Arti Pahlawan Buatku

19.56.00

[caption id="attachment_8559" align="aligncenter" width="403"]credit credit[/caption]

Pahlawan bukanlah orang suci yang diturunkan dari langit ke bumi untuk menyelesaikan persoalan manusia dengan mukjizat. Pahlawan adalah orang biasa yang melakukan pekerjaan-pekerjaan besar, dalam sunyi yang panjang, sampai waktu mereka habis. Mereka tidak harus tercatat dalam buku sejarah atau dimakamkan di taman makam pahlawan. Mereka juga melakukan kesalahan dan dosa. Mereka adalah manusia biasa yang berusaha memaksimalkan seluruh kemampuan untuk memberikan yang terbaik bagi orang-orang disekelilingnya. Mereka merakit kerja-kerja kecil menjadi sebuah gunung, karya kepahlawanan adalah tabung jiwa dalam masa yang lama…..


***


Kalimat diatas saya kutip dari pengantar sebuah buku yang berjudul "Mencari Pahlawan Indonesia".


Kita terkadang terjebak dalam pandangan sempit mengenai sosok pahlawan. Tanpa kita sadari, mungkin karena terbiasa menonton film-film hero yang memiliki kekuatan super dan tak memiliki cacat seperti Batman, Spiderman, dan super hero lainnya, kita jadi lupa, bahwa sesungguhnya, sosok pahlawan adalah seseorang yang dibentuk dengan memaksimalkan seluruh kemampuan untuk memberikan yang terbaik bagi orang-orang disekelilingnya. Mereka merakit kerja-kerja kecil menjadi sebuah gunung. Terkadang, mereka juga melakukan kesalahan.


Saya sedikit tergelitik membaca tulisan Gagasan di koran Jawa Pos kemarin yang berjudul "Hari Pahlawan Bukan Hari Tentara". Diceritakan penulis kalau anak tetangganya menangis dan mogok tidak mau mengikuti karnaval memperingati hari pahlawan karena tidak memakai baju tentara.


Jangan-jangan mind set kita pun keliru, sama seperti anak tersebut. Jangan-jangan sebutan pahlawan hanya disematkan pada para tentara saja. Padahal, perang yang harus kita hadapi bukan hanya perang melawan penjajah yang akan menguasai kedaulatan bangsa ini.


Padahal, perang yang harus kita hadapi memiliki banyak ragam. Perang pada kemiskinan. Perang pada kebodohan penerus bangsa. Perang pada narkoba. Perang pada pornografi dan masih banyak perang yang harus kita menangkan. Bukankah tak semua perang tersebut bisa diselesaikan oleh tentara?


Yuk, mari benahi diri. Tanamkan jiwa kepahlawanan pada diri kita masing-masing. Apapun status kita. Ingat, pahlawan bukanlah orang suci yang diturunkan dari langit ke bumi untuk menyelesaikan persoalan manusia dengan mukjizat. Pahlawan adalah orang biasa yang melakukan pekerjaan-pekerjaan besar, dalam sunyi yang panjang, sampai waktu mereka habis.

You Might Also Like

15 komentar

  1. pahlawan ada pada setiap masa dan peritiwa, hanya cara kita mengapresiasinya yang membuat semuanya itu jadi lebih bernilai dan bermakna.

    BalasHapus
  2. masing-masing kita bisa menjadi pahlawan. dan orang-orang terdekat kita mungkin sekali adalah para pahlawan juga
    ________
    Sepakat :)

    BalasHapus
  3. semoga kita bisa jadi pahlawan ya mba at least berguna untuk orang sekitar dulu deh
    _______
    Non, alamat pengrajin bathoknya > Dusun Santan, Guwosari, Pajangan bantul. Maaf belum dapet CP coz temenku repot ngurus publikasi caleg

    BalasHapus
  4. Siapapun bisa jadi pahlawan...namun pahlawan juga adalah orang yang bekerja bagi kebaikan orang banyak tanpa berharap imbalan.
    Salam
    ______
    Pahlawan tanpa imbalan dan tanda jasa

