Rafting di Sungai Elo

10.29.00

Rafting4Menjelang hari terakhir liburan lebaran, saya dan keluarga memutuskan untuk berlibur ke Magelang.


Liburan ke Magelang sebenarnya bukan sesuatu yang direncanakan. Tiba-tiba saja punya ide liburan ke Magelang.


Setelah sebelumnya saya mengenalkan jamu dan kegunung apian pada anak-anak, kini giliran saya ingin mengenalkan Borobudur, hasil karya nenek moyang bangsa ini yang sudah terkenal diseluruh penjuru dunia, dan pernah masuk dalam 7 keajaiban dunia.


Saya dan keluarga berangkat dari rumah pukul 11.00 siang. Karena tidak direncanakan, saya hanya membawa sedikit uang dalam dompet. Kira-kira cukuplah untuk membeli BBM dan tiket masuk ke Borobudur. Lagi pula, di sekitar Borobudur pastilah banyak ATM yang disediakan. Kalaupun kepepetnya tidak menemukan ATM, pastilah mudah menemukan Alf***art dan Ind***art untuk tarik tunai uang.


Malangnya, saya tak menemukan ATM di sekitar Borobudur. Saya juga tak menemukan Alf***art maupun Ind***art. Saya baru menemukan ATM dan Alf***art di jalan Muntilan Magelang.


***


Sampai di Borobudur pukul 12.00 siang. Pas panas-panasnya. Jadi malas turun mobil. Apalagi menyusuri Borobudur disiang bolong.


Iseng saya browsing di internet mencari tempat wisata lain yang ada di sekitar Borobudur. Ternyata di dekat candi Mendut ada wisata rafting sungai Elo. Biayanya Rp 600.000 per boat. Boat bisa diisi 6 orang. Lebih baik datang berombongan, sebab penyewaan dihitung per boat.




[caption id="attachment_6846" align="aligncenter" width="307"]Narsis sebelum berlayar Narsis sambil menunggu boat dipersiapkan[/caption]

Jeram-jeram yang ada di sungai Elo masuk kategori jeram II dan jeram III. Jeram dengan kategori tersebut pas untuk pemula yang belum pernah melakukan arung jeram. Jeram rafting Elo mempunyai kelas jeram yang memiliki tingkat bahaya yang rendah.

Anak-anak yang diperbolehkan mengikuti arung jeram anak yang berusia diatas 10 tahun. Berhubung musim kemarau, Fathiin (7 tahun) dan Azzam (5 tahun) diperbolehkan mengikuti arung jeram. Pada musim kemarau arus sungai Elo tak sederas jika musim penghujan.




[caption id="attachment_6775" align="aligncenter" width="560"]Pembekalan Pembekalan[/caption]

Sebelum berangkat, instruktur memberi berbagai pengarahan. Terutama bagaimana cara memegang dayung dan proses penyelamatan jika diperlukan.


Perjalanan yang harus ditempuh kurang lebih 12.5 km. Perkiraan waktu yang dibutuhkan sekitar 2.5 hingga 3 jam. Jika musim penghujan waktu yang dibutuhkan hanya sekita 1 hingga 1.5 jam.




[caption id="attachment_6848" align="aligncenter" width="560"]SAMSUNG CSC Siap meluncur[/caption]

Rafting di sungai Elo memberi banyak pengalaman dan pengetahuan pada kedua anak saya, Fathiin dan Azzam. Selain menyenangkan, anak-anak juga diasah keberaniannya.

***

Sungai Elo berasal dari nama Lo Gondang. Nama sebuah pohon yang dulunya banyak terdapat disepanjang aliran sungai Elo. Saya jadi teringat nama daerah tempat orang tua saya tinggal. Namanya Ngasem. Konon kabarnya dahulu banyak terdapat pohon asem di wilayah sana.

