Hermes

19.43.00

Berinvestasi dalam bentuk emas atau property? Ah, itu sich biasa. Mau coba investasi yang tidak biasa? Ya, cobalah berinvestasi pada sebuah tas.

Tas???

Hmm, mungkin sebagian dari teman-teman bloger tidak percaya jika sebuah tas bisa dijadikan investasi.

[caption id="attachment_2588" align="alignright" width="276"]doc. google doc. google[/caption]

Baru-baru ini, tas Birkin Hermes dengan sentuhan berlian serta emas putih 18 karat laku dilelang seharga 200 ribu dolas AS, setara hampir 2 milyar rupiah.

Padahal sebelumnya tas tersebut ditaksir hanya laku senilai 80 ribu dollar AS atau setara 800 juta rupiah.

Crocodile Birkin Bag tersebut awalnya milik seorang wanita asal Florida yang ia beli pada tahun 2006 yang kemudian ia jual pada seorang wanita asal Dallas yang identitasnya tidak mau dipublikasikan dalam sebuah lelang.

Selain karena prestisenya, tas-tas super mewah biasanya berbahan baku kualitas tinggi sehingga bisa digunakan hingga berpuluh-puluh tahun.

Jika teman-teman berniat berinvestasi pada sebuah tas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.


  • Pilihlah tas yang terbuat dari bahan kulit. Semakin eksotik bahan yang dipakai, maka nilai jual kembali semakin melambung. Contohnya tas dengan bahan kulit buaya dan kulit burung unta.



  • Pilih tas yang bernilai diatas Rp 5 jutaan yang tidak mengalami menyusut secara drastic. Beberapa tas seperti merk Gucci nilainya cenderung turun. Gucci yang dibeli lima tahun lalu seharga Rp 15 juta, biasanya kini hanya laku terjual senilai Rp 5 juta. Tas merk Hermes dan Chanel dari bahan kulit merupakan tas yang tepat untuk berinvestasi. Nilainya tidak pernah turun, bahkan cenderung naik.


Sebelum berinvestasi dalam bentuk barang mewah seperti tas, pikirkan dulu hal-hal berikut ini diantaranya, cashflow kita wajib memiliki nilai positif ini berarti alur keuangan kita harus lancar. Disamping itu, juga harus memenuhi dana darurat dan terlindung oleh asuransi. Hal ini penting mengingat barang mewah biasanya berbiaya mahal dan tidak selalu segera laku terjual.

Persyaratan lain yang tidak kalah penting ialah tidak memiliki utang konsumtif serta memiliki rasio investasi seimbang antara kategori liquid dan non likuid.

Siap berinvestasi pada tas Hermes?

A13F1565CD481AA8AB2D3E0EA0589ED5

You Might Also Like

75 komentar

  1. kalo yang invest gituan ya Victoria Bechkam aja mba :D

    BalasHapus
  2. Betoel, dia mah uang udah berlebih :)

    BalasHapus
  3. Belom siaaap. Uangnya yg gak adaaa :D

    BalasHapus
  4. Tas harganya 2 milyar?
    *glek!
    Dipake juga sayang kali ya?

    BalasHapus
  5. hahah..klo ada yang ngasih aku jual deh..tapi klo beli sendiri huummm..mending tas ransel :))

    BalasHapus
  6. punya gucci dikasih, dan iya tasnya agak bluwek..
    kalu hermes dan ada jaminan awet dari hermesnya bukan? kalu robek aja kudu dikirim kesana dibetulin.. dan stoknya juga terbatas kan.. unlimited gitu.. semua dikerjakan dengan tangan..

    BalasHapus
  7. Tas nya seharga 2 milyar,,, waduh malah banget itu tas,,,,

    BalasHapus
  8. widiiwww, tas harga bisa naik.
    boleh juga nih buat inves. :lol:

    BalasHapus
  9. aku tas kresek wae mbak Ika...

    BalasHapus
  10. Tas sebegitu mahal? *helanafas*

    BalasHapus
  11. Investasi tas mewah ?????? Not for me.... :-)

    BalasHapus
  12. 5 juta,,, mending buat nyiapin dekorasi, rias, dan tambah sewa tenda... #eeeeh... :lol:

    BalasHapus
  13. Ide bagus mba.. Sebetulnya syaratnya sih gampang... Anda harus punya duit lembaran ratusan ribu ber tas-2 di rumah...

