Berlebaran Di Jogja

19.50.00



[caption id="attachment_6559" align="alignleft" width="300"]IMG01702-20130808-0656 Narsis sebelum shalat IED[/caption]

Walaupun terlambat, saya ucapkan “Taqqobalallahu minna wa minkum. Shiyamana wa shiyamakum. Minal ‘Aidzin wal faizin. Mohon maaf lahir dan batin” pada semua teman blogger dan pembaca sekalian. Mudah-mudahan tahun depan kita masih diberi umur untuk bertemu Ramadhan kembali. Aaamiiin.

Lebaran tahun ini saya dan keluarga tidak mudik ke kampung halaman suami di Blitar. Kami berlebaran di Jogja. Hari terakhir Ramadhan kami berangkat ke Jogja. Jalanan tak terlalu padat seperti tahun-tahun sebelumnya. Di lampu merah pun tak terlihat antrian mobil-mobil pribadi yang mengular.


Sengaja kami berangkat diakhir Ramadhan agar kami bisa menyaksikan kemeriahan takbiran keliling mengingat anak-anak tak pernah merasakan kemeriahan takbiran keliling jika berada di rumah. Sejak kejadian pembunuhan saat acara khataman beberapa tahun lalu, kini aktivitas keramain di malam hari ditiadakan.




[caption id="attachment_6561" align="aligncenter" width="491"]IMG01704-20130808-0704 Alun-alun utara[/caption]

Nah, mumpung berlebaran di Jogja, saya memutuskan untuk menunaikan shalat IED di alun-alun utara, seperti kebiasaan saya di waktu kecil. Kebetulan orang tua tinggal di daerah Ngasem. Sekitar 500 meter dari Keraton Jogja.


Karena jarak yang tak terlalu jauh, kami pun hanya berjalan kaki menuju alun-alun utara. Jika biasanya keberangkatan mengambil jalur selatan, melewati keraton Jogja, lalu pulang melewati jalur utara, kini jalur keberangkatan saya ubah lewat utara. Melewati kampung kauman. Perubahan jalur saya lalukan agar tak ketinggalan melihat daeng keluar dari Keraton Jogja.


Selesai shalat IED, tak lupa saya membeli ndog abang, telur yang diberi pewarna merah dan ditusuk menggunakan bambu yang telah dihiasi kertas.




[caption id="attachment_6563" align="aligncenter" width="300"]IMG01695-20130808-0630 Ndog Abang[/caption]

[caption id="attachment_6564" align="aligncenter" width="300"]Sate Gajih Sate Gajih[/caption]

Sewaktu kecil, sehabis shalat IED saya dan teman-teman selalu menanti datangnya daeng keluar dari keraton. Berjajar rapi di pinggir jalan melihat para prajurit keraton lewat dengan aneka senjata jaman dulu seperti tombak, panah dan senapan jaman Belanda dengan seragam warna warni dan genderang drum band.




[caption id="attachment_6566" align="aligncenter" width="300"]Prajurit Lombok Abang berdatangan Prajurit Lombok Abang berdatangan[/caption]

[caption id="attachment_6565" align="aligncenter" width="300"]Para prajurit bersiap melaksanakan shalat IED Para prajurit bersiap melaksanakan shalat IED[/caption]

Beruntung rumah orang tua saya persis berada di depan jalan yang dilewati daeng. Saya tak perlu berlarian seperti teman-teman saat mendengar tabuhan drum band para daeng.  


Tradisi di keluarga saya, lebaran identik dengan opor ayam dan sambel kreni. Setelah selesai sungkeman dan saling bermaafan, acara dilanjutkan dengan menyantap opor plus sambel kreni buatan ibu. Selesai acara makan-makan, kami pun pamit pada ibu. Bubar jalan melanjutkan acara kami masing-masing.

