Kreatifitas Murid-Murid Kelas 1B Year 1

19.10.00

Art work anak1"Berikan pada anak 100 lembar kertas, maka ia akan memberimu 1000 gambar."

Kreatifitas dan imajinasi anak yang tanpa batas justru sering tidak dipahami oleh kita, para orang tuanya.

Saya punya pengalaman lucu dengan anak saya yang kedua, Azzam. Suatu ketika, saat Azzam berumur 2 tahun dan baru senang-senangnya  mencorat-coret benang ruwet dikertas, saya bertanya padanya,"Itu gambar apa nak."

"Gambar gajah, Mi."

"Wah, gajahnya besar sekali ya."

"Ini anaknya gajah lagi maem, Mi."

Dueng, ndak nyambung banget khan? :lol:

***

Mengasah kreatifitas anak bisa menggunakan benda-benda yang ada disekitar kita. Membiarkan anak-anak berkreasi dengan bahan seadanya justru akan semakin mengasah kreatifitasnya. Selain itu, secara tidak langsung kita juga mengajarkan pada mereka bagaimana memanfaatkan barang-barang yang ada menjadi sesuatu yang bernilai seni.

Lihatlah beberapa kreasi anak-anak SDIT LHI dari bahan daun-daunan, bekas pembungkus makanan dan rumput yang ada disekitar sekolahan. Cantik bukan?

Art wok anak


Daun-daun yang berserakan ditanah menjadi cantik ditangan anak-anak kreatif ini. Lihatlah rumah yang dibuat Khalisa dari daun-daun kering lengkap dengan matahari dan awan. Atau perahu layar Fathiin, sederhana tapi indah bukan?


Lihat pula burgernya Hanif yang bikin saya terheran-heran. Bisa-bisanya ia punya ide menjadikan bungkus bekas makanan menjadi gambar burger.


Robotnya Adan dan kapalnya Karima juga tak kalah indah. Dan lihatlah bunga yang dibuat Harsya dari sedotan dan bunga kering, tampak seperti bunga sungguhan bukan?


SubhanaAllah....


Jika anak diberi kesempatan untuk berkreasi, ternyata hasilnya luar biasa.


A13F1565CD481AA8AB2D3E0EA0589ED5

You Might Also Like

42 komentar

  1. asik tuh kalu main sama anak2.. pake bahan sisa dan alami..

    btw, yang gambar burger yang mana sih?

    BalasHapus
  2. kreatif semua ya anak-anak, kok bisa punya pikiran membuat burger juga ya

    BalasHapus
  3. betul umur2 anak segitu kreatifitasnya kudu dimaksimalkan....

    BalasHapus
  4. Yang pojok sebalah kanan atas sepertinya mba:D

    BalasHapus
  5. Kreatifitas anak-anak memang harus dibebaskan dan dikembangkan ...
    dan juga diarahkan ... agar hasilnya bagus ...
    Walaupun bukan untuk menjadi seniman pada akhirnya nanti ... namun jiwa berkreasi itu akan ada di setiap profesi

    salam saya Bu Ika

    BalasHapus
  6. keren bunda, buat ngimbangin pendidikan formal yg fokus ke otak kiri doank ^^

    BalasHapus
  7. Wah, sudah berpengalaman nih kayaknya :)

    BalasHapus
  8. Betul, sebelah kanan atas :)

    BalasHapus
  9. gak kena, udah kabur duluan :D

    BalasHapus
  10. Mungkin karena biasa makan burger kali mbak :D

    BalasHapus
  11. dan entah kenapa kebanyakan kreatifitas itu menghilang setelah dewasa.. hmmm

    BalasHapus
  12. Kreatifitasnya semoga bisa berlanjut terus hingga remaja dan dewasa ya, mbak

    BalasHapus
  13. “Berikan pada anak 100 lembar kertas, maka ia akan memberimu 1000 gambar.” <--- pinjem ini buat lini masa di twitter.

    BalasHapus
  14. anak kreatif dan cerdas dmbaan setiap ortu...

    Pada tanggal 18/04/13, Ika Koentjoro's Blog

    BalasHapus
  15. Sepakat,, otak kanan dan otak kiri seimbang ;)

    BalasHapus
  16. Mungkin karena terlalu dibebani pelajaran yang ntah dipakai atau tidak dikemudian hari

    BalasHapus
  17. Anak2 selalu punya imajinasi yang tinggi, makanya hand craftnya bagus2 ;).

    BalasHapus
  18. teringat masa kecil saya, waktu tk saya disuruh nggambar, saya malah nggambar orang mandi :D #parnodarikecil

    BalasHapus
  19. Mbak Ika, aku percaya bahwa anak-anak adalah makluk paling kreatif sedunia. Anakku pernah melukis bawang dengan warna hijau..dan hasilnya, menurutku, indah sekali. Saya lihat anak-anak selau keluar pakem dalam melihat segala sesuatu dan menurutku itu sumber kreativitas mereka. Sayangnya kreativitas itu berkurang bersama waktu. Tugas sekolah, cara pelajaran yang disodorkan kepada mereka, sistem penilaian yang menekankan pada kesalahan, membuat kesuburan kreativitas jadi meranggas :)

    BalasHapus
  20. anak-anak memang punya imajinasi yang tak terbatas yang kadang kita sendiri jadi takjub, kok bisa ya punya pikiran kek gitu.... paling suka lihat yang gambar rumah dari daun, warnanya bagus.....

    BalasHapus
  21. Betul bu, kita yang dewasa suka macet imajinasinya karena sering membatasinya :)

    BalasHapus
  22. Betul banget mbak. Sistem pendidikan kita justru mematikan daya imaginasi anak :(

    BalasHapus
  23. Waduh, jadi penasaran nich. Apa yang kamu bayangkan saat menggambar orang mandi Deen :lol:

    BalasHapus
  24. adun unyu semua,, titip cubit mbak #salah fokus

    BalasHapus
  25. proses kecerdasan yang keren Mbak Ika...

    BalasHapus
  26. seperti anakku hampir tiap hari minta kertas dan ada saja yang diperbuatanya dengan kertas itu, kadang berisi gambar, kadang berisi tulisan kadang pula dipotong-potong

    BalasHapus
  27. Siip, berarti tinggal diarahkan tuh :)

    BalasHapus
  28. Wow, pinter2 banget mbak. Kreatif!
    Btw pasti hidupnya Mbak Ika bahagia terus dekat sama anak2 kecil :) hehe

    BalasHapus
  29. Iya, jelas Ka. Apalagi anak2 kreatif :)

    BalasHapus
  30. Yap, betul banget mbak Lies :)

    BalasHapus
  31. Kreativitas yang diberi media pengembangan diri, apresiasi untuk pengelola sekolah juga melalui postingan ini Jeng Ika berbagi inspirasi. Salam

    BalasHapus