Bunda of Arabia

20.42.00

42bundaofarabia-coverdpn

Judul : Bunda of Arabia

Penulis : Jihan Davincka dkk

Penerbit : Indie Publishing

Cetakan Pertama : Maret, 2012

ISBN : 978-602-9142-57-0

Halaman : 119 halaman

***

Idiom yang mengatakan "Don't judge a book by the cover!" memang benar adanya. Kenyataannya, buku "Bunda of Arabia" karya Jihan Davincka yang ditulis bersama para sahabatnya yang pernah bermukim di Jedah ini, secara cover memang kurang menarik. Khas buku-buku terbitan self publishing ataupun buku indie.

Tidak seperti design covernya yang terkesan sederhana, buku ini memuat cerita-cerita mengesankan delapan perempuan Indonesia yang datang ke Jedah dengan latar belakang yang berbeda, namun disatukan oleh takdir sebagai pendamping suami yang bekerja di Arab Saudi. Memiliki hobi yang sama yaitu menulis dan jalan-jalan, menjadikan mereka bersemangat mengabadikan pengalamannya selama di Jedah dalam buku ini.

Sebagian besar dari 8 bunda yang ikut dalam proyek buku ini, ternya sebelumnya merupakan ibu bekerja atau working mom. Pada akhirnya, demi kebahagiaan dan keutuhan keluargalah mereka harus rela meninggalkan karier yang cemerlang. Hidup selalu memberi kita pilihan yang terkadang tidak mudah untuk dipilih.

***

Bunda of Arabia berisi kumpulan aktivitas, berbagai tantangan dan hambatan yang musti mereka hadapi selama bermukim di Jedah. Hambatan terbesar yang menggelisahkan hampir sebagian besar para bunda ialah mobilitas yang sangat terbatas. Penculikan dan aturan yang sangat ketat pada wanita untuk keluar rumah sendirian menjadi kekhawatiran mereka diawal kedatangan di Jedah.

Dalam cerita Jadi Anak Gaul di Jeddah, tinggal di Saudi ternyata para bunda of arabia tak hanya bersahabat dengan tembok. Ada banyak komunitas yang bisa diikuti para ibu untuk menhilangkan rutinitas harian mereka diantaranya, Dharma Wanita KJRI Jeddah, Forum Silaturahim Muslimah Jeddah (Fosilma), Arisan Ibu Ceria, Pengajian Minggu Pagi dan masih banyak lagi.

Seru juga menyimak cerita Jihan Davincka dalam Ritual Cruising The night yang menceritakan pengalamannya berkeliling Jeddah di malam hari. Jalanan lebar nan mulus serta BBM yang hanya seharga seribu perak tentu menjadikan pengalaman berkeliling ke tempat-tempat indah di Jeddah tak akan menguras isi kantong. Banyaknya sale barang-barang branded di momen-momen tertentu pun membuat lapar mata tapi tak menghanguskan isi kantong.

***

Terbitnya buku Bunda of Arabia ternyata memiliki cerita yang berdarah-darah dibaliknya. Cerita bagaimana awalnya buku ini disusun, dicetak dan akhirnya dipasarkan bisa disimak ditulisan To See The Stars in The Dark dalam blognya mbak Jihan Davincka. Sedikit terharu dan terasa heroik.

Bahasa yang digunakan dalam buku ini khas bahasa para blogger. Mengalir dan tak membuat dahi berkerut. Tak adanya typo dalam buku ini patut diacungi jempol, sebab biasanya buku-buku self ataupun indie banyak bertabur typo dimana-mana.

Banyak cerita dari bunda of arabia yang sayang untuk dilewatkan. Terutama pengalaman mereka dalam menghadapi tantangan dan menyingkirkan hambatan yang menghadang dan tetap enjoy berada dalam negeri yang memiliki keterkungkungan tinggi pada wanita.

Jika teman-teman ingin memiliki buku ini secara gratis saatnya untuk segera merapat. Blog saya sedang ada hajatan GA. meski tinggal 3 hari lagi, sayang untuk dilewatkan, sebab salah satu hadiah 2nd Give away GA keduasaya ialah buku Bunda of Arabia ini.

