Review Buku# Cerita Di Balik Noda, Ada Banyak Cerita Seru Dibalik Kotornya Noda

13.58.00

1359621710613_BukuCeritadiBalikNoda

Judul : Cerita Di Balik Noda – 42 Kisah Inspirasi Jiwa

Penulis : Fira Basuki

Penerbit : Kepustakaan Populer Gramedia

Tebal  : 235 halaman

Cetakan Pertama : Januari 2013

Harga : Rp. 40.000,-

ISBN  : 978-979-91-0525-7

***



”Hidup semakin kaya ketika kita bersentuhan dengan “noda”.Ya, hidup itu seperti baju kotor. Ketika noda dihilangkan dengan mencucinya bersih-bersih, kita ibarat telah memasuki hidup baru, masa depan baru, dan harapan baru. Selalu ada hikmah di dalam sepercik ”noda”.”


(Fira Basuki)


Ditangan Fira Basuki, cerita sederhana tentang noda menjadi cerita yang menarik dan inspiratif yang menyadarkan kita, para orang tua bahwa ada banyak hal yang dapat kita pelajari dibalik kotornya noda.

Pengalaman Fira Basuki malang melintang dalam dunia tulis menulis dengan menjadi kontributor dibeberapa media asing serta menjadi penulis yang melahirkan novel-novel best seller menjadikan buku CERITA DI BALIK NODA menjadi buku yang penuh greget, mencerahkan dan terkadang mengharu biru.


Buku CERITA DI BALIK NODA berisi 42 kisah inspiratif yang merupakan cerita-cerita para peserta lomba menulis bertema “Cerita di Balik Noda” yang di adakan oleh Rinso Indonesia melalui Facebook. Sementara Fira Basuki menulis empat judul tulisan yaitu "Bos Galak", "Sarung Ayah", "Pohon Kenangan" dan "Foto".

Pada mulanya saya mengira buku ini hanya bercerita seputar noda dengan tokoh utamanya ibu dan anak yang menodai bajunya dengan kotoran. Pada kenyataannya saya salah besar. Ternyata tokoh utama dalam buku ini sangat beragam, seperti dalam cerita "Bos Galak", tokoh utama dalam cerita ini ialah Rani dan sang bos.

Dalam kisah "Bos Galak" diceritakan Rani yang baru lulus sebulan yang lalu dari sebuah perguruan tinggi diterima disebuah perusahaan jasa periklanan Internasional. Rani sedikit resah karena ia mendapat informasi dari teman-temannya jika si bos, Elsa terkenal galak. Dan kegelisahan itu semakin menjadi tatkala ia melihat dengan mata kepala sendiri bagaimana Elsa memarahi Ira tatkala proposal iklan yang ia buat dianggap jelek oleh Elsa.

Disisi lain Rani berkeyakinan bahwa "BOS JUGA MANUSIA". Segalak-galaknya Elsa, pasti suatu saat luluh juga. Beberapa minggu sebelum ulang tahun Elsa, Rani mengusulkan pada kawan sekantornya untuk memberikan kejutan pada Elsa dihari ulang tahun Elsa.

Pada awalnya kawan-kawan Rani keberatan dengan usulannya. Akan tetapi akhirnya Rani bisa menyakinkan kawan-kawannya. Dan pada hari H, Elsa benar-benar surprice hingga terharu mendapatkan kejutan dari Rani dan kawan-kawan. Melihat reaksi yang ditunjukkan Elsa, saking gembiranya,  tanpa sengaja Bima menyenggol kue ulang tahun hingga mengenai baju Elsa.

Lain lagi dengan cerita "Sarung Ayah". Dalam kisah ini diceritakan, Hani dan anaknya, Dewi yang tengah berjuang untuk tetap tegar saat menerima kenyataan bahwa Hendro, suaminya meninggal karena serangan jantung dalam perjalanannya menuju Solo saat mendapatkan tugas untuk melihat kantor cabang bank yang baru dibuka dari kantor tempatnya bekerja.

Sarung Hendro yang menjadi pokok cerita ini diceritakan secara apik oleh Fira Basuki. Benar-benar mampu menguras air mata.

Tak ada gading yang tak retak. Ada beberapa kesalahan editing pada beberapa kalimat dalam buku ini, seperti tulisan jazad yang seharusnya ditulis jasad pada halaman 56.

Dalam cerita "Sarung Ayah", pada halaman 57 terjadi kesalahan fatal dalam penulisan nama. Di halaman 56 tertulis jika Dewi merupakan anak Hendro dan Hani, sementara Wulan merupakan adik Hendro, tetapi dihalaman 57 tertulis Wulan merupakan anak Hani dan Hendro. Mudah-mudahan pada cetakan selanjutnya kesalahan-kesalahan yang terdapat dalam buku ini telah diperbaiki oleh penulis hingga tidak menimbulkan kebingungan pembaca.

Buku ini sayang untuk dilewatkan. Selain bahasa yang digunakan mudah dipahami, konflik yang dibangun mampu menguras emosi pembaca. Ada banyak kejutan yang sayang untuk dilewatkan.