    BalasHapus
  5. Mindset emang banyak yang salah saat ini.
    Pahlawan bagi saya adalah Ayah dan Ibu saya, Mbak :-)

    Mbak.. numpang iklan ya
    http://nurme.wordpress.com/2013/11/09/29/
    ________
    Siapa aja boleh jadi pahlawan kita tapi jangan lupa untuk menjadi pahlawan juga minimal buat keluarga ^^

    BalasHapus
  6. Bagi saya pahlawanku adalah bapak dan ibuku, mereka dengan rela bersusah payah mau membesarkan dan mengasuhku, kemudian para guru-guru ku yang dengan tulus memberikan pelajaran untuk bekalku hidup, kemudian Istriku yang selalu mendampingiku dalam suka maupun duka dan juga para sahabatku yang secara tidak langsung banyak membantu dalam kehidupanku.
    Memang hanya sesederhana itulah pandanganku tentang Pahlawan
    _________
    Siapapun dari kita bisa jadi pahlawan buat lingkungan sekitarnya ya

    BalasHapus
  7. Setuju Mba Ika ! Jiwa kepahlawanan tak mengenal seragam dan baret tetapi karya nyata.
    _________
    Yuk, mari berkarya dan torehkan prestasi
    Gajah mati meninggalkan gading, manusia mati meninggalkan prestasi

    BalasHapus
  8. Keteladanan pahlawan keluarga diawali melalui karya bunda bagi keluarganya, minimal bagi kami dalam keluarga besar. Salam
    ______
    Sepakat mbak Prih. Peran ibu memang luar biasa dalam membentuk jiwa pahlawan

    BalasHapus
  9. pahlawan adalah juga mereka yg berjuang dan berusaha tanpa memikirkan dan itung-itungan nanti akan dapat bagian berapa, dikasih jabatan apa atau bertanya "wani piro?"
    ________
    Narimo ing andum ya Pak. Pokoknya kerjakkan amanah dengan tanggungjawab dan keikhlasan.

    BalasHapus
  10. Ingat masa-masa sekolah dulu. Selain 17 AGUstus, pada hari Pahlawan diwajibkan upacara bendera mengenang jasa para mereka para Pahlawan :) .

    BalasHapus
  11. Siapapun ...
    jika dia telah berbuat baik untuk sesamanya dengan tulus ...
    saya sudah menyebut mereka ... Pahlawan !

    Salam saya Bu Ika
    _________
    Betul Om, tak peduli siapapun dia

    BalasHapus
  12. setuju mak.. sekarang ini msh bnyk yg hrs diperangi..
    smoga kita smua bs jd pahlawan sesuai dgn kapasitasnya msg2..
    _______
    Aaaamiiin

    BalasHapus
  13. De paling suka quote "I dont wanna be the queen of the world, as long as I can be a hero for my children"

    Semoga kita bisa menjadi pahlawan bagi anak-anak kita.
    _________
    Tosh, Pastinya, siapa sih yang nggak bangga dianggap pahlawan buat anak-anak.

    BalasHapus
  14. Iya sih... dulu pas masih kecil, saya tahunya pahlawan itu ya yg ngangkat senjata alias para tentara, hehe.... Tapi seiring berjalannya waktu, pandangan itu mulai berubah, hehe....
    ________
    Seiring berjalannya waktu harusnya pandangan kita tak sesempit seperti waktu kita kecil. Jadi inget slogan, Tua itu pasti, dewasa itu pilihan! :D

    BalasHapus
  15. Nyatanya memang gitu, dalam mind set kita pahlawan itu ya macam tentara yang berperang membela negara. Lihat saja daftar nama pahlawan Indonesia mayoritas adalah pejuang. Padahal di era sekarang ini pahlawan yang sesungguhnya ya orang-orang biasa yang melakukan hal-hal luar biasa buat sesama.

    BalasHapus