 

 

You Might Also Like

22 komentar

  1. Wah penasaran pingin baca haha. Terakhir baca buku bersetting Arab di Kedai 1001 Mimpi-nya Vabyo.

    Kalo aku pribadi, aku suka kavernya mbak. Ciamik ^_^

    BalasHapus
  2. saya belum baca... tapi kalau membaca sedikit gambaran di atas, saya berkeyakinan bahwa para bunda itu adalah para perempuan hebat

    BalasHapus
  3. Saya penasaran sekali sama buku ini .... apalagi setelah akhirnya "mengenal" penulisnya, walau hanya di dumay. Rupanya Jihan ini adik dari senior saya di SMP, SMA, dan kuliah. Dan saya kenal baik dengan kakaknya :)

    BalasHapus
  4. Mbak jihan tulisannya suka wara wiri di Leusure Republika mbak Niar. Berdoa mudah2an dapet bukunya ya mbak ^^

    BalasHapus
  5. Mudah2an dapet salah satu bukunya mas ^^

    BalasHapus
  6. Ayuk ikutan GAku. Kali aja beruntung dapet ni buku ^^

    BalasHapus
  7. Saya dapet nggak Mbak Ika?
    He he he
    Dari cerita Mbak sungguh menarik ya, hidup sebuah pilihan di saat harus meninggalkan karir dan juga bagaimana menjalani kehidupan di Arab Saudi membuat penasaran :)

    BalasHapus
  8. Banyak-banyak merapal doa ya. Siapa tau beruntung :)

    BalasHapus
  9. Penculikan ?
    Waduh ... mengerikan sekali ya ...
    hhmm ... ini mungkin untuk mereka yang suka bepergian sendirian ... tidak dengan muhrimnya mungkin ya

    Salam saya

    BalasHapus
  10. Betul Om, solusinya cari supir taksi asal Indonesia kalau mau pergi sendiri :)

    BalasHapus
  11. Saya sudah mengisi Absen di GA nya Mbk.

    Dan saya juga sudah memiliki Buku Bunda Of Arabia, dan saya juga pernah membuat Reviewnya.

    Saya juga sudah membaca cerita di balik terbitnya buku ini lewat blognya Mbk Jihan.

    Sungguh perjuangan yang gigih, hingga ke akraban sahabat-sahabatnya pun jadi korban.

    Beruntung buku ini dapat laris di pasaran hingga nyampek di tangan saya.

    Thank you Mbk Ika. Salam persahabatan dari Jember.

    BalasHapus
  12. Mudah2an dapet hadiah yang lain ya ^^

    BalasHapus
  13. mbak saya kok justru punya kesan yang menarik dengan covernya... penasaran... kalo boleh dibilang jatuh cinta pada pandangan pertama :)

    BalasHapus
  14. Beda orang beda selera kali ya ^^

    BalasHapus
  15. Selalu seru membaca seri perjuangan para bunda wujud kasih pada keluarga sekalian pembaca dibawa ke nuansa Arabia. Meski belum baca bukunya, menikmati rdulu review Jeng Ika. Sukses Ganya Jeng. Salam

    BalasHapus
  16. Iya mbakyu, perjuangan perempuan memang selalu seru untuk disimak ^^

    BalasHapus
  17. Baca tulisan mbak Ika, kok sepertinya kisah-kisah di buku ini seru habis ya. Diceritakan sendiri oleh yang mengalaminya, pasti lebih terasa haru birunya.

    BalasHapus
  18. Iya mbak, tp banyak sukanya juga sih :)

    BalasHapus
  19. buku yang amat menarik, wajib dibaca nih.. kebetulan saya suka baca :)

    BalasHapus
  20. sayang banget cuma bisa baca sinopsisnya disini nih, maaf banget mbak aku kemarin gak bisa nulis postingan GAnya

    BalasHapus
  21. Iya ga papa. Yang penting mbak Lidya udah sehat aku ikut seneng kok ^^

    BalasHapus