    BalasHapus
  14. saya.. kalo investasinya begituan bisa tua mendadak mbak.. gara2 gak onok uwek (gak ada duit) XDDD~

    BalasHapus
  15. Jangan pesimis dulu, kawan-kawan.
    Kalo gak punya duit, bisa dicoba pake sistim BODOL (Berani Optimis Duit Orang Lain).

    Begini:
    Berbekal kemudahan akses link ke banyak kolektor (gugling untuk dapat alamatnya), miliki kartu nama, bina relationship.
    Bikin proposal, tawarkan ke para investor untuk mengkoleksi tas ori bukan KW, setelah tas dibeli (menggunakan uang dari para investor), kemudian tas tersebut disimpan di Save Deposit Box, jangan lupa bikin NDA (Non-Disclosure Agreement).
    Kemudian aktiflah bergerak, gali info tentang lelang (kalo perlu sampai ke balai lelang Christie) atau berburu kolektor yg mau membeli dg harga mahal. Bila sudah terjual sebesar ratusan kali lipat, maka duit yg didapat silakan dibagi secara merata kepada semua investor sesuai nilai investasinya. Anda sendiri juga mendapatkan sekian puluh persen atas jasa pengelolaan investasi.

    BalasHapus
  16. Saya belum sangup investasi di tas bermerk, mahal :D.

    BalasHapus
  17. Ikutan yg KW2 nya saja mba, itu juga sudah booming :)

    BalasHapus
  18. aduuuuh sampek mil mil-an gitu.... sementara mampunya masih atusan mbak. itupun klo ga rusak yah gak ganti ganti.
    invest apa yah, lawong uange gak lama mapirnya xixixi...

    BalasHapus
  19. Whoaaa.. kok rasanya lebih mending invest di rumah ya.. abis nominalnya sama.. T__T

    BalasHapus
  20. Betul Beb, tapi anehnya katanya orang miskin di Indonesia banyak, eh banyak juga yang punya koleksi tas ini :)

    BalasHapus
  21. Sama mbak, cukup yang Kw kw wae lah :D

    BalasHapus
  22. Lelang, lelang, dilelang.....

    BalasHapus
  23. Ho oh lah. Kw2 aja juga udah lumayan kok. Cuman bedanya kalo KW ga bisa buat inves :)

    BalasHapus
  24. Samaaa mbak. Tapi di Indonesia banyak juga lho yang pake. Entah duit dapat dari mana :D

    BalasHapus
  25. Terimakasih masukkannya pak. Bermanfaat sekali. Mudah2an ada teman2 blogger yang bisa praktekin.

    BalasHapus
  26. Podo ae Dhi. Ora ono uwek e :D

    BalasHapus
  27. Hmm, kalo hanya ratusan kayaknya kurang dech. Harus pake dollar kali ya :D

    BalasHapus
  28. Saya bangun studio juga pake prinsip BODOL. Cuma berbekal proposal dan links community. Applicable banget prinsip itu.

    BalasHapus
  29. Siip pak. Coba saya rumuskan, suatu saat saya juga pengen begitu juga. Apalagi kemarin sudah ada investor yang berminat tapi kebetulan saya belum punya gambaran prosedurnya :)

    BalasHapus
  30. ah, ngga bangetssssssss............

    BalasHapus
  31. Ogaaah. Mahal mbak. Aku investasinya tanah aja deh :D

    BalasHapus
  32. intinya investasi di tas itu susah2 gampang ya?! hehee hmm.. lha itu ppenyusutan/naiknya harga itu cepet atau lambat? fluktuatif nggak? hehee kayak dollar aja!

    BalasHapus
  33. eh baru tau ternyata bisa juga ya tas jd investasi.... tapi saya enggak tertarik kayanya.... hehehe... mo bilang ga punya duit aja susah bener yah aku ini....

    BalasHapus
  34. Sama ka, mending juga inves tanah :)

    BalasHapus
  35. Akhirnyaaaa, ada juga yang kecantol :D

    BalasHapus
  36. Belum pernah coba yang ori mbak. Cukup kw kw aja :D

    BalasHapus
  37. tas mahal malah sayang kalo mau dipake. malah ga fungsi.

