Usia 17 Tahun #1

20.48.00

Tak terasa tahun ini memasuki tahun ke 17 saya menggeluti dunia bisnis. Boleh dibilang lebih dari separuh umur yang saya miliki. Jika diibaratkan usia manusia, 17 tahun merupakan usia awal kedewasaan seseorang.

Dalam 17 tahun tersebut, Alhamdulillah saya telah melalui dua ujian berat sebagai syarat pengusaha. Ujian pertama tahun 1998. Pada tahun itu Indonesia mengalami krismon atau krisis moneter. Harga-harga melambung tinggi. Banyak perusahaan yang harus mem-PHK karyawannya karena gulung tikar ataupun demi alasan efisiensi. Hal itu sedikit banyak berimbas pada usaha yang saya geluti. Krisis merubah peta persaingan dagang. Banyak orang yang terkena PHK mencoba berbagi keberuntungan dibisnis yang saya geluti. Walhasil menambah competitor yang ada. Padahal saya baru 2 tahun dilepas bapak untuk mandiri.

Ujian kedua datang pada tahun 2008, persis berselang 10 tahun dari ujian yang pertama. Jika ujian pertama karena factor eksternal, maka ujian kedua ini terjadi karena factor internal. Salah satu kepala cabang yang merupakan sahabat karib saya, tidak amanah menjalankan tugasnya. Setelah 5 tahun ia saya beri amanah untuk mengelola salah satu cabang, ia mendirikan usaha sendiri dengan jenis yang sama dan yang lebih menyakitkan dengan modal yang diselewengkan dari perusahaan saya. Akhirnya ia saya pecat dengan tidak terhormat karena terbukti main belakang. Kerugian yang saya tanggung hampir menembus 10 digit mata uang Rupiah.

Dari pengalaman saya, ada tiga hal penting yang harus dimiliki seorang pengusaha jika ingin tetap eksis dalam bisnis. Tak perduli pengusaha kelas teri ataupun kelas kakap, formulasi ini tetap relevan.

 

Ilmu yang cukup

IMG00764-20130105-0441Bekal pertama yang harus dimiliki ketika terpuruk dalam bisnis ialah ilmu. Banyak membaca, mendengar dan mengamati kisah-kisah pengusaha sukses sangat diperlukan untuk memotivasi agar bisa bangkit. Cerita pengusaha sukses biasanya tak lepas dari keterpurukan dan kegagalan. Tak ada ceritanya seorang pengusaha sukses yang tidak pernah menghadapi permasalahan runyam dalam karier usahanya. Entah ditipu orang, kesalahan managemen ataupun factor eksternal seperti bencana alam, kompetisi tidak sehat dan lain hal yang dapat menyebabkannya bangkrut.

Seorang pengusaha sejati ialah seorang yang mampu bangkit dari keterpurukan.  Mampu memotivasi dirinya untuk menjadi juara. Entah factor eksternal mendukung atau tidak, ia akan tetap terus berusaha. Terus bangkit dan bangkit seperti seorang anak yang baru belajar jalan. Biarpun berkali-kali jatuh ia akan tetap bangkit dan berjalan.

A13F1565CD481AA8AB2D3E0EA0589ED5

 

 

PS: Untuk yang kedua dan ketiga menyusul ya. Penyakit males ngeblog baru kumat nich :)

You Might Also Like

66 komentar

  1. Saya kira umur siapa mbak yg sweet seventeen :D
    ternyata usahanya, bisa bertahan sampai di titik ini mungkin penuh perjuangan yg besar ya mbak,..

    BalasHapus
  2. wah sudah remaja, punyaku masih anak balita neh :mrgreen:

    BalasHapus
  3. berarti hebat ya. selamat Bu. Sudah bertahan di 10 tahun kedua. karena menurut penelitian di amrik kurang dari 2% bisnis yang bisa bertahan hingga tahun ke 10

    BalasHapus
  4. hmm..setengah usia??
    berarti mba mulai usaha di usia 17 tahun donk???
    waaahhh..keyeeen..

    bergerak di bidak apa mba usahanya??

    BalasHapus
  5. Bukan masalah kita terjatuh, yang paling penting adalah apa yang kita lakukan saat pertama kali bangkit. :)

    Senang ya punya usaha, aku pengen punya juga deh. Cuman masih belum tahu bidang apa yang cocok..

