Ngeblog Asyik Menggunakan Memopad

14.00.00

[caption id="attachment_8425" align="aligncenter" width="480"]credit credit[/caption]

Akhir-akhir ini saya lebih senang menulis tulisan untuk blog dan tulisan yang saya kirim ke media menggunakan memopad atau word to go via BB ketimbang mengetik di dashboard ataupun MS Word. Lebih praktis dan bisa dilakukan kapan dan dimana saja.

Menggunakan memopad sebenarnya cara yang sedikit ribet. Cara yang lebih gampang ialah men-download aplikasi BB yang langsung terhubung dengan wordpress. Malangnya, BB saya terblockir gara-gara salah password berkali-kali, hingga saya tidak bisa mendownload aplikasi BB yang bisa langsung terhubung dengan wordpress.


Walaupun saya memiliki tablet, menurut saya, menggunakan BB lebih nyaman daripada menggunakan tablet untuk mengetik postingan. Berhubung jari saya jempol semua sodara, jadi susah jika harus menari diatas keypad tablet yang super sensitif. Walhasil, tablet saya lebih sering nganggur alias jarang saya gunakan.


Membuat postingan via BB bisa dilakukan dimana saja dan sambil apa saja. Nah, ini juga sisi plusnya ketimbang tablet. Saya suka nulis postingan sambil tidur-tiduran. Kalau pakai tablet kayaknya agak ribet ya. Capek tangannya pegang tablet yang ukurannya beberapa kali besarnya ketimbang BB.


Cara menggunakan Memopad mudah banget, tinggal buka program Memopad, lalu ketik apa saja yang ingin kita tulis, setelah itu klik tombol Menu, kemudian pilih Save, maka data akan tersimpan di media card. Data yang sudah tersimpan di media card bisa dipindah melalui 3 cara, diantaranya:


Pertama, Blackberry Desktop Software. Kita bisa menggunakan Blackberry Desktop Manager atau Software untuk memindahkan data dari Memopad ke komputer. Caranya, hubungkan BB dan komputer menggunakan kabel data usb, lalu buka program Blackberry Desktop Software. Klik “Get started with this device”, setelah itu centang kotak “Organizer data” dan klik “Finish”. Klik “Organizer”, klik “Configure settings”, klik kotak Memopad dan highlight aplikasi desktop yang anda inginkan untuk mengekspor catatan memopad dan klik Next. Setelah itu klik “One way sync from device”, klik “Next” dua kali dan klik “Finish”. Klik “OK” dan klik tombol Sync.


Kedua, melalui Email. Gunakan rollerball (bola navigasi bb) untuk mencari ikon Memopad dan klik ikon tersebut. Tekan tombol Menu dan pilih “Forward As” dan klik “Email”. Masukkan alamat email tujuan, selesai.


Ketiga, menggunakan Aplikasi Notepad. Kita juga bisa menggunakan aplikasi notepad seperti Bbnotepad. Text editor gratis ini lebih bagus dan berguna jika dibandingkan dengan memopad pada blackberry. App ini juga bisa digunakan untuk mentransfer catatan kita ke dalam bentuk dokument TXT format maupun dalam bentuk memo, yang kemudian bisa dibaca di komputer manapun. Bb notepad juga memungkinkan kita untuk menyimpan data kita ke dalam internal storage ponsel ataupun SD card. Program ini bagus saat kita perlu membaca catatan di komputer, laptop maupun netbook ataupun jika kita ingin bertukar memo pada pengguna blackberry lainnya. Dengan cara ini, Alhamdulillah, saya bisa membuat banyak tulisan dalam satu hari. Bagaimana dengan kalian sobat, pasti punya cara jitu agar tetap bisa eksis ngeblog, kan?


You Might Also Like

55 komentar

  1. wah kalo saya make hape apapun untuk nulis pasti kesulitan, karena nggak bisa cepet. Sebab pernah nyoba make aplikasi itu, kosentrasi nulis justru tercurah pada tombol tombol hape, sementara yang dipikirkan jadi kabur. Jadinya, saya lebih seneng make keyboard besar yang saya hubungkan dengan laptop.

    BalasHapus
  2. Setuju Mbak Ika, nulis dari tablet agak menyiksa. Terimakasih atas idenya. Cuman kalau nliss dari gadget agak susah dikoreksi, apa lagi bagi saya yg suka salah ketik :)

    BalasHapus
  3. kalau sekedar bikin coretan, saya sering menggunakan HP dengan aplikasi notepad, ya sama seperti mbak, suka ngetik sambil tiduran juga :D

    cuma kalau posting biasanya tetep via PC. kalau berbalasa komentar ya pake aplkasi WP di HP

    BalasHapus
  4. Ide yang menarik untuk produktifitas ngeblog dan lainnya. patut dicoba.!

