Mencicipi Tahu Gimbal Khas Semarang

14.53.00

tahu-gimbal1


Sudah lama sekali saya ingin mencicipi kuliner yang satu ini. Kebetulan banget kemarin pas saya dan keluarga jalan-jalan ke kota Magelang, saya menemukan restoran yang khusus menyediakan masakan khas Semarangan. Tak banyak pikir, suami pun langsung menepikan mobil. Restoran tersebut bernama "Soto Pak Slamet".


Dalam bayangan saya, Tahu Gimbal pasti berisi tahu mawul-mawul kayak rambut yang nggak pernah di sisir.  Tahu Gimbal ternyata bukan seperti bayangan saya. Gimbal yang dimaksud ternyata udang yang di goreng dengan tepung seperti bakwan udang.


Tahu Gimbal merupakan makanan khas Semarang yang terdiri dari tahu goreng, lontong, kubis, taoge, telur, dan gimbal (udang yang digoreng dengan tepung) dan dicampur dengan bumbu kacang yang khas. Bumbu kacangnya juga terasa udang. Saat saya tanyakan hal itu pada penjualnya, ternyata bumbu kacang dicampur menggunakan petis udang.


Saus kacang pada Tahu Gimbal hampir sama dengan bumbu pecel Madiun, hanya lebih encer. Perpaduan gurih, manis dan pedasnya pas banget di lidah. Alhamdulillahnya bumbu tak terlalu manis. Walaupun saya lahir dan besar di Jogja, jujur, saya kurang menyukai masakan manis. Saya menyukai masakan yang cenderung gurih dan pedas seperti masakan khas Jawa Timuran.


Menikmati Tahu Gimbal di siang hari ditemani teh manis ataupun jeruk manis rasanya mak nyus. Apalagi Tahu Gimbal tergolong murah. Satu piring Tahu Gimbal di banderol Rp 10.000.

You Might Also Like

21 komentar

  1. Kayaknya sebagai snack yang menggiurkann ya Jeng. Maklum saya termasuk penikmat tahu dan tempe goreng. Sayangnya waktu kopdar Semarang beberapa waktu yang lalu saya tak meemukan tahu gimbal itu.

    Dengan bangga saya mengundang sahabat anggota Dblogger untuk mengikuti Kontes Unggulan Proyek Monumental Tahun 2014
    Silahkan cek syarat dan ketentuannya di http://abdulcholik.com/2013/11/01/kontes-unggulanproyek-monumental-tahun-2014/

    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  2. Aku juga suka dengan tahu gimbal ini, Mbak. Cuma saja sering kesal setelah selesai makan, soalnya rasa bawang putih dan petis kayanya gak hilang-hilang dari mulut

    BalasHapus
  3. Duh... duh... kayane enak banget ini, Mbak... sungguh saya belum pernah merasakan tahu gimbal khas Semarang ini.

    BalasHapus
  4. Lontongnya ada didalam tahunya atau sebagai campuran kuahnya mbak?. Jadi pengen bikin tahu isi sendiri :D .

    BalasHapus
  5. langsung ngeces , saya ngeliat gimbalnya tahu ini :D

    BalasHapus
  6. Salah satu jujugan saya saat maksi di kebun nih Jeng Ika, gizi seimbang lah, tahu gimbal 1 tidak pedas, lontong dikit ya........

    BalasHapus
  7. wah, seperti kupat tahu ya? pasti enak nih. Pengen coba kalau ke surabaya. Mungkin ada.

    BalasHapus
  8. ada yang enak di simpang lima.. mamaku sering bikin tapi ku kan biduran makan kacang, jadinya sering diskip itu kacang.. berasa kaya cukonya pempek deh..

    BalasHapus
  9. Mau mbak Ikaaa..mau bangeuut...!! :)

    BalasHapus
  10. namanya lucu.... hari ini saya makan ikan bakar.

    *nggak ada yang nanya*

    BalasHapus
  11. kayak kupat tahu mbak? terima kasih, nambah referensi kuliner Magelang... :)

    BalasHapus
  12. suka bangeeet tahu gimbal...........disini ga ada..susah nyarinya...harus bikin sendiri, ada resepnya mak ??

    BalasHapus
  13. Pasti maknyus nih kalo dimakan :mrgreen:

    BalasHapus
  14. Ni di kotaku namanya lontong tahu telur ato tahu gimbal jg,,sama persis,,bedanya tahunya ada yg pake telur,,enak bgt nih,,

    BalasHapus
  15. baru denger ada tahu gimbal, :D nanti kalo ke semarang lagi mau hunting aaah..

    BalasHapus
  16. klo di Jwa Barat terkenal dengan tahu sumedang..
    hmm jadi pengen nyobain gimana enaknya tahu khas semarang

    BalasHapus
  17. Tahu gimbal ini memang menggiurkan dan sangat mengasyikan. Apalagi kalau lagi main ke Semarang, saya senang dengan makanan tahu gimbal Semarang dengan rasa yang khas apalagi kalau sudah di beri kuahnya. Hm...... serasa jadi kepengin makan tahu gimbal ini lagi.

    Salam,

    BalasHapus
  18. wah saya juga penasaran belum pernah nyobain tahu gimbal ini...dilihat dari penampakannya,kayaknya enak nih...

    BalasHapus
  19. Saya sering denger nama Tahu Gimbal ini Mbak Ika. Tapi baru thau tampilannya kaya gini..

    BalasHapus
  20. Terimakasih Informasinya... Sangat mengundang selera memang Tahu Gimbal ini... Kalo kami Ke Semarang... pokoknya harus nyoba dulu...
    Sukses terus buat Admin...
    Salam Sahabat...
    Vila Istana Bunga

    BalasHapus