Menjijikkan tapi Uenak

17.02.00

Kalian pernah melihat binatang yang satu ini kawan,

[caption id="attachment_1493" align="aligncenter" width="400"] Belut segar[/caption]

Ya, belut memang terlihat menjijikkan. Tapi siapa sangka, belut yang hidup di lumpur ini mengandung gizi yang cukup tinggi.

Sama seperti jenis ikan lainnya, daya cerna  protein  dalam  belut juga sangat tinggi. Cocok untuk dijadikan sumber protein bagi  semua kelompok  usia,  dari  bayi  hingga lansia.

Belut juga kaya akan zat besi,  jauh  lebih tinggi  dibandingkan  zat besi pada  telur dan daging. Selain itu belut  juga  kaya  akan fosfor, kandungan fosfornya dua kali lipat dibanding fosfor dalam telur.

Fosfor berfungsi sebagai  energi  dan kekuatan pada metabolisme lemak dan karbohidrat. Fosfor juga berfungsi sebagai penunjang kesehatan gigi dan gusi, serta membantu penyerapan kalsium  yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.

Ibu hamil membutuhkan fosfor lebih tinggi, terutama  untuk  pembentukan tulang  janin.  Jika asupan fosfor  kurang,  janin  akan mengambil dari ibunya. Hal inilah yang menjadi salah  satu  penyebab tulang rapuh pada wanita lebih tinggi daripada pria.

Tingginya  kadar  asam glutamat dalam belut, membuat rasanya enak dan gurih walaupun dalam proses pematangan  tidak ditambahkan  penyedap  rasa (MSG). Seperti gambar dibawah ini.

[caption id="attachment_1494" align="aligncenter" width="461"] Sambel belut pete[/caption]

Cukup goreng belut, kemudian buat sambal dengan komposisi bawang putih, garam, cabe dan sedikit kencur. Lebih enak jika bahan-bahan sambal di goreng terlebih dahulu kecuali kencur. Setelah sambal dihaluskan, campur dengan belut sambil dipenyet. Rasanya.....Hmmm Mak Nyus :D

Meskipun  memilik kandungan nilai gizi tinggi, lemak dalam belut juga cukup  tinggi lho. Kandungan lemak dalam belut mencapai  27  g per 100 g. Lebih tinggi dari lemak  dalam  telur  (11,5 g/100  g)  dan  daging  sapi (14,0 g/100 g). Kandungan lemak pada belut juga hampir  setara  dengan lemak pada daging babi (28 g/100 g).

Jadi harus tetap berhati-hati jika ingin mengkonsumsi belut dalam jumlah lebih, terutama bagi yang memiliki kadar kolesterol tinggi.

You Might Also Like

81 komentar

  1. hihi.. mosok sih menjijikkan?

    BalasHapus
  2. Lebih tepatnya gilo (bhs jawa) mas :D

    BalasHapus
  3. ho'o mba gilo ..., kalo mateng ya doyan seh tapi ga pake kepalanya :D

    BalasHapus
  4. whatever, sik penting enak...
    di pasar Godean banyak yang jualan belut goreng, orang bilang di situ sentra belut goreng tapi kenyataannya kulak dari daerah lain! hehe...

    BalasHapus
  5. waktu kecil dulu, paling suka menangkapnya di pinggir2 sawah :)

    BalasHapus
  6. Aku belum pernah nyoba, masih gilo lihat bentuknya.

    BalasHapus
  7. hemmmm... keliatan methisilnya uda :P

    BalasHapus
  8. oalah ini si ulfah ada dimana-mana ya?
    sudah seperti belut saja :mrgreen:

    BalasHapus
  9. hahaaa... lihay beud ya berarti? trimakasi.. :P
    sudah sembuh galawnya uda?

    BalasHapus
  10. hhahaha siapa yang galau?
    kalau geli iya.. karena ada si ulfah belut :mrgreen:

    BalasHapus
  11. yang galau yang membuat puisi 'pukul lima sore'. Maksudnya apa, eh yang buat juga galaw menjawabnya :P

    Wah, saya jinak2 merpati. wkwkwk
    ini kita mengacau di lapak mbak ika gak papa ya? sapa tau disuguhi camilan belut :mrgreen:

    BalasHapus
  12. lebih galau yang membuat postingan tapi pake password, takut di komen macam2 lagi :)

    jiaah jinak2 merpati toh.. :mrgreen:

    oh tidak apa, sekali-kali bikin rusuh di rumah orang, he

    BalasHapus
  13. hahaaaaa...
    iya niiih... capek buat konferensi persnya... jadi males saya. jadi males sama teman saya jugak. biarin didiemin. yang penting saya udah minta maaf. heheee

    Hihiiii, saya mah gadis baik-baik ya mbak ika. etapiiii kalo pas lagi saya koprol2 itu mesti lagi khilaf :mrgreen:

    BalasHapus
  14. Kalo masih kecil2 kepalanya enak,, masih empuk ndin.