Menyusuri sungai Elo juga sebagai sarana mengenalkan kehidupan masyarakat yang tinggal disekitar sungai. Bagaimana mereka memanfaatkan sungai, mulai dari mandi, mencuci baju, mencuci motor, memancing ikan, dan membuat jebakan ikan-ikan yang akan bertelur.

Anak-anak juga jadi mengenal hewan-hewan yang mereka temui seperti ular air, burung walet, biawak dan masih banyak lagi.

Tak hanya menyusuri sungai, kami pun sempat berenang di sungai dan melakukan beberapa permainan kecil. Pokoknya seru banget. Kapan-kapan pengen rafting lagi.

SAMSUNG CSC


Selesai rafting, kamipun lalu membersihkan diri dan bersiap menyantap hidangan yang telah disediakan. Sayur lodeh dan tumis tempe pedas dipadukan dengan ayam bakar rasanya nikmat sekali. Apalagi perut kami juga sudah keroncongan setelah tenaga habis untuk mengayuh boat.


SAMSUNG CSC


You Might Also Like

15 komentar

  1. Aaahhh ...
    ini menyenangkan sekali ...
    saya punya cita-cita untuk mengajak rafting anak-anak saya ... belum kesampaian juga ...

    Salam saya Bu Ika

    BalasHapus
  2. Mudah-mudahan suatu saat Om :)

    BalasHapus
  3. Wah,seru yah rame2 bareng ma keluarga.. Sipp

    BalasHapus
  4. Seru banget :p

    BalasHapus
  5. Nama sungainya gaul ya, ELOOOOOOOOO hehehe...
    seru yak kalau rafting bareng keluarga,,, tapi itu beneran aman untuk anak kecil? Gak ada yang nangis nangis?

    BalasHapus
  6. Kalau musim kemarau aman untuk anak kecil. Ga ada yang nangis, malah minta kesana lagi kalo liburan lagi :)

    BalasHapus
  7. saya dan keluarga pun seringkali jarang memiliki rencana khusus dalam sebuah perjalanan dan tujuan untuk jalan-jalan, dan seringkali keputusannya di luar perencanaan.
    Arung jeram modern sih belum pernah, tapi waktu kecil seringkali main di sungai dengan aliran cukup deras di lereng gunung semeru dengan menggunakan ban dalam mobil dan kadang menggunakan batang pisang

    BalasHapus
  8. Kayaknya lebih seru yang pakai mobil dan batang pisang deh pak :) Lebih menantang

    BalasHapus
  9. Ngerafting itu membuat ketagihan loh mbak, Percaya deh ! saya korbannya :D

    BalasHapus
  10. Samaaa, anak-anak juga ketagihan. Pokoknya liburan pengen rafting lagi kat mereka.

    BalasHapus
  11. Asyiiknya, jadi kenangan berharga buat Fathiin dan Azzam, makin dekat dengan alam dan budaya. Trim Jeng Ika, menambah sediaan tempat dolan. Salam

    BalasHapus
  12. Hati-hati mbak Prih, rafting tuh ternyata nyandu! Anak-anak pengen rafting lagi besok kalau liburan :D

    BalasHapus
  13. Dari kemaren2 belum kesampaian mau rafting di sungai elo, semoga bisa mampir kesana lain waktu...

    SaHaTaGo [Salam Hangat Tanpa Gosong] dari pemuda asal Mempawah yang menetap di Jogja, gak suka marah apalagi mencela, mudah-mudahan bisa senantiasa membuat orang lain bahagia dan semoga anda berkenan dengan komentar saya, haha :D

    BalasHapus
  14. Diterima salam hangatnya dengan tangan terbuka :)

    Tinggal di Jogja? kapan2 kopdar ah :)

    BalasHapus
  15. Rafting memang olah raga yang menyenangkan dan sangat mendidik, membangun kerja tim yang bagus dan juga pelepas sters. kami penyedia jasa RAFTING siap memandu wisata Outdoor anda bersama keluarga 0877-3526-3586 (XL)
    http://raftingsungaielo.com/

    BalasHapus