputusan penting khususnya dengan inorganic growth, akuisisi dan banyak hal. Dan semua keputusan tersebut diputuskan setelah larut malam.


Bekerja keras! Memang setiap pengusaha sukses bekerja keras, keras dan keras. Tidak ada orang sukses hanya dengan duduk dan menatap dinding setiap hari. Anda bekerja selapan jam per hari untuk bertahan hidup, lebih dari delapan jam sehari adalah untuk kesuksesan. (halaman 8)


Kedua, Kerja Cerdas. Kerja cerdas mengharuskan pengusaha melakukan pekerjaan sesuai dengan ilmu yang diperlukan dan mampu menghasilkan inovasi dan teknologi baru. Kerja cerdas berarti kita betul-betul menggunakan segala akal, pikiran, dan riset yang kita miliki untuk memberikan solusi kepada klien. (halaman 12). Kerja cerdas diperlukan entrepreneur untuk mengatur strategi dalam menjalankan roda bisnisnya. Persaingan usaha yang sangat keras akan dialami begitu usahanya mulai berkembang dan dikenal masyarakat. Apalagi ketika bisnisnya "bersentuhan" dengan pemilik usaha yang sudah mapan.


Ketiga, Kerja Tuntas. Finish what you started! Ini yang sering menjadi penyakit di awal-awal memulai usaha. Fenomena ini sering saya dapati saat melihat teman-teman memulai usaha. Begitu mudahnya berganti jenis usaha hanya karena melihat temannya si A sukses dalam bisnis yang lain.


Kesimpulan dari kerja tuntas yaitu bahwa di dalam bekerja, seorang entrepreneur harus mampu mengorganisasikan bagian usaha secara terpadu dari awal sampai akhir untuk menghasilkan usaha sampai selesai dengan maksimal.


Rumus terakhir yakni Kerja Ikhlas. Semua yang dilakukan dengan kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas harus dimulai dengan niat yang baik dan pada akhirnya harus ada keikhlasan. Sebab, ikhtiar kita memiliki berbagai kemungkinan, bisa segera membuahkan hasil, bisa juga tertunda, maka semangat keikhlasan butuh dipupuk terus menerus.


Tak hanya berisi jurus sukses Sandiaga S Uno, buku ini juga memuat kiat sukses dalam berbagai jenis bisnis diantaranya, kiat sukses dalm bisnis investasi, properti dan kuliner.


True Spirit Sandiaga Uno juga berisi motivasi dari Sandi yang akan membakar semangat untuk menjadi pengusaha sukses seperti, kejar visi uang mengejar, optomis pantang menyerah dan bersyukur, timing is everithing, belajar dari orang sukses, apprenticeship, tingkatkan competency capacity and capability, bekali diri dengan networking dan trust, berani memulai, jeli menangkap dan memanfaatkan peluang serta profil dan fakta unik tentang Sandiaga S Uno.


Saat pertama melihat cover buku ini saya langsung tertarik. Jujur, saya penasaran dan ingin tahu bagaimana Sandiaga S Uno memulai bisnisnya. Awalnya saya pikir buku ini semi biografi tentang Sandiaga S Uno, tapi ternyata tidak. Dan saya sedikit kecewa saat saya melihat informasi referensi, ternyata referensi si penulis ia ambil dari Google alias Googling. Sedikit terobati setelah melihat profil si penulis. Penulis adalah mantan redaktur koran berbahasa Inggris Indinesian Daily News, hingga saya beranggapan ia pasti tahu informasi yang valid dan tidak dari internet.

You Might Also Like

38 komentar

  1. Hmm .. bukunya keren ya mbak Ika.

    BalasHapus
  2. Iya mbak, langsung terbakar semangatnya ^^

    BalasHapus
  3. ada baiknya ya...ikutan baca biar semangat

    BalasHapus
  4. Selalu suka sama bapak ini #Eh, maksudnya kagum + ngefans

    4 rumusnya itu subhanallah ya mbak klo diterapkan, kerja keras, cerdas, tuntas, dan ikhlas :D

    BalasHapus
  5. Jeng Ika, ikutan belajar "AS" dari review keren dari buku keren ini. Pantesan jalan ditempat, as yang saya pilih baru kerja sambil nglaras hehe. Salam hangat

    BalasHapus
  6. bukunya kelihatannya bagus mbak :)