    Ikut belajar dulu ya Mah...

    BalasHapus
  6. Assiiikk.. ilmu baru lagi nih dari Mba Ika.. Happy sweet seventeen ya Mba buat usahanya. Semoga semakin sukses ke depannya.. :)

    BalasHapus
  7. Semoga semakin sukses ...dan barokah ya mbak Ika..
    matur nuwun buat ilmunya...

    BalasHapus
  8. wah kerem mbak Ika, sudah sampai 17 tahun, tentu bukn hal yang mudah ya..
    apalagi itu tuh yg dikhianati kepala cabangnya..
    mudah2an kedepannya bisa lebih maju agi ya mbak bisnisnya.. :)

    BalasHapus
  9. Wahh salute mba, semoga makin berkah berlimpah :)

    BalasHapus
  10. Wow,...... bisnis kita seumuran. Tahun 1998 saya jadi kontraktor finishing gedung, dan menangani sebuah show room BMW di daerah fatmawati. Wiiih kereeen kan ? hehe..... tapi bangkrut, hingga lemari pun di jual buat makan.

    So..... bangkit lagi dan bangkrut lagi. Berulang2 hingga tak terhitung jumlahnya. Alhamdulillah itu menjadi pelajaran paling berharga dalam hidup.

    Selamat datang kegagalan, selamat datang masa depan.

    BalasHapus
  11. hebaaat yah bisa jadi pengusaha bermodal besar gitu. ngiri, swear. ya pengusaha ya blogger, keren.

    BalasHapus
  12. Selamat ya mbak, makin sukses buat bisnisnya :).

    BalasHapus
  13. 17 tahun jadi pengusaha... berarti usahanya sudah ibarat seorang gadis yang layak jadi rebutan banyak orang karena kecantikannya. Berarti harus lebih hati--hati dalam menjalankan usahanya mbak

    BalasHapus
  14. wahh,, swit sepen tin, nih.
    lagi massa ababil, galau,,
    tapi salut,, bertahan sejauh itu.

    BalasHapus
  15. 17 tahun itu bukan waktu yg sebentar ya Mbak, kerja keras, doa dan smua jadi satu. SEmoga mbak sehat selalu dan lancar semuanya :)

    BalasHapus
  16. keren...kereeeeen....keeerrreeeeeeeennn...
    #ngiler kotos kotos

    BalasHapus
  17. Sukses buat mba Ika.. semoga tambah berkembang pesat ya usaha nya :)

    BalasHapus
  18. Wow .. 17 tahun bukan waktu yang pendek mbak, salut !
    semoga selalu sukses ya mbak usahanya

    BalasHapus
  19. Boleh tau, bagaimana keadaan karyawan yang Mbak (manggilnya mbak aja ya, biar terasa kaka adik, dari pada bu, hehehe).
    Bulan lalu di pabrim memecat 2 orang yang melakukan pencurian.
    Sampai sekarang belum tau nasih kedua orang tersebut.

    BalasHapus
  20. Semoga berbuah kebaikan atas semua perjuangannya mbak Ika sekeluarga.
    Sudah menjadi hukum alam di negeri ini, hampir semua pengusaha sukses itu pernah melewati badai yg besar.

    BalasHapus
  21. waahh,, usia tujuhbelas tahun memang bukan usia muda lagi ya mbak. Pahit manisnya sudah merasa. Mudah2an terus akan sukses sampe kapanpun :)

    BalasHapus
  22. Aaamiiin, terimasih doanya Niee

    BalasHapus
  23. Aaamiin, Insya Allah lebih kuat lagi :)

    BalasHapus
  24. 3 tahun dia berbisnis dengan modal yang dia ambil dari saya trus bangkrut dan sampai sekarang belum bangun lagi. Entah belum entah tidak tapi saya dapat pelajaran berharga dari situ bahwa harta yang tidak berkah tidak awet

    BalasHapus
  25. Aaamiin, Terimakasih doanya El,

    BalasHapus
  26. Aaamiiin, terimakasih doanya ya tetehayyu

    BalasHapus
  27. Halah,,, ilernya dilap dulu :D

    BalasHapus
  28. Betul, pokoknya perjuangan tiada habis. Aaamiiin, terimakasih doanya ya

    BalasHapus
  29. Mudah2an masa ababilnya dah berlalu. Mulai pendewasaan :D

    BalasHapus
  30. Yap, betul. Lebih berhati2 lagi.

