Chiken Soup for the Entrepreneur’s Soul

13.14.00




Penulis: Jack Canfield, Mark Victor Hansen, Dahlynn McKowen, John P. Gardner, Jr., Elizabeth Gardner,  Tom Hill, Kyle Wilson.

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama 2012

Tebah:323 Halaman

Perlu sebuah keberanian untuk membuat lompatan besar dalam kehidupan seseorang. Terutama jika itu kaitannya dengan karier. Banyak hal yang mesti dipertimbangkan.

Kadang sebuah keberanian justru muncul dari kepahitan masa lalu. Seperti yang diceritakan Cookie Lee dalam buku ini, ritme kerja yang sangat padat dan sering mengharuskannya pulang ke rumah lewat tengah malam tak memungkinkannya mengurus dan mengawasi anak-anak membuatnya berfikir ulang dengan karier yang dijalaninya.

Cookie Lee kecil selalu kesepian karena kedua orang tuanya harus bekerja keras agar memiliki kehidupan yang lebih baik. Ia bertekad untuk sukses dan menghasilkan uang supaya dapat membuat pilihan-pilihan sendiri dalam kehidupannya. Ia tak ingin anak-anaknya kelak mengalami nasib sama seperti dirinya. Ia lalu memberanikan diri keluar dari Mattel Toys dan berbisnis perhiasan ketika ia menduduki posisi direktur pemasaran perusahaan tersebut.

Sama seperti buku Chiken Soup sebelumnya, buku ini merupakan kumpulan cerita inspiratif yang diambil dari kisah nyata yang sangat mudah diaplikasikan. Buku Chiken Soup for the Entrepreneur’s Soullebih focus pada keberanian untuk mengejar impian dengan berbisnis sendiri. Juga motivasi dalam menghadapi tantangan yang akan dihadapi ketika memulai usaha dan cara-cara bagaimana untuk bangkit dari keterpurukan.

Didalam buku ini juga diceritakan bagaimana J.K. Rowling  mengalami berbagai hambatan ketika memulai menulis buku Harry Potter. Ide menulis Harry Potter yang tiba-tiba muncul itu menjadikannya begitu semangat untuk menulis. Begitu menulis, hidupnya menjadi kacau karena beberapa kejadian: kematian ibunya yang berusia 45 tahun karena multiple sclerosis, pernikahan dengan suami yang suka menyiksa, keguguran, lahirnya anak pertama, perceraian, dipecat dari pekerjaan, dan harus membesarkan anak dari santunan dari Pemerintah. Empat tahun setelah “ilham” pertama Harry Potter, J.K. Rowling memutuskan untuk melakukan apa yang sudah ditakdirkan untuknya, dan menulis buku yang menjadikannya milyader dan wanita terkaya di Inggris.

Orang-orang sukses menjadikan rintangan sebagai peluang untuk sukses. Tak ada kata putus asa. Jatuh bangun dalam bisnis adalah sebuah keniscayaan. Anda juga dapat belajar dari pengalaman Stefan Doering cara bangkit dari keterpurukan.

Salah satu toko pengecer yang trendi di Amerika, Earth General yang ia dirikan pernah mengalami kejayaan bahkan profilnya pernah dimuat di majalah Mademoiselle dalam artikel “Siapa yang Seksi di Bawah Usia 30”, bersama dengan Mitchael dell, Julia Roberts, Brad Pitt dan Michael Jordan. Walaupun memiliki ketrampilan bisnis yang hebat, ia juga pernah mengalami kebangkrutan yang mengakibatkannya hampir kehilangan nyawa karena putus asa. Roda kehidupan tak selalu diatas, kadang ia berputar turun. Begitupun dalam berbisnis.

Buku ini tidak hanya bermanfaat bagi anda yang akan memulai usaha. Anda yang sudah memiliki usahapun sangat direkomendasikan membacanya, karena kita tidak pernah tahu apa yang terjadi dalam bisnis kita kelak. Hal terpenting yang harus kita lakukan ialah bagaimana mempersiapkan mental juara dalam diri kita.


You Might Also Like

0 komentar