    BalasHapus
  15. Oh gitu ya mas. Padahal seharusnya bisa jadi mata pencaharian baru buat warga sekitar. Budidaya belut khan bisa pake drum jadi walaupun lahan sempit tetep bisa budidaya belut.

    BalasHapus
  16. Paling enak tuch,, nangkap disawah trus dimakan ramen2

    BalasHapus
  17. Hi,,hi,, padahal rasanya enak sekali lho pak. Mungkin dimasak mangut bisa mengurangi gilonya pak

    BalasHapus
  18. Rangtalu, ulfah sini masuk. Ndak baik anak laki sama anak perempuan berdebat diluar rumah. Jiaaah, kayak emak2 momong anak perawan ma anak bujangnya. Ha,,,,ha,, :D

    BalasHapus
  19. Hadeh,,,, mulai dech erornya :D

    BalasHapus
  20. hahaaaa...
    haduuuh... wes ketauan sering konslet yah mbak? wkwkw

    BalasHapus
  21. enak.... tapi sayangnya istriku juga gilo. Hahaa..... jadi kalau pengin mesti beli,

    BalasHapus
  22. hoho..
    iyya mak.. kami segera masuk, ada goreng belut kan mak?
    :mrgreen:

    BalasHapus
  23. waktu kecil sering ngurek belut, tapi memakanya hanya pernah beberapa kali mencicipi saja...

    BalasHapus
  24. Asyik cari belut rame2 ya kang

    BalasHapus
  25. Anda kurang beruntung pak sarib :) Padahal setau saya pak sarib punya prinsip masakan istri no 1 khan?

    BalasHapus
  26. Kalo tetep gilo ya terpaksa kepalanya dibuang

    BalasHapus
  27. Terimakasih telah ngingetin kandungan kolesterolnya.
    Padahal gorengan belut ini adalah oleh-oleh khas dari Yogyakarta.
    Kalau pulang kampung istri, selalu dibawain itu dalam jumlah besar, buat dibagi-bagi ke tetangga dan teman-teman kantor.

    BalasHapus
  28. Iya pak,, sama2. Btw, istri orang jogja ya pak.

    BalasHapus
  29. Betul..... masakan istri nomer wahid. Tapi, khusus ini dia gak mau masaaaak.......

    Harus cari akal yah ? Anak diajari makan belut, biar suka. Kira kira berhasil tidak yah ?

    BalasHapus
  30. harus nya khas daerah solo dan sekitarnya neh, seingat larass loh soalnya dulu jaman sekul di jogja nemu pertama ini justru di delanggu yg pedalaman, dulu suka blusuk kesana dan tahunya di jogja ada tp seingat larass dari solo, entahlah hehe :)

    BalasHapus
  31. dan pertama kali makan belut goreng yah di delanggu ini hehehehehe enak lgsg makan dari pengorengannya walau awalnya gak suka dan emang jijik banget yah mba lihat pas hidupnya apalagi lihat darahnya pas disayat2 huaaaa trus gara2 teman dijejelin belut goreng eh jebul enak tapi gak suka sama kepalanya xixixixixi

    BalasHapus
  32. iya mbak, kayaknya karena suplai dari daerah situ gak mencukupi permintaan...

    BalasHapus
  33. iya mancing belut di pematang sawah... tinggal kenangan hehe

    BalasHapus
  34. Waahh samaaaa... abdi juga suka ngurek jaman SD mah :)

    BalasHapus
  35. Mbak Ika, postingan ini pernah ngga bisa dibuka ya? soalnya bbrp hari yg lalu, malem2 pernah ngomentarin..trs ngga bisa2...pas di klik malah ngga ada.

    BalasHapus
  36. neng Wiiiiii.......hayu atuh urang ngurek deuiiiii hehe......

    BalasHapus
  37. Hayuuukk..mari kita kemooon...:D

    BalasHapus
  38. Biasanya kalau salah satu orang tuanya suka, anak bisa kebawa jadi suka sih.

    BalasHapus
  39. hore.... semoga anakku suka, sehingga tak ada alasan lagi bagi ibunya tidak mau masak.