    BalasHapus
  31. Yap, harus lebih semangat lagi :D

    BalasHapus
  32. Alhamdulillah In. Besar kecil tetep disyukuri

    BalasHapus
  33. Trial, eror, eror lagi trial lagi dan akhirnya sukses ya pak ;)

    BalasHapus
  34. Aaamiiin, terimakasih doanya :D

    BalasHapus
  35. Yap, pengalaman pahit bisa jadi guru yang terbaik 'Ne

    BalasHapus
  36. Sama2 mbak Wie. Terimakasih doanya :)

    BalasHapus
  37. Iya mas, kedepan mudah2 lebih baik :)

    BalasHapus
  38. Perempuan paling enak punya usaha. Bisa kerja dirumah sambil ngawasin anak :) Ayo semangat, temukan bisnis yang jadi impianmu

    BalasHapus
  39. Pas berumur 16 tahun. Usahanya dibidang distribusi makanan ringan

    BalasHapus
  40. Alhamdulillah masih bisa bertahan. Mudah2 tidak hanya bertahan, juga bisa berkembang :D

    BalasHapus
  41. He,,,he,,, sudah remaja, mudah2an tambah dewasa :)

    BalasHapus
  42. Bener banget, penuh perjuangan banget.

    BalasHapus
  43. terimakasih mbak,... ini pelajaran penting buat saya.
    saya sangat tertarik dengan hal2 dan cerita2 seperti itu. sebgai bukti dan cerita nyata buat anak2ku nanti,...

    BalasHapus
  44. Rela untuk gagal 999 kali asal ke 1000 nya sukses.

    BalasHapus
  45. berat tapi berbuah manis ya teh

    :D

    BalasHapus
  46. kapan dinikahkan,,
    *loh?&*$%#%^

    BalasHapus
  47. Selamat, mbak Ika termasuk pengusaha yg tangguh dan bermental baja. Masalah eksternal dan internal lewat semua. Ilmu yg kedua dan ketiga, ditunggu sharingnya :-)

    BalasHapus
  48. pengusaha perlu mental baja ...
    selamat bu Ika, sudah mampu bertahan dan berkembang sampai sekarang. semoga usahanya makin maju ...

    BalasHapus
  49. Tapi tidak semua bisa bangkit untuk 999 kali pak sarib. makanya pengusaha termasuk makhluk langka :D

    BalasHapus
  50. Iya,, walaupun sekarang masih ada rasa pahitnya :D

    BalasHapus
  51. Hadeh,, kenapa jadi kacau balau nich. Salah minum obat ya :D

    BalasHapus
  52. Terimakasih pak. Kedepan mudah2an lebih dewasa dan bisa berkembang :)

    BalasHapus
  53. Aaamiiin, terimakasih doanya :)

    BalasHapus
  54. Hahaha....bener sekali. Padahal tetap berusahan dan tidak pernah putus adalah ajaran para nabi. Entah mengapa kadang kita enggan.

    BalasHapus
  55. but it's worthed lah :mrgreen:

    BalasHapus
  56. Segala sesuatu jika di syukuri pasti ada hikmahnya ada sisi baiknya :D

    BalasHapus
  57. belum tidur mbak,, :mrgreen:

    BalasHapus
  58. betul betul. bersyukur dan bersedekah

    BalasHapus
  59. Tau aja kalo biasa tidur gasik :D

    BalasHapus
  60. When I first saw this title Usia 17 Tahun on google I just whent and bookmark it. I appreciate, cause I found just what I was looking for. You have ended my 4 day long hunt! God Bless you man. Have a nice day. Bye

    BalasHapus
  61. bismillah, pasti ada jalan Mbak, semangat dan semoga diberi jalan kemudahaan, Aaamiin...

    BalasHapus
  62. Mantap mbak.., semoga sukses dan lanar yaa.., salam kenal aja mbak!

    BalasHapus