    BalasHapus
  5. Kalau saya masih lebih nyaman nge-blog dari komputer krn biasanya saya menyertakan banyak gambar dan video yg harus di kecilkan sizenya dulu, kalau dari tablet biasanya enak buat blog walking :) .

    BalasHapus
  6. yoyoy, apapun alatnya, yg seru bisa ngeblog

    BalasHapus
  7. Mengetik menggunakan BB ?
    Saya nyerah Bu ...
    Jempol saya tak sanggup ... :)

    Lebih baik saya pakai keyboard biasa ...

    salam saya Bu

    BalasHapus
  8. Betul, sepakat ^^

    BalasHapus
  9. He..he.. mohon maap Om, mengingat usia Om, memang lebih enak pakai keyboard ^^

    BalasHapus
  10. Cuman nulis aja Nell, kalo ngedit yo pakai kompi

    BalasHapus
  11. Siiip, selamat mencoba ^^

    BalasHapus
  12. Kayaknya lebih enak ya ngetik sambil tiduran, lebih santai :)

    BalasHapus
  13. Sama-sama mbak, mudah-mudahan bermanfaat :)

    BalasHapus
  14. Beda usia kali ya pak Pakies :D

    BalasHapus
  15. Sharing yang sangat bermanfaat tuk menopang prpduktivitas Jeng Ika. Sy masuk kel usia, menulis dan posting via netbook dan sebangsanya. Tablet untuk BW sambil tiduran. Yang lain lewat krn faktor U dan gaptek hehe. Salam

    BalasHapus
  16. Dulu waktu belum punya laptop aku sering nulis di hape aku, sekarang malah males pas punya laptop juga malah bingung ga ada ide haha, *masih nulis tergantung mood aku hehehe*

    BalasHapus
  17. Pake dua duanya aja. Kalo pengen sambil tiduran pake hp kalo pengen utak atik yo pake lapi ^^

    BalasHapus
  18. kalau saya nyerah ngetik2 pake gadget, keburu ilang idenya, gak bisa cepet,,, klo ngetik di memo biasanya garis besar ide aja, habis itu diketik ulang di laptop :D

    BalasHapus
  19. Tetap aja pakai yang standar keyboard, kalau pake hape ga bisa konsen cuma lihat notif saja :)

    BalasHapus
  20. trimakasih. Artikelnya kereeen. Tapi, BB saya sudah pensiun untuk tulis menulis. Hehehe

    BalasHapus
  21. Berarti harus beli lagi pak Sarib ^^

    BalasHapus
  22. wah, sama kalau gitu, mbak. beberapa postingan juga saya ketik pakai BB sambil baring-baring. setelah itu saya kirim via email. terus saya edit dan langsung posting. jadi arsipnya malah doble. di memopad yg masih draft sama di email.

    BalasHapus
  23. Tosh pak Yudhi ^^

    BalasHapus
  24. nyerah kalu ngetik pake hape, mau bb mau android.. ku tetep suka ngetik pake keyboard..

    BalasHapus
  25. Emang lebih nyaman pakai keyboard sih mbak. Pake BB aselinya pegel juga kalo lama-lama

    BalasHapus
  26. Pengalaman ini hampir mirip dengan saya. Blog saya, diberi sub judul my mobile diary. Tujuannya sih untuk ngeblog saat kita mobile. Dulu, sebelum pake bb, saya suka posting blog yg dikirim via email dari hp. Setelah pake bb, saya pake aplikasi wp for bb. Belakangan saya punya tablet juga yg 7 inch. Sudah download aplikas wp for android. Tapi baru sekali rasanya dipake posting blog. Sekarang saya lebih sering ngeblog via laptop saja.

    Betul juga, kalo di bb enak ngetiknya. Klo di tablet, sering typo. Gak tau nih mbak, ngetik pake layar sentuh ternyata gak mudah bagi saya.

    Walau demikian, aplikasi mobile blog itu tetap saya pertahankan. Kapan-kapan kalo kebelet pengen ngeblog saat mobile, kan tetap berguna.

    Maaf kepanjangan komentarnya mbak...

