Hotel Peninggalan Hamengkubuwono VII

18.40.00

Beberapa hari yang lalu, sahabat saya yang dulu sama-sama mondok di pondok Pabelan menelpon mengabarkan bahwa liburan semester ini ia ingin berlibur di Jogja. Ia meminta saya mencarikan hotel murah yang nyaman. Tanpa babibu, saat giliran ngantor di Jogja saya pun hunting mencari hotel yang dimaksud.

Seingat saya, hotel murah dan nyaman di Jogja ada di sekitar Prawirotaman. Saya sering melihat turis backpacker berseliweran disana. Selain itu, daerah Prawirotaman dekat dengan pusat kota. Cukup seperempat jam menuju Malioboro.

Dari beberapa hotel yang saya survey, ada satu hotel yang menarik. Namanya Indrakila.

[caption id="attachment_1771" align="alignleft" width="240"]Lobi Hotel Lobi Hotel[/caption]

Indrakila berarti pertapaan. Siapapun yang menginap di hotel ini diharapkan merasa tenang dan nyaman.

Hotel ini mematok tarif paling murah Rp 90.000 + breakfast dan paling mahal Rp 368.000 + breakfast ++

Tapi bukan itu saja yang membuat hotel ini menarik. Hotel ini konon peninggalan Sri Sutan Hamengkubuwono VII. Hampir saja si pemilik menjual rumah ini ke pihak luar. Untung ada salah satu anggota keluarga yang mau membelinya demi menyelamatkan asset peninggalan keluarga. Dan singkat cerita, rumah itu dibuat menjadi hotel dengan tetap mempertahankan bangunan asli.

[caption id="attachment_1769" align="aligncenter" width="300"]Hamengkubuwono VII Ngarso Dalem Sri Sultan Hamengkubuwono VII[/caption]

Menurut cerita pak Rochadi manager hotel ini, Sri Sultan Hamengkubuwono VII memiliki tiga istri, enam belas selir dan dua peloro-loro. Putra beliau berjumlah tujuh puluh delapan orang. Wow, kereeen :) Kalau dalam sepak bola mungkin jadi dua kesebelasan plus pelatih dan official :D

Hotel ini pula tempat shooting serial Losmen yang jaya di era tahun 1980. Serial yang tayang di TVRI ini bercerita seputar kehidupan sehari-hari keluarga Broto dalam mengelola losmen.

[caption id="attachment_1767" align="aligncenter" width="300"]Lokasi Shooting "Losmen" Lokasi Shooting "Losmen"[/caption]

Dari semua bagian ruangan yang terdapat di hotel Indrakila, ruangan favorit saya ada di bagian ini.

[caption id="attachment_1768" align="aligncenter" width="300"]Senthong tengah Senthong tengah[/caption]

Ini namanya senthong tengah. Dulu senthong tengah dipergunakan untuk menyimpan kekayaan si pemilik rumah.

Tepat di depan patung Loro Blonyo terdapat Al Qur’an asli jaman bahuela alias jaman dulu banget.

Pusaka peninggalan raja pun masih tersimpan rapi di hotel ini. Menurut pak Rochadi yang diserahi si pemilik untuk mengelola hotel tersebut, pusaka tersebut jarang di ruwat secara khusus. Hanya ketika keraton mengadakan ruwatan, kadang pusaka tersebut diikutkan untuk diruwat. Pak Rochadi memberi alasan kepada pemilik hotel jika pusaka itu sering di ruwat, bila suatu saat tidak diruwat kadang “berulah”. Wih, serem juga ya

[caption id="attachment_1770" align="aligncenter" width="300"]Pusaka peninggalan leluhur Pusaka peninggalan leluhur[/caption]

Bagi Anda yang berminat menginap di hotel Indrakila, Anda bisa menghubungi ke alamat Jl Tirtodipuran no. 30 Yogyakarta, telpon 0274-372429.

A13F1565CD481AA8AB2D3E0EA0589ED5

You Might Also Like

52 komentar

  1. unik dan antik.
    semoga saja bisa terus di pertahan keaslianya...

    BalasHapus
  2. Kok jadi pengin ke sana nih, Mbak...

    Tradisional tapi keren yaaa...

    BalasHapus
  3. jadi ingat dulu pernah nginap di hotel majapahit surabaya..
    gedungnya juga bangunan lama mbak...
    tapi agak serem heheh

    BalasHapus
  4. Iya,, harapannya juga gitu kang. Mudah2an keluarga besarnya komit buat menyelamatkan asset keluarga

    BalasHapus
  5. Wah gawat.... 5 tahun lamanya di djogdja kenapa saya hanya kenal pasar kembang thok ya ?

    Hehehe.... matur nuwun informasinya.

    BalasHapus
  6. Penginapannya keren :)
    bisa buat referensi nih......Makasih ya mbak

    BalasHapus
  7. kejadian penyobekan warna biru di bendera belanda menjadi merah putih saat peristiwa 10 november di surabaya ya di gedung yang sekarang jadi hotel majapahit itu... dulu namanya hotel Oranye atau Yamato... **eh maaf, sok tau dan asal nyamber..

    BalasHapus
  8. Lagi2 thx info nya. Btw HMB VII itu kakeknya tmn kantor ku mba hehe dia lg nulis buku tntg silsilah kel nya gt skrg. Jgn tnya usianya krn udh kepala 5 hehe

    BalasHapus
  9. ngulon mentok, tekan pretelon njuk menggok nengen tekan prapatan jokteng kulon, cedhak omahe si paijo elek...