    BalasHapus
  38. aku smpai skarang msih bgung mbak kenapa byk orang2 tergila sama tas
    dikntor tu ada ibu2 yang tiap hari tasnya beda,,dan itu ber merek semua,,

    BalasHapus
  39. Whoaaaaa...
    sampe sejauh ini sih gak ngerti barang merk mba :)

    Mungkin belum waktunya untuk ku yah, invest nya beli cincin emas aja...
    biar gampang dijual...hihihi...

    BalasHapus
  40. berbahan baku kualitas tinggi sehingga bisa digunakan hingga berpuluh-puluh tahun ...

    Sementara sifat dari Tas itu adalah ... selalu up dated mengikuti mode ...

    ini seni tersendiri nih ... untuk mengkoleksinya ... perlu kesabaran ...
    di sertai harapan ... semoga mode tahun 80 an akan berulang kembali pada tahun 2000 an ... dan seterusnya sehingga Tas tersebut masih bisa terus dipakai.

    salam saya Bu Ika

    BalasHapus
  41. Sebenarnya para pemakai tas ini cenderung fokus ke prestisenya dibanding fungsinya pak. Biar dibilang "wow" jika memakainya :D

    BalasHapus
  42. Inves di emas emang paling enak mbak. Gampang cairnya kalo lagi butuh duit :)

    BalasHapus
  43. Jelas El. Kalo yang bawa ndak bisa menyesuaikan dengan tasnya juga lucu jadinya :)

    BalasHapus
  44. Namanya juga orang suka Izz. Kalo pepatah jawa bilang "seneng larang rega ne" kalo dah seneng wis ga bisa dinilai lagi dech. Berapaapun dibeli :)

    BalasHapus
  45. Fungsinya untuk menaikkan prestis Om :)

    BalasHapus
  46. Yo wis nganggo tas soko kertas ae :)

    BalasHapus
  47. Tidak siapppppp! Mahal!
    Apalagi ke kantor naik kereta, disilet nanti...hahahahaha
    *Tuhan maha adil deh*

    BalasHapus
  48. Klo pny tas mil mil itu, bs barter ga sama rumah dan mobil? Hehe

    BalasHapus
  49. Iya, beli yang nyaman buat dipakai dan juga nyaman di kantong :D

    BalasHapus
  50. Kalo saya mah lebih memilih untuk investasi di reksadana aja daripada investasi di tas gitua.. Walau hanya investasi di reksadana yang recehan..

    BalasHapus
  51. aku beli tas 50ribuan aja deh. Kalo setahun dipake rusak ya tinggal ganti, hihi. drpd beli herpes eh hermes tp cm mampu beli 1..... eeeeeh itu jg klo mampu beli siiiiih, hahaha....

    BalasHapus
  52. Kw kw juga dah cukup ya mbak :)

    BalasHapus
  53. Emang ada pak reksadana recehan :)

    BalasHapus
  54. Hasyiiik, Mba Ika membahas financial planning juga. :)
    Kalo saya mungkin ga akan masuk ke investasi ini Mba. Ga ngerti marketnya soalnya. Hihihi..

    BalasHapus
  55. Sama2, oh ya masalah finacial planning sebenarnya saya kurang begitu menguasai. Mudah2an kapan2 bisa bagi infonya ya mas. Kaya'nya mas Dhani yang lebih kompeten dech :)

    BalasHapus
  56. When I first saw this title Hermes | Ika Koentjoro& on google I just whent and bookmark it. This is getting a bit more subjective, but I much prefer the Zune Marketplace. The interface is colorful, has more flair, and some cool features like Mixview' that let you quickly see related albums, songs, or other users related to what you're listening to. Clicking on one of those will center on that item, and another set of "neighbors" will come into view, allowing you to navigate around exploring by similar artists, songs, or users. Speaking of users, the Zune "Social" is also great fun, letting you find others with shared tastes and becoming friends with them. You then can listen to a playlist created based on an amalgamation of what all your friends are listening to, which is also enjoyable. Those concerned with privacy will be relieved to know you can prevent the public from seeing your personal listening habits if you so choose.

    BalasHapus