Bisnis Bunga Kamboja

17.58.00

Pernahkah kalian datang sendirian ke pemakanan pada malam hari, kawan?

Membayangkan saja sudah ngeri rasanya. Tapi bagaimana jika urusannya dengan perut?

[caption id="attachment_1542" align="aligncenter" width="401"]Bunga kamboja di pemakaman umum Pohon kamboja di pemakaman umum[/caption]

Ada hal aneh yang sedang menjadi tren tetangga saya akhir-akhir ini. Ya, mencari bunga kamboja di pemakaman pada malam hari. Selidik punya selidik, ternyata bunga kamboja yang sudah kering, kini dipasaran harganya mencapai sembilan puluh ribu rupiah perkilo.

Wow, lumayan juga ya :)

Bunga kamboja yang mempunyai nama ilmiah Plumeria acuminataini, akhir-akhir ini memang sedang "in" alias sedang naik daun. Siang malam banyak orang yang memburunya.

Tanaman yang berasal dari daratan Amerika Tengah dan Selatan ini ternyata tidak sekadar menyimpan keindahan dan keharuman. Bunganya yang telah dikeringkan banyak dipakai sebagai bahan baku wewangian sabun dan minyak wangi, kosmetik, industri kerajinan dupa, serta aroma terapi untuk spa. Selain untuk kecantikan, bunga kamboja juga diolah menjadi teh.

[caption id="attachment_1533" align="aligncenter" width="300"]Bunga kamboja setengah kering Bunga kamboja setengah kering[/caption]

Sebelum digunakan sebagai bahan sabun dan kosmetik, bunga kamboja di jemur selama tiga hingga lima hari sampai kering. Diperlu ekstra kesabaran saat penjemuran. Jika kurang hati-hati bunga kamboja akan membusuk.

[caption id="attachment_1534" align="aligncenter" width="234"]Bunga kamboja siap dijual Bunga kamboja kering siap dijual[/caption]

Hayo siapa yang berminat berbisnis bunga kamboja kering?


You Might Also Like

68 komentar

  1. Beberapa waktu lalu, aku juga membaca tentang bisnis ini Mbak...

    Tapi untuk nyari di kuburan ? Kayaknya enggak deh hahahaha...

    Ato kita budidaya aja ya, taneman ini ?

    BalasHapus
  2. Hi..hi, namanya juga cara instan. Se7, dibudidayakan yuk. Btw, besok kalo waktunya panen masih laku ndak ya kambojanya *garuk2 kepala*

    BalasHapus
  3. emang bunga kamboja yang tumbuhnya selain di kuburan ga ada po mba??? :D sebelum jantungan mending ga usah deh :-P

    BalasHapus
  4. Ha..ha... sementara yang instan yo iku ndin. Kuburan khan milik umum, jadi lebih bebas dan ndak perlu bayar. Cuman ya itu tadi, ga' ku ku sama "tantangannya" :D

    BalasHapus
  5. wah inspirasi baru nih. :D

    BalasHapus
  6. mending nyolong nggone tanggane hahahah :lol:

    BalasHapus
  7. Mengko usaha ne ra berkah jenk ;)

    BalasHapus
  8. haha postingannya lagi marak mbahas tentang bunga apa ya mba?
    :D

    BalasHapus
  9. Mbak Ikaaa... Ntar pas setelah mandi, keramas, pake parfumnya, orang yg deket-deket kita berasa di kuburan dooong hehehe
    *sodorin shampo kemboja biar ndak garuk2 kepala* :D

    BalasHapus
  10. Bunga kampus pa bunga kampung aja :)

    BalasHapus
  11. Ha...ha.. mbak wie nich ada-ada aja. Ntar yang ada shampoo lebelnya "aroma kuburan" donk :D

    BalasHapus
  12. Jd penasaran nih mbak Ika, knp harus bunga kemboja yg tumbuh dan identik dgn kuburan ya? Knapa ngga Mawar, Melati atau bunga yg lain ya? :)

    BalasHapus
  13. Yap betul Mba, kemarin juga ada trader yang minta info ke kantorku,, ada importir dari Jepang n China minta dalam jumlah yang suangat besar... hehehe..

    Mayan ya,, sepanjang jalan tol juga kadang ana lho kamboja. :D :D

    BalasHapus
  14. suka bunga kamboja, suka ngelihatnya aja.. cantik menurut saya :)

    BalasHapus
  15. teh bunga kamboja ada juga ya ...
    kayak apa ya rasanya

    BalasHapus
  16. Waaaaaaaaaaaah, saya malah baru tahu, ternyata yang gitu2 dijual belkan mbak. :)

    BalasHapus
  17. Export orientation mbak. Bunga kamboja walaupun sudah dikeringkan aromanya masih tetep tajem. Oya, kalau di negara asalnya, bunga kamboja tidak ditanam di kuburan mbak. Jadi tidak seserem seperti disini

    BalasHapus
  18. Bisnis musiman,, sekarang harganya memang lagi meroket.

    BalasHapus
  19. Iya cantik, asal ga' keinget kuburan aja :D

    BalasHapus
  20. Saya juga belum pernah coba mbak.