Postingan  Cerita di Balik Noda dan Berani Kotor itu Baik  ini diikutsertakan dalam Kontes Ngeblog Review Buku “Cerita Di Balik Noda” yang diselenggarakan oleh KEB bekerjasama dengan Rinso. 


KEB

You Might Also Like

44 komentar

  1. Wooooowwww !!! Keren juga Mbak IkAaaaaa...

    BalasHapus
  2. wow, nabung lagi nih. makasih Mbak review nya. lengkap banget :)

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah, mudah2an sama menang ;)

    BalasHapus
  4. Waah penasaran dengan bukunya. Semoga menang ya mbak :)

    BalasHapus
  5. Review yang menarik atas buku yang menarik pula. Ada 42 kisah inspiratif yang tentunya dapat diambil manfaatnya bila membaca buku tersebut.

    Mudah-mudahan review ini menjadi pemenangnya ya Mbak...

    BalasHapus
  6. Aaamiiin, terimakasih Om.

    Aku jamin ndak rugi kalo beli ni buku.

    BalasHapus
  7. Terimakasih pak. Aaamiiin.

    mohon diberi kritik atau saran untuk review saya pak. saya baru belajar mereview

    BalasHapus
  8. Review-nya sudah bagus kok, cuma biasanya pada paragraf akhir berupa kesimpulan tentang buku dan saran untuk membacanya. Menurut saya, paragraf "Buku ini sayang untuk dilewatkan....." ditaruh di bagian akhir saja.

    He..he..he... hanya pendapat lho Mbak Ika...

    BalasHapus
  9. Sudah saya edit pak. Terimakasih sarannya. Mudah2an penilainya belum sempet liat blognya :D

    BalasHapus
  10. Yap,,, jadi kapan nich mau beli bukunya :p

    BalasHapus
  11. saya juga ndak rugi beli bukunya, semoga menang ya mbak Ika..:)
    salam kenal dari mahia, dan terima kasih sudah mampir di mahiazara [dot]wordpress[dot]com
    kemarin-kemarin belum sempat ngeblog lagi, jadi baru sempat berkunjung :)

    BalasHapus
  12. ha ha..tadinya saya pikir isi bukunya itu mengenai berbagai macam tips untuk menghilangkan berbagai macam noda dengan analisa sebab musabab nodanya hi hi..salah ya..

    BalasHapus
  13. salah satu judulnya "Sarung Ayah", bisa jadi diilhami oleh kisah nyata penulisnya yg telah ditinggalkan suami tercinta

    BalasHapus
  14. udah baca bukunya.. malas aja reviewnya..
    semoga menang ya ika..

    BalasHapus
  15. Iya,,,makasih mbak. Aaamiiin ;p

    BalasHapus
  16. Betul pak, pak Yudhi sudah punya bukunya?

    BalasHapus
  17. Bagus mbak bukunya. Kalo dilihat dari covernya memang sederhana tapi isinya Ok :)

    BalasHapus
  18. Iya...emang keren banget. Btw, ikutan lomba reviewnya ndak?

    BalasHapus
  19. Aaamiiin makasih.

    Oya, aku tadi lupa ngucPIN,"Barakallahu alaikum wa jami'a 'alal khoir" buat pernikahannya ;)

    BalasHapus
  20. Belum baca bukunya... Moga menang ya Mbaa..^^

    BalasHapus
  21. Makasih,,, Aaamiiin. Beli aja, ndak rugi kok :)

    BalasHapus
  22. aiihhh jadi penasaran pengen bacaa..hehe

    BalasHapus
  23. judul bukunya mirip film jadoel cinta dibalik noda nih mbak ika :)

    salam
    /kayka

    BalasHapus
  24. Iya,, tapi kayaknya intinya beda jauh dech Kay :)

    BalasHapus
  25. betz sekali mbak kalo dari sisi tema memang bener2 gak ada hubungannya... ;)

    salam
    /kayka

    BalasHapus
  26. Kemaren udah sempet mau beli buku ini Mba Ika tapi urung karena emang budget udah habis. Bagus sepertinya ya. Sukses ya Mba...

    BalasHapus
  27. Tidak disediakan pemutih buat ngilangin nodanya?
    He he he, just joking!

    BalasHapus
  28. baca review buku jadi pengen baca buku bacaan yang ringan seperti ini he he he maklum dah lama berkutat dengan toefl >_<

    BalasHapus
  29. Bagus banget mas. Pokoknya ndak rugi. Belinya dianggarkan bulan depan aja mas :)

    BalasHapus
  30. Pemutihnya kebetulan pas habis, Eyang :)

    BalasHapus
  31. nice verdict, perhatian bgt sm tata bahasanya mbak,
    editor buku ya?

    BalasHapus
  32. Bukan sich, cuman sulu waktu kuliah aktif di UKM Jurnalistik jadi dikit2 taulah :)

    BalasHapus