    BalasHapus
  7. Eh lupa kalo saya ternyata baru dari sini ... gpp ... komen lagi ya mbak Ika :)

    BalasHapus
  8. Terimakasih kunjungannya Mak ^^

    BalasHapus
  9. Hi..hi..selain smart juga ganteng ^^

    BalasHapus
  10. Mbak Prih bisa aja, Nglaras emang enak. Apalagi ditemani kopi plus pisang goreng

    BalasHapus
  11. Iya, Alhamdulillah bagus

    BalasHapus
  12. Hi..hi..salah alamat ya mbak Niar

    BalasHapus
  13. beberapa kali bisnis kecil-kecilan tapi nggak sukses. mungkin kurang kerja keras, nggak cerdas, nggak tuntas, dan nggak ikhlas..... makanya jadi malas :D

    BalasHapus
  14. penyakitnya udah akut tuh ^^

    BalasHapus
  15. maaaakkk ika,, resensinya kereennn jadi kepengen tumbas bukunya sayah maak.. bagus nih buat saya belajar ^^

    BalasHapus
  16. udah baca bukunya.. suka bukunya, tidak orangnya.. *eh?

    BalasHapus
  17. Enterpreneurship itu bukan profesi tapi mindset...betul banget, mbak Ika. Artinya kerangka berpikir seperti kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas dan sekaligus kerja ikhlas itu tak hanya untuk pengusaha, namun juga bagi karyawan. termasuk juga untuk blogger :-)

    BalasHapus
  18. besok aku mampir rumahmu..mo minjem buku yg ini..:D

    BalasHapus
  19. memang, beliau salah satu pendiri perusahaan saya. hihi..
    cakep, masih muda, kaya raya, sip dah pokoknya :lol:

    BalasHapus
  20. Saya juga lumayan senang buku-buku cerita tentang rahasia sukses seperti ini Mbak...bukan apa sih, cuma saja berpikir kali aja saya bisa duplikat apa yang dia lakukan untuk mencapai tangga kesuksesan.

    Salam dari Bali ya Mbak...

    BalasHapus
  21. wahhhh.. nyari yukkk... :D

    BalasHapus
  22. inspiratif banget :)
    kayanya harus baca bukunya jg nih..

    BalasHapus
  23. Nyari apaan :p

    BalasHapus
  24. Sama..kadang kita butuh contoh untuk memotivasi diri sendiri

    BalasHapus
  25. Pokoknya mantap :)

    BalasHapus
  26. Oche..jo lali nggowo oleh-oleh yo mbak :D

    BalasHapus
  27. Sepakat pak Yudhi.

    BalasHapus
  28. Nggak kebalik mbak :)

    BalasHapus
  29. Alhamdulillah, terimakasih ^^

    BalasHapus
  30. Pak Sandy itu tampaknya benar-benar menerapkan ke-4 hal yang ditulis dalam buku ini. Dia termasuk sedikit manusia beruntung, selain tampan, cerdas dan senang pula bekerja keras :)

    BalasHapus
  31. buku baru ini ya bu dari pak uno? soalnya dulu pernah beli, lama tidak muncul lagi bukunya. Ternyata beliau masih sempat untuk menulis.

    BalasHapus
  32. Ini bukan tulisan beliau langsung. Pengalaman beliau di tulis oleh mbak Ira ^^

    BalasHapus
  33. Betul, pokoknya terlihat sempurna ya mbak ^^

    BalasHapus
  34. buku yg inspiratif banget ya, mbak.... saya suka sekali baca buku spt ini, utk menginspirasikan murid-murid saya, mbak ..... ntar deh nyari di Gramedia , makasih ya mbak infonya.
    saya juga pernah dengar bagaimana usaha beliau untuk bangit lagi pada saat beliau bangkrut.
    __________
    Alhamdulillah jika bermanfaat bu.

    BalasHapus
  35. Menulis buku dengan bekal Googling? Ide yang kreatif juga ini, tapi ya perlu hati - hati dalam mengambil sumbernya ya. Makasih mbak, kayaknya bisa dijadikan buku buruan nih nanti kalau mau nyari inspirasi :)

    BalasHapus
  36. I have read so many posts on the topic of the blogger
    lovers but this paragraph is in fact a pleasant post, keep it
    up.

    BalasHapus
  37. Hello, after reading this amazing post i am too happy to share my experience here
    with colleagues.

    BalasHapus