    BalasHapus
  40. O,, gitu ya. Padahal ndak pernah di protec tuch. Apa sistemnya yang eror ya

    BalasHapus
  41. Cari massa yang banyak pak. Anaknya semua dibiasain makan belut, Biar dimasakin sama ibu, pasti lebih yummyy :D

    BalasHapus
  42. Betul,, keripik belut kayaknya khas klaten. Dulu pernah satu kereta sama orang klaten yang mau nyetori kripik belut ke purwokerto

    BalasHapus
  43. Pas mau goreng juga jijik ras. Dibumbunya banyak darah walaupun dah dicuci bersih. Btw, bagi yang jijik mending beli mateng aja dech :)

    BalasHapus
  44. Sini masuk, sambel belut petenya dah siap nich. jadi kaya' main drama nich :D

    BalasHapus
  45. ini termasuk makanan yang paling sering ada di meja makan kalau drumah mbak...
    biasanya pake cabe hijau..digoreng...
    kata ibuku belut yang ukuran agak kecil rasanya lebih manis dan gurih :-)

    BalasHapus
  46. iya betul, jgn ampe lihat mentahnya pas lihat darah nya hehe bisa mual

    BalasHapus
  47. secara jarak nya emang dekat yah jogja, klaten, delanggu dan solo itu hehe

    BalasHapus
  48. Iya,, bahasa dan kebiasaannya juga hampir mirip. Trus, nama daerahnya antara jogja sama solo juga sama lho ras.

    BalasHapus
  49. kalau nama daerah kurang ngeh aku mba, contoh nya??

    BalasHapus
  50. Yang aku inget sich kauman, yang lain ada lagi tapi lupa. Kalo pas jalan2 sama saudara aku yang di Solo suka tanya2, ini namanya daerah apa. Eh pas dijawab kok sama, di jogja juga ada. :D

    BalasHapus
  51. betuuuuuul.... termasuk om, tante dan mbahnya, Hehehe

    BalasHapus
  52. Sudah tulis Pertamaaaaaaaxxx.. eh pas mau submit ora iso mbak Ika..trs mikirnya, apa dari HP..nah trs pindah lepi...eeh sami mawon.

    Ah biarin aja, sekarang khan Belutnya muncul :)
    Kalau nujuh bulanan, tradisi kolot jaman baretooo, ada acara Belut yg diturunin ngelewatin perut ya.. katanya biar melahirkannya lancar..:)

    BalasHapus
  53. Saya juga kadang heran, diposts ditulis rilis jam 3 tapi baru bisa muncul sekitar jam 8 pa jam 9. Makanya saya suka bikin jamnya jam 1,2 dan 3 dengan harapan bisa muncul jam 10an.

    Wah, kalo tradisi yang gituan ndak tau mbak wie. Kalo di jawa mah kalo ndak salah pake kelapa. Tapi saya belum pernah lihat. Kebetulan budaya itu sudah jarang, yang masih banyak sich slametan.

    BalasHapus
  54. kalo dah jadi kripik belut sudah tidak menjijikkan lagi, 1 kilo bisa ludes dalam sekejap.

    BalasHapus
  55. Betul sekali,, kadang malah minta tambah :D

    BalasHapus
  56. Oh gitu ya,, kalo di Jawa belut biasa disambelin atau dibikin mangut (dimasak pake santan). Kalo di Padang dimasak apa Izz?

    BalasHapus
  57. aih saya geli sama si belut. tapi gak masalah kalo udah jadi belut goreng tepung. :P

    BalasHapus
  58. Kalo ditepungi pasti lebih enak ya. Kapan2 coba ah :)

    BalasHapus
  59. Lebih nggilani lele kataku mah :D
    Aku makan belut nek di sushi thok... atau belut goreng... liyanya ora tau :D

    BalasHapus
  60. aseeekk,
    makan enak nih,,
    *lap iler

    BalasHapus
  61. Belut di sushi enak ya? Biasanya belut cuman saya goreng trus disambelin atau dimangut kaya' lele

    BalasHapus
  62. blom pernah makan belut mbak

    BalasHapus
  63. Halah...dilap pake ujung baju ajalah. Biasanya juga gitu :D

    BalasHapus
  64. wah, lama gak makan belut. semasa kecil dulu sering nyari di sawah sama teman-teman, kalau gak siang ya malam pake lampu petromak. sayang, kadang kalau kurang jeli bisa salah ambil dengan ular.hehehe...

    BalasHapus
  65. Saya belum pernah makan belut. Geli sih lihatnya..... soalnya dari kecil dulu besar di Papua, makanannya ya ikan saja, jadi tidak kenal belut. Saat besar pun, keluarga tidak biasa masak belut. Kecuali abang saya yang rajin mencicipi makanan di luar dan akhirnya kenal masakan belut, nah dia suka.... :)

    BalasHapus
  66. Mungkin kapan2 perlu dicoba :D

    BalasHapus
  67. Puoooolll enak e. Pokoknya mantap :D

    BalasHapus
  68. lebih suka belut yg kecil2 trs digoreng...
    apalagi yang kripik belut...uenak tenan
    hehehe

    BalasHapus
  69. Sama,, kalo makan belut yang kecil duri dan kepalanya masih lunak. Jadi bisa dimakan semua. Ga' nyisain buat kucing :D

    BalasHapus
  70. baju saya baru beli nih,,
    ;)

    BalasHapus