You Might Also Like

21 komentar

  1. Selamat Idul Fitri 1434 H, mohon maaf lahir batin. Taqabalallohu minna wa minkum, syiyamana wa shiyamakum , Ja’alanallohu minal a’idin wal faidzin

    endog merah di tusuk bambu saya kok belum pernah liat dan merasakan to Mbak.

    BalasHapus
  2. lucu nama nya sambel kreni.. pengen tau sambel kreni itu penampakan nya kaya gimana mba.. hehe

    Mohon maaf lahir batin ya mba :)

    BalasHapus
  3. met lahir batin ya ika.. kog jadi ika.com nih? ga pake wordpress?
    maren ku ke jogya bentaran dowang..

    BalasHapus
  4. mohon maaf lahir dan batin mbak ika.... :-)
    mbak aku malah salah fokus ke pembunuhan saat acara khataman tahun lalu???kenapa itu mbka?kok bisa
    sambel kreni itu kyak apa y mbak ika? namanya agak2 mirip sama makanan ku saat lebaran kemaren namanya cincang karani hehe

    BalasHapus
  5. Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mbak Ika. Maaf lahir dan batin ya.
    Nanya dong, itu keterangan gambar ada sate gajih, itu sate apa ya Mbak?

    BalasHapus
  6. Indahnya berlebaran di kampung halaman ya Mbak Ika. Melepas kangen pada banyak hal: kerabat, teman-teman, even makanannya :)

    BalasHapus
  7. ah, membuat sy kangen suasana YK. saya mohon maaf, bu ika. taqoballahu minna wa minkum shiyamana wa shiyamakum kullu 'amin wa antum bi khoir.

    BalasHapus
  8. Kapan ke Jogja lagi Rusydi. Aaamiiin

    BalasHapus
  9. Taqabbalallahu minna waminkum
    Selamat Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1434 H.
    Mohon Maaf lahir dan bathin

    BalasHapus
  10. Ngasem? laaa... kan itu deket banget dg rumah bude di Notoprajan mbak...
    Kapan2 kalo aku ke yogya... kita ketemuan lagi ya? hehehe

    BalasHapus
  11. ouuu mbak ika asli jogja nih? Enak kali yah hidup dikota wisata gtu… tiap hari lalu lalang turis. Dulu saya hunting turis diakali ke kebon binatang sekedar buat ngajakin spiking spiking….. Eniwei, maaf lahir batin yah mbak ik, semoga keluarganya dikaruniai kesehatan selalu

    BalasHapus
  12. Iya mbak Ira. Aseli djogja :)

    BalasHapus
  13. Iya, Insya Allah :)

    BalasHapus
  14. Sama-sama mbak. Saya Juga minta maaf alahir dan batin

    BalasHapus
  15. Ada suatu masa ...
    duluuu sekitar tahun tujuhpuluhan ... ketika saya masih kecil ...
    kami kalau Idul Fitri selalu ke rumah Eyang Kakung saya di Yogyakarta ...

    Namun semenjak Kakung dan Uti tiada ...
    Kami jadi jarang ke Yogya ...

    Salam saya Bu Ika
    Mohon Maaf Lahir Batin ...

    BalasHapus
  16. Sambal goreng kreninya ngangeni Jeng, kalau endhog abang belum pernah jumpa. Salam

    BalasHapus
  17. Mungkin hanya didaerah saya yang ada ndog abang mbak :)

    BalasHapus
  18. Kapan-kapan kalau ke Jogja colek saya ya Om. Pengen kopdaran sma Om NH nih :)

    BalasHapus
  19. Iya betul mbak :)

    BalasHapus
  20. Bu Ika Koentjoro rumahnya blitar ya? saya juga Blitar. rumah Ibu di mana? kapan-kapan pulang ya? biar kita bisa ketemu. senangnya punya teman blogger yang satu kota.

    BalasHapus
  21. Blitar rumah suami, di daerah Srengat. Insya Allah kapan-kapan kalo ke Blitar kita ketemuan :)

    BalasHapus