    Salam,

    BalasHapus
  27. membaca postingan ini jadi teringat sama Georgina Campbell yang berhasil menerbitkan buku fiksi dengan memanfaatkan memopad di BB. saya sendiri bukan pengguna BB jadi ngetik masih nyaman pakai komputer. semoga segera terbit buku Anda seperti Georgina Campbell Mbak Ika. Salam :)

    BalasHapus
  28. Aaaaminnn, belum pede bikin buku ^^

    BalasHapus
  29. Makasih sharing pengelamannya pak Asa

    BalasHapus
  30. Waaa... enak juga ya ngeblog pake bb, selama ini ngeblok cuma dari PC

    BalasHapus
  31. Sekali-kali dicoba oakai BB ya ^^

    BalasHapus
  32. Saya lebih suka kalau nulis judul besar postingan di memopad
    sedangkan artikel-nya saya tulis di dasbor
    karena kebanyakan blog saya membutuhkan image mbak
    oa mbak idzin follow y blog-nya
    dtunggu follow back

    BalasHapus
  33. memang enak kalo bisa beli segala
    aku nih yang katrok, bu. boro-boro bb, punya android aja karena dikasih sama ibue
    ga tau kenapa aku ga betah ngeblog di hape atau tablet apalagi berlayar sentuh. ngetiknya kepleset pleset mulu, hehe...

    udah nasib jadi orang udik nan gaptek kali...

    BalasHapus
  34. Dimaklumi, jari jempol semua soalnya :D

    BalasHapus
  35. Terimakasih kunjungannya. Mudah-mudahan bisa berkunjung balik ^^

    BalasHapus
  36. Keren ni ngeblog pakai bb dan gunakan memopad, kalau aku masih pakai cara biasa yaitu melalui laptop ..
    Nice info mbak :)

    BalasHapus
  37. Biasa aja, cari cara yang paling mudah ^^

    BalasHapus
  38. wah keuntungan menggunakan memopad, adalah mobile, bisa menulis di mana saja dan mudah posting sewaktu waktu asalkan ada koneksi. Kalau saya lebih suka memakai keybord. Makasih mbak atas infonya

    BalasHapus
  39. sama-sama ^^

    BalasHapus
  40. Alhamdulillah .... akhirnya saya dpt juga cara posting dgn menggunakan BB, sdh lama nih mbak saya ingin belajar bagaimana caranya ngeblog via BB, saya memutusksn memilki BB dgn harapan bisa posting di blog dgn menggunakan BB, supaya bisa dimana saja. Saya coba ya mbak .... smg berhasil men-dowload aplikasi momopadnya, krn selama ini pake Ipad, tapi rebutan dgn anak saya ....hehehe
    ______
    Sama-sama mbak, Alhamdulillah ada manfaatnya

    BalasHapus
  41. makasih banyak ya mbak infonya
    _________
    Sama-sama mbak ^^

    BalasHapus
  42. Meskipun beda gadget, tnyt kita sama :D
    http://sweetdonath.blogspot.com/2013/11/mobile-blogging-solusi-untuk-emak.html
    _________
    yang penting kegunaannya mbak ^^

    BalasHapus
  43. saya juga sekarang lebih senang ngeposting lewat hape, mba. alhamdulillah udah mulai biasa sama layar sentuhnya. bisa nulis di mana aja soalnya

    BalasHapus
  44. Cara yang lebih gampang ialah men-download aplikasi BB yang langsung terhubung dengan wordpress. ----> maksudnya aplikasi WP for blackberry ya mba..??

    BalasHapus
  45. pokonya ngeblog itu mengasyikkan sekali

    BalasHapus
  46. I see you share interesting stuff here, you can earn some additional cash, your website has huge potential, for the monetizing method, just
    search in google - K2 advices how to monetize a website

    BalasHapus
  47. I had problems to find your page in google search results.
    I found it on 17 place, you should build some high authority social backlinks , it will help you to rank to google top 10.

    I know how to help your site, just search in google - k2 seo tricks

    BalasHapus
  48. kalau pake android biasa pake app apa mbak

    BalasHapus
  49. Aku pakai King office sekarang kalau nulis pakai Andro

    BalasHapus
  50. Kadang daku pake wordpress for android mak. Tapi, karena jari saya jempol kabeh, seringnya salah2 mulu hihihi....

    BalasHapus
  51. Udah lama nggak pakai memopad juga mak. Udah nggak pakai BB. Sama seperti dirimu, sekarang lebih suka pakai wordpress for android. ^^

    BalasHapus
  52. Nice info, cukup bermanfaat untuk di praktekan.. hha

    BalasHapus
  53. Awesome info you post on your blog, i have shared this article on my twitter

    BalasHapus
  54. terima kasih infonya.. nice post..

    BalasHapus