    BalasHapus
  10. Serem Mba Ika ngebayangin ulah pusakanya. :P
    Dari poto-potonya keknya nyaman ya di sana. Pengen deh main ke Jogja. Hehehehe..

    BalasHapus
  11. waahhh sip sip mba ika...mantap ini info nyaaa, sama kek pak lambang, larass disana 3 tahun kok ndak tahu soal hotel ini yaahh haha oke sip sip sip sapa tahu ke jogja milih nginap disitu yah tp serem gak yah?? soale kok rada mistik yah mba ika

    BalasHapus
  12. Pak Sarib sama mas aan kompaaaaaakk. Kenapa ndak sekalian neng pakem??????

    BalasHapus
  13. Oh, hotel majapahit tuch hotel de Orange ya

    BalasHapus
  14. Oooh,, manager hotel itu punya buku silsilahnya. Dari jaman dulu sampai sekarang. Oya, temenmu keturunan Sultan yang keberapa?

    BalasHapus
  15. Ho o pow? Omah e paijo aan yo :D

    BalasHapus
  16. Pusakanya ndak berulah kok mas. Soalnya jarang diruwat. Oya, sssttt penginapan ini paling murah :)

    BalasHapus
  17. Sama sekali ndak serem. Adem banget tempatnya. Kalo menginap disana jangan lupa tanya2 sejarahnya ya. Di jamin infonya komplit plit :D

    BalasHapus
  18. Kalo nginep disini bener-bener fresh dech Ry ;)

    BalasHapus
  19. wah, menarik nieh mbak ika.. :D
    kalau saya mampir ke jogja, nanti saya main ke hotel Indrakila ah...

    BalasHapus
  20. Iya,, adem banget tempatnya+murah :D

    BalasHapus
  21. iya mas aan..bener banget...
    pernah kesana juga kah??? :roll:

    BalasHapus
  22. kasi tau gak eaaa??? :lol:

    BalasHapus
  23. kapaaan bisa ke jogja lagi yaa.....mupeng

    BalasHapus
  24. ajakin kesitu mbaaakkk!!!!! :-P

    BalasHapus
  25. keren...ditengah menjamurnya hotel-hotel yang memamerkan arsitektur modern dengan fasilitas serba wah, masih berdiri indah hotel yang mempertahankan keunikan budaya. salut!!!

    BalasHapus
  26. kesannya angker ya mbak..
    banyak mistis nya :(

    BalasHapus
  27. menarik juga ya...rumah tua jadinya nggak tersia2 ...masih ada yang merawat...

    BalasHapus
  28. Recomended pisan deh. Kapan2 ah klo ke Jogya nyempetin nginep (sengaja) ...

    BalasHapus
  29. bisa jadi pilihan nih kalau mau jalan2 ke jogja ^^

    BalasHapus
  30. Yuuuuk,, siniiiiiii. Katanya nta n the gank mau ke jogja

    BalasHapus
  31. Se7, saya salut atas kometmen keluarga itu

    BalasHapus
  32. Ndak kok,, malah adem banget kok :)

    BalasHapus
  33. Iya,, beberapa bagian bangunan hotel masih merupakan bangunan asli

    BalasHapus
  34. Boleh,, tempat nyaman dan dekat pusat kota :D

    BalasHapus
  35. iya denger2 gitu, desember tp ga tau pastinya

    BalasHapus
  36. Iya,,, katanya sich tgl 16 ini. Tapi pastinya ndak tau

    BalasHapus
  37. mungkin nunggu liburan sekolah mba

    BalasHapus
  38. hotelnya unik.. jadi mau ke jogja lagi

    BalasHapus
  39. Iya,, mumpung liburan akhir tahun :D

    BalasHapus
  40. Kalo saya kok merasa takut yaa kalo mo nginep disituuu :'( .... tapi kalo buat berwisata lihat lihat memang menarik :)

    BalasHapus
  41. Tempatnya rame kok, sebenernya kalo dateng kesana sich ndak terkesan angker. Mungkin karena stereotip kita aja yang menganggap rumah kuno angker :)

    BalasHapus
  42. Hehehehe, sekian tahun tidak tinggal di jogja aku belum tau ada losmen ini :)

    BalasHapus
  43. Hotelnya kayaknya belum lama kok mas. Dulu dipake rumah tinggal. Jadi kalo belum banyak yang tau ya wajar

    BalasHapus
  44. Baca2 komentarnya hampir sama dengan yg mau saya tulis heheh itu tuuhh yg kesannya angker, ada Lukisan2 orang gede2..terus senjata2 pusaka..bikin agak takut, soalnya saya mah orang nya penakut banget :)
    Nanti saya gugling, matur nuwun sanget mbak Ikaaa....*peluk-peluk*

    BalasHapus
  45. met pagi mbak ika k.-------saya membaca tulisan mbak ika tentang hotel indrakila di web : ikakoentjoro.com 06 des 2012-------saya sangat terkesan sekali mbak..... saya belum pernah mendengar sekalipun tentang hotel ini---------tapi daerah prawirotaman bukan daerah asing bagi kami mbak....soalnya lalo wisata ke yogyk ya nginep nya ya didaerah itu ( dasare wisatawan gol lemah.....)-----dalem nginepnya di : guest house mercury....di jl gerilya no:...? deket banget sama pasar prawirtmn-------naaahhh...sudikah mbak ika nulis tentang guest house ini , dalem nantikan lho mbak tulisannya------pareeeeng...salam sama seluruh warga yogy---selamat puasa dan sampai selamat lebaran 1434 H .

    BalasHapus