    BalasHapus
  21. Iya, peluang usaha baru :) Sekarang harganya lumayan tinggi

    BalasHapus
  22. kuburan jadi nggak mengerikan lagi dong mbak :)

    BalasHapus
  23. Kalo urusannya dengan perut jadinya ya gitu dech El

    BalasHapus
  24. Emang tu daerah mana mbak? Kayaknya jateng belum begitu marak deh. Apa krang info yak? :)

    BalasHapus
  25. Daerah Purworejo, kalo maraknya sich kurang tau juga ya. Cuman tetangga saya lumayan banyak yang mencoba peruntungan di usaha ini.

    BalasHapus
  26. Klo malam rame dong kuburan nya mba?

    Btw thx postingan nya mba, wlopun ngeri tp bs jd inspirasi nih hehe

    BalasHapus
  27. Kalo ramenya sich ndak terlalu. Kamu juga mau ke kuburan malem2 ye :P

    BalasHapus
  28. yang saya heran, kenapa nyarinya malem2 ya hehee...

    BalasHapus
  29. Wah, purdjo to mbak? Ketoke baru baru ya usaha ini? :)

    BalasHapus
  30. Wah... baru tau ada bisnis ginian :D

    BalasHapus
  31. waahh, perlu kenal pengepulnya neh, dirumah aku bunganya banyak dan gak digunakan sebagaimana mestinya *eh* hehehe. tapi kalau dijemur gak akan sebanyak itu deh >.<

    BalasHapus
  32. Bunga kamboja memangnya hanya tumbuh subur di kuburan ya?.

    BalasHapus
  33. Kalo tumbuh subur di kuburan sich iya, khan banyak pupuknya :) Tapi sebenernya bisa dibudidayakan kok. Di negara asalnya bunga kamboja bukan tumbuhan kuburan

    BalasHapus
  34. Hehehe... Disini gak tau deh mau jual dimana mbak... Lagian horor bener tempat ngambilnya... Hehe :p

    BalasHapus
  35. Iya,,baru marak disekitar saya :)

    BalasHapus
  36. Halah nie,, kalo cuman dikit mending dikasihin orang aja :P

    BalasHapus
  37. baru dengar ini... emang khasiat teh kamboja apa yah..

    BalasHapus
  38. bunga kamboja, sekilo,,, wah seberapa banyak ya....?

    BalasHapus
  39. Sekilo kalo kering bisa 2x lipatnya kamboja basah lho kang

    BalasHapus
  40. Maaf terus terang saya belum tau khasiat teh kamboja. Informasi yang saya dapat kemarin, bunga kamboja yang sudah kering di ekspor ke China salah satunya untuk dibuat teh :)

    BalasHapus
  41. Oalah mbak e ini purjo to mbak?
    Purjonya mana emang mbak?

    BalasHapus
  42. wah nggak nyangka ya, bunga yang khas aroma kuburan itu bisa mahal harganya. hee..

    BalasHapus
  43. Iya,, harganya lagi melambung. Kalo harga biasa sich 25rb

    BalasHapus
  44. teman2 yg ingin menjual bunga kamboja keringnya bisa hub,sy
    harga tinggi
    Yudwi - 08125439174

    BalasHapus
  45. Hallo,,haloo. Temen2 yang punya bunga kamboja, nich ada yang mau beli

    BalasHapus
  46. fantastis banget harganya Mba. Padahal ga pake modal ya. cuman ya itu kudu rajin.
    Kalo masalah takut mah mungkin prinsipnya yang udah meninggal ga boleh gangguin urusan perut yang masih idup ya. heheheh

    BalasHapus
  47. Betul mas,, ngomong2 dikomentar atas ada yang mau beli dengan harga bersaing lho.

    BalasHapus
  48. Dulu bunga kamboja memang tidak begitu berharga, tapi sekarang harganya bisa mencapai ratusan ribu. Klo g percaya, silahkan main2 ke blog saya:
    http://bisniskamboja.blogspot.com/

    BalasHapus
  49. oiya mbak ika, ini web sy ttg kamboja jg, silahkan maen2 y:
    http://kambojakering.wordpress.com
    makasih

    BalasHapus
  50. Ya, monggo siapa lagi yang minat bisnis bunga kamboja, cekidot kesini ya http://kambojakering.wordpress.com/

    BalasHapus
  51. agusnisa17@yahoo.com16 Februari 2013 01.13

    kok blm budi dya qt hrus pkr dlu jg tix kcwa ma hrga@

    BalasHapus
  52. Iya, kalo budidaya memang harus banyak yang mesti dipikirin.

    BalasHapus
  53. agusnisa17@yahoo.com16 Februari 2013 20.12

    stuju mua nya kan

    BalasHapus
  54. maaf yha pak ngmong -ngmong berapa yang bapak pasang untuk bunga kamboja ..... saya juga di malang pak ... .. ...bapak bisa contact saya di no; 081216722642

    BalasHapus
  55. Kontak langsung ke nomernya aja ya pak :)

    BalasHapus
  56. jadi teringat rumah teman ku yang depannya pohon kamboja .. tadinya aku pikir aneh krn kamboja identik dgn bunga kematian, ooooohhhh ternyata hehehhe

    BalasHapus
  57. Mbah saya di jakarta .ada tidak yg bisa ajarin saya utk kumpulin bunga kamboja .hp saya di flexi 021 32321961 tq. Biar nanti saya bs kirim barang nya ke mbah tq

    BalasHapus
  58. Ntar saya tanya tetangga dulu yak. saya cuman pengamat saja, bukan yang bergelut langsung dibisnis ini ;)

    BalasHapus
  59. mengilerkan mbak ayu

    BalasHapus