Asuransi Syariah Pilihan Tepat dan Menenteramkan

03.27.00


Allisya Care-Allianz doc. Google

Sebagai seorang muslim, tentunya kita akan memilihkan makanan yang halal dan toyyib untuk dikonsumsi keluarga. Sebagaimana makanan, ketika akan memilih instrument keuangan pun tentunya kita akan memilih yang sesuai syariah, termasuk dalam memilih asuransi.

Mengapa lebih baik memilih menggunakan asuransi syariah?

Dalam asuransi syariah, dana yang dikumpulkan dari nasabah diinvestasikan pada sektor-sektor yang sesuai syariah dan dikelola dengan system bagi hasil (mudharabah) antara nasabah sebagai pemilik dana dengan perusahaan asuransi sebagai pengelola dana. Sehingga harta yang dihasilkan nyata kehalalannya.

Prinsip akad takafuli (saling tolong menolong) dalam asuransi syariah menjadikan para peserta atau anggota diibaratkan sebagai sebuah keluarga besar dimana satu dan yang lain saling menjamin dan menanggung resiko.

Selain itu, keberadaan Dewan Pengawas Syariah merupakan sebuah keharusan dalam sebuah perusahaan asuransi syariah.  Dewan ini bertugas mengawasi manajemen, produk asuransi serta kebijakkan investasi yang dijalankan perusahaan agar senantiasa sesuai dengan syariat Islam. Dengan adanya Dewan Pengawas Syariah dalam perusahaan asuransi, secara otomatis kegiatan perusahaan senantiasa akan sejalan dengan prinsip-prinsip Islam.

Mari, saatnya hijrah dari asuransi konvensional menuju asuransi syariah yang  lebih menenteramkan.

You Might